Kota Pariaman Raih Peringkat Kelima Kota Berkelanjutan di Indonesia

Kota Pariaman Raih Peringkat Kelima Kota Berkelanjutan di Indonesia

Tabuik Pariaman. [Ist]

Kota Pariaman meraih gelar Kota Paling Berkelanjutan di Indonesia dalam Anugerah UI Green City Metric Rankings 2023, menunjukkan dedikasi dan upaya berkelanjutan dalam ekonomi, ekologi, dan sosial.

Cekricek.id, Pariaman - Kota Pariaman, Sumatera Barat telah menunjukkan dedikasinya dalam bidang keberlanjutan dengan meraih gelar Kota Paling Berkelanjutan di Indonesia. Penghargaan ini diberikan dalam acara Anugerah UI Green City Metric Rankings 2023 yang diumumkan di Universitas Indonesia, Kampus UI Depok, Jawa Barat pada Selasa (1/8/2023).

Anugerah ini menjadi capaian terbaru bagi Kota Pariaman yang dipimpin oleh Wali Kota Genius Umar, setelah sebelumnya berhasil memperoleh berbagai penghargaan baik di tingkat provinsi maupun nasional.

UI Green City Metric merupakan sebuah inisiatif oleh UI Green Metric untuk melakukan pemeringkatan terhadap Kabupaten/Kota di Indonesia dalam konteks keberlanjutan. Acara ini dibuka oleh Kepala UI Green Metric, Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari MM. MSc, dan dihadiri oleh beberapa pejabat penting dari berbagai Kementerian di Indonesia.

Mewakili Wali Kota Pariaman, Asisten I Yaminurizal mengucapkan rasa syukurnya atas penghargaan ini. Menurutnya, hasil penilaian dari UI menunjukkan bahwa upaya Kota Pariaman dalam berkelanjutan berhasil meraih hasil yang signifikan. “Kami berhasil menempati peringkat kelima di Indonesia, naik satu peringkat dari peringkat keenam tahun lalu,” ungkapnya.

UI Green Metric memainkan peran penting dalam meningkatkan kesadaran tentang keberlanjutan, dengan menilai dan membandingkan upaya berkelanjutan yang dilakukan oleh setiap daerah. Atas penghargaan ini, Yaminurizal mengucapkan terima kasih atas nama Pemerintah Daerah.

Genius Umar, Wali Kota Pariaman, yang tidak dapat menghadiri acara tersebut karena berada di pertemuan MGMAC dan AMF 2023 di Jakarta, menjelaskan bahwa Program Green City Kota Pariaman mengintegrasikan tiga aspek penting: ekonomi, ekologi, dan sosial. “Kami mencetuskan berbagai program seperti ekowisata, waterfront city, dan tata ruang berbasis lingkungan dan daya dukung lahan," ungkap Genius Umar dalam keterangan tertulis.

Temukan berita Pariaman terbaru hari ini dan terkini seputar peristiwa, politik, hukum, kriminal, budaya, sejarah, hiburan, dan gaya hidup hanya di Cekricek.id.

Baca Juga

ID42NER Serahkan Bantuan Korban Galodo Ranah Minang dalam Jelajah Sumatera 2024
ID42NER Serahkan Bantuan Korban Galodo Ranah Minang dalam Jelajah Sumatera 2024
Kadin Sumbar Ingatkan Pemprov Agar Komprehensif Menyusun RPJP dan RTRW
Kadin Sumbar Ingatkan Pemprov Agar Komprehensif Menyusun RPJP dan RTRW
Cekricek.id - HK Targetkan Jalan Tol Riau - Sumbar Selesai Tahun 2024
HK Targetkan Jalan Tol Riau - Sumbar Selesai Tahun 2024
Cekricek.id - Seorang Warga Tanah Datar Disambar Petir, Kini Dirawat Intensif di RSUD Batusangkar
Seorang Warga Tanah Datar Disambar Petir, Kini Dirawat Intensif di RSUD Batusangkar
Cekricek.id - Menggali Logika Pemilih Sumbar dalam Pilpres - Iqbal Sholihin
Menggali Logika Pemilih Sumbar dalam Pilpres
Cekricek.id - Kerusakan Jalan Payakumbuh-Lintau: Gubernur Sumbar Tangguhkan Perbaikan Hingga Solusi Tambang Ditemukan
Kerusakan Jalan Payakumbuh-Lintau: Gubernur Sumbar Tangguhkan Perbaikan Hingga Solusi Tambang Ditemukan