Buku Sejarah Indonesia, Kelas X SMA/MA/SMK/MAK diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan republik Indonesia. Ini adalah Cetakan kedua tahun 2014.
Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.
Kontributor naskah pada buku ini adalah: Amurwani Dwi L., Restu Gunawan, Sardiman AM, Mestika Zed, Wahdini Purba, Wasino, dan Agus Mulyana. Dengan penelaah Purnawan Basundoro, dan Dadang Supardan.
Buku ini pertama kali dicetak pada 2013 kemudian Cetakan kedua pada tahun 2014.
Kata Pengantar
Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi peserta didik dari sisi pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Keutuhan tersebut menjadi dasar dalam perumusan kompetensi dasar tiap mata pelajaran, sehingga kompetensi dasar tiap mata pelajaran mencakup kompetensi dasar kelompok sikap, kompetensi dasar kelompok pengetahuan, dan kompetensi dasar kelompok keterampilan. Semua mata pelajaran dirancang mengikuti rumusan tersebut.
Pembelajaran Sejarah Indonesia untuk Kelas X jenjang Pendidikan Menengah yang disajikan dalam buku ini juga tunduk pada ketentuan tersebut. Sejarah Indonesia bukan berisi materi pembelajaran yang dirancang hanya untuk mengasah kompetensi pengetahuan peserta didik.
Sejarah Indonesia adalah mata pelajaran yang membekali peserta didik dengan pengetahuan tentang dimensi ruang-waktu perjalanan sejarah Indonesia, keterampilan dalam menyajikan pengetahuan yang dikuasainya secara konkret dan abstrak, serta sikap menghargai jasa para pahlawan yang telah meletakkan pondasi bangunan negara Indonesia beserta segala bentuk warisan sejarah, baik benda maupun takbenda. Sehingga terbentuk pola pikir peserta didik yang sadar sejarah.
Sebagai pelajaran wajib yang harus diambil oleh semua peserta didik yang belum tentu berminat dalam bidang sejarah, buku ini disusun menggunakan pendekatan regresif yang lebih populer.
Melalui pengamatan terhadap kondisi sosial-budaya dan sejumlah warisan sejarah yang bisa dijumpai saat ini, peserta didik diajak mengarungi garis waktu mundur ke masa lampau saat terjadinya peristiwa yang melandasi terbentuknya peradaban yang melatar- belakangi kondisi sosial-budaya dan warisan sejarah tersebut. Pembahasan dilanjutkan dengan peristiwa-peristiwa berikutnya yang menyebabkan berkembang atau menyusutnya peradaban tersebut sehingga menjadi yang tersisa saat ini.
Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, peserta didik diajak menjadi berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting.
Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.
Implementasi terbatas pada tahun ajaran 2013/2014 telah mendapat tanggapan yang sangat positif dan masukan yang sangat berharga. Pengalaman tersebut dipergunakan semaksimal mungkin dalam menyiapkan buku untuk implementasi menyeluruh pada tahun ajaran 2014/2015 dan seterusnya.
Buku ini merupakan edisi kedua sebagai penyempurnaan dari edisi pertama. Buku ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan untuk penyempurnaan. Oleh karena itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).
Jakarta, Januari 2014
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh
Daftar Isi
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I
Menelusuri Peradaban Awal di Kepulauan Indonesia
A. Sebelum Mengenal Tulisan
B. Terbentuknya Kepulauan Indonesia
C. Mengenal Manusia Purba
- Sangiran
- Trinil, Ngawi, Jawa Timur
- Perdebatan Antara Pithecantropus
- ke Homo Erectus
D. Asal Usul Persebaran Nenek Moyang Bangsa Indonesia
- Proto Melayu
- Deutero Melayu
- Melanesoid
- Negrito dan Weddid
E. Corak Hidup Masyarakat Pra-aksara
- Pola Hunian
- Dari Berburu, Meramu sampai Bercocok Tanam
- Sistem Kepercayaan
- Antara Batu dan Tulang
- Antara Pantai dan Gua
- Mengenal Api
- Sebuah Revolusi
- Konsep Ruang Pada Hunian (Arsitektur)
G. Kesimpulan
Bab II
Pedagang, Penguasa dan Pujangga pada Masa Klasik (Hindu dan Buddha)
A. Pengaruh Budaya India
B. Kerajaan-Kerajaan pada Masa Hindu-Buddha
- Kerajaan Kutai
- Kerajaan Tarumanegara
- Kerajaan Kalingga
- Kerajaan Sriwijaya
- Kerajaan Mataram Kuno
- Kerajaan Kediri
- Kerajaan Singhasari
- Kerajaan Majapahit
- Kerajaan Buleleng Kerajaan Dinasti Warmadewa di Bali
- Kerajaan Tulang Bawang
- Kerajaan Kota Kapur
C. Kesimpulan
Latihan Ulangan Semester 1
Glosarium
Daftar Pustaka