Harta Karun Migas Baru Ditemukan di Kampar, Riau: Potensi 87,09 BCF Gas Bumi

Berita Riau Hari Ini: Harta Karun Migas Baru Ditemukan di Kampar, Riau: Potensi 87,09 BCF Gas Bumi

Ilustrasi. [Foto: Canva]

Cekricek.id - Dua kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) berhasil menemukan cadangan minyak dan gas (migas) raksasa di perairan Aceh dan Riau. Hal ini disampaikan oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) pada Senin (19/2/2024) dalam keterangan tertulis.

Temuan migas pertama berada di wilayah Laut Kalimantan dan Layaran oleh KKKS Mubadala Energy. Sumur eksplorasi bernama Layaran-1 ini memiliki potensi mencapai 6 triliun kaki kubik (TCF) gas-in-place. Jumlah ini melebihi temuan sebelumnya di sumur Geng North-1 yang masuk tiga besar dunia.

Sementara itu, temuan kedua ada di wilayah kerja (WK) South CPP, Kabupaten Kampar, Riau oleh KKKS EMP Tunas Energy. Mereka menemukan sumur bernama BLN-01 dengan kedalaman 1.950 feet atau sekitar 700 meter.

Berdasarkan data Kementerian ESDM, di wilayah tersebut diperkirakan memiliki 49,10 juta barel setara minyak (MBOE) dan 87,09 miliar kaki kubik (BCF) gas.

Kepala SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus menyebutkan bahwa kedua penemuan ini menjadi yang terbesar sejak Lapangan Abadi Masela pada tahun 2000 silam. Ia berharap hal ini dapat meningkatkan produksi migas nasional.

Hingga saat ini, aktivitas pengeboran di wilayah Sumatera Bagian Utara telah mencapai 545 sumur. Dari angka tersebut, 12 di antaranya merupakan sumur eksplorasi dan 533 sumur pengembangan.

"Pencapaian penting lainnya adalah pengeboran sumur minyak non-konvensional pertama di WK Rokan. Kami berharap kegiatan serupa dapat terus berlanjut di tahun 2024 ini," ujarnya.

Dengan potensi yang ada, produksi migas di area Sumatera Bagian Utara dinilai cukup besar, yakni memberikan kontribusi 33% terhadap total produksi nasional atau rata-rata 190.000 barel per hari.

Lifting minyak di wilayah tersebut bahkan melampaui target sebesar 100,23 persen. Optimalisasi pengurasan di tiga titik terminal menjadi kunci keberhasilan tersebut.

Baca juga: Ini Gambaran Umum Sumber Daya Alam Riau

Saat ini, SKK Migas Perwakilan Sumatera Bagian Utara memiliki pengawasan operasional terhadap 38 KKKS yang tersebar di 34 kabupaten/kota pada 5 provinsi, yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau.

Baca Berita Riau Hari Ini setiap hari di Channel Cekricek.id.

Baca Juga

Berita Riau Hari Ini: Perbaikan Jalan Kualu di Kampar Ditarget Rampung Jelang Lebaran
Perbaikan Jalan Kualu di Kampar Ditarget Rampung Jelang Lebaran
Berita Riau Hari Ini: Pemkab Inhil Gelar Pasar Murah di 42 Titik untuk Meringankan Beban Masyarakat di Bulan Ramadan
Pemkab Inhil Gelar Pasar Murah di 42 Titik untuk Meringankan Beban Masyarakat di Bulan Ramadan
Berita Riau Hari Ini: Pemprov Riau Adakan Pasar Tani untuk Tekan Harga Cabai Tinggi
Pemprov Riau Adakan Pasar Tani untuk Tekan Harga Cabai Tinggi
BI Riau Jamin Ketersediaan Uang Tunai Rp 5,7 Triliun untuk Ramadan dan Idulfitri
BI Riau Jamin Ketersediaan Uang Tunai Rp 5,7 Triliun untuk Ramadan dan Idulfitri
Berita Riau Hari Ini: Pembelian LPG 3 Kg Bersubsidi Kini Hanya untuk Pengguna Terdaftar
Pembelian LPG 3 Kg Bersubsidi Kini Hanya untuk Pengguna Terdaftar
Berita Riau Hari Ini: Neraca Perdagangan Riau Catat Surplus US$1,09 Miliar pada Februari 2024
Neraca Perdagangan Riau Catat Surplus US$1,09 Miliar pada Februari 2024