Ingin Kurus? Ini Cara Turunkan Berat Badan dengan Mengatur Pola Tidur

Ini caranya jika anda ingin kurus atau menurunkan berat badan, mengatur jam tidur malam menjadi solusi. Jika tertarik, anda bisa mencobanya.

Ilustrasi. [Canva]

Ini caranya jika anda ingin kurus atau menurunkan berat badan, mengatur jam tidur malam bisa menjadi salah satu solusi. Jika tertarik, anda bisa mencobanya.

Dalam menurunkan berat badan, tidak melulu soal diet atau pola makan yang harus dijaga dan dibatasi. Faktanya, untuk mendapatkan tubuh yang ideal, kamu perlu menyeimbangkan antara pola makan dengan gaya hidup sehat.

Selain itu, ada kebiasaan sebelum tidur yang dapat membantu kamu dalam menurunkan berat badan. Perlu diketahui juga bahwa malam hari merupakan waktu bagi tubuh untuk membakar antara 300 hingga 400 kalori.

Dilansir dari berbagai sumber berikut ini kebiasaan sederhana yang dapat kamu lakukan sebelum tidur untuk membantu dalam penurunan berat badan.

Tidur yang Cukup

Untuk membantu kamu dalam menurunkan berat badan, pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Kurang tidur dapat membuat kamu merasa lapar, meningkatkan kortisol, dan mudah lelah. Selain itu, tidur yang tidak cukup juga mempengaruhi metabolisme tubuh yang membuatnya lebih lambat. Jadi, usahakan untuk tidur setidaknya 8 jam semalam.

Tidur dalam Ruangan Gelap

Banyak orang takut tidur di ruangan yang gelap atau dalam kondisi lampu kamar dimatiin, sehingga mereka lebih memilih untuk tidur dengan lampu menyala. Namun, perlu kalian tahu bahwa tidur dalam ruangan yang gelap dapat membantu menurunkan berat badan.

Dari hasil penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya, diketahui bahwa kelompok wanita yang terbiasa tidur dalam ruangan gelap di malam hari memiliki lingkar pingga dan panggul yang kecil, dibandingkan dengan wanita yang tidur dalam ruangan terang.

Tidur dalam ruangan terang membuat hormon melatonim yang diproduksi dalam jumlah minim. Hormon melatonim ini sangat penting dalam membakar lemak. Saat kamu tidur dalam ruangan gelap hormon melatonim yang dihasilkan menjadi banyak dan membuat metabolisme tubuh bekerja dengan baik saat terlelap.

Tidur dengan Suhu Dingin

Tidur dengan suhu dingin bisa membakar banyak energi untuk mempertahankan panas. Banyak dari para ahli menganjurkan untuk mengatur suhu kamar menjadi sekitar 18 derajat Celcius di malam harinya. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan metabolisme sehingga dapat membakar lemak berlebih di malam hari.

Baca juga: 6 Makanan ini Mengandung Karbohidrat, Namun Cocok untuk Makanan Diet

Tidak hanya itu, tidur tanpa busana juga dapat membantu mempercepat penurunan berat badan. Pasalnya, suhu udara memaksa tubuh dalam membakar lebih banyak kalori.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Tag:

Baca Juga

Thariq Halilintar memposting foto dirinya yang memegang kotak kecil layaknya kotak cincin, lantas publik dihebohkan dengan pertanyaan apakah Fuji sudah dilamar Thariq.
Thariq Halilintar Kasih Cincin ke Fuji, Sudah Lamaran?
Anna Jobling dan Meerqeen akhirnya menemui para fans Indonesia di Jakarta. Baru sampai di bandara mereka sudah disambut penggemar.
Anna Jobling dan Meerqeen Tiba Di Jakarta, Fans Beri Sambutan Antusias
Bilqis, anak perempuan Ayu Ting Ting sampai saat ini tampaknya masih tidak rela jika ibunya menikah lagi kecuali dengan Suga atau Jin BTS.
Bilqis Izinkan Ayu Ting Ting Menikah, Asalkan dengan Suga atau Jin BTS
Menjadi terkenal membuat Kurma Citayam banjir rezeki dan mengubah hidupnya, namun siapa sangka tersimpan kisah sedih dibalik kehidupannya.
Kurma Citayam Banjir Air Mata Saat Ceritakan Kisah Pilu Keluarga
Sarwendah tampil begitu keren dan kece dengan gunakan aoutfit ala cewek mamba dan paduan monocrom. Serta jelaskan arti kehidupan.
Cerita Sarwendah Soal Gangguan Mistis dan Penyakit yang Dideritanya
Deddy Corbuzier jadi takut bertengkar dengan istrinya usai Haruka menagih sebuah janji untuk diajak menikah dulu.
Deddy Corbuzier Bagi Tips Sukses, Harus Ada Dedikasi