Ini 10 Fosil Dinosaurus yang Ditemukan Tahun 2023

Ilustrasi. [Foto: Dibuat oleh Kreator Cekricek.id dengan AI]

6. 'Missing link' animasi

Cekricek.id - Ini 10 Fosil Dinosaurus yang Ditemukan Tahun 2023

Sebuah spesies dinosaurus bertubuh mirip bebek yang belum pernah dilihat sebelumnya ditemukan di Chile dan dihidupkan dalam animasi yang menunjukkan dinosaurus tersebut berjalan, minum, dan bersosialisasi.

Spesies hadrosaur yang baru diidentifikasi bernama Gonkoken nanoi dan berasal dari sekitar 72 juta tahun yang lalu.

Dengan menganalisis gigi, vertebra, tulang tengkorak, fragmen rahang, tulang anggota, dan tulang rusuknya, para peneliti merekonstruksi penampilan dan perilaku dinosaurus tersebut. Tim peneliti meyakini bahwa G. nanoi mewakili "missing link" antara spesies hadrosaur yang lebih tua dan lebih muda.

7. Lapisan pelindung seperti pisau

Cekricek.id - Ini 10 Fosil Dinosaurus yang Ditemukan Tahun 2023

Spesies ankylosaur baru yang belum pernah ditemukan sebelumnya di Isle of Wight, Inggris diyakini ditutupi dengan duri yang seperti pisau. Spesies baru yang disebut Vectipelta barretti berasal dari 140 juta tahun yang lalu.

Ia memiliki osteoderm, atau pelat tulang, yang berbentuk seperti sabit yang menonjol dari lapisan perlindungannya yang lain. Para peneliti merekonstruksi seluruh kerangka dinosaurus ini dengan menggunakan program komputer untuk menyusun fosil yang ditemukan.

Dua spesies ankylosaur lainnya juga telah ditemukan di area yang sama dengan fosil baru ini, tetapi V. barretti tidak terlihat terkait erat dengan kedua spesies itu.

Sebaliknya, spesies baru ini lebih terkait erat dengan ankylosaur yang ditemukan di Cina. Hal ini mengindikasikan bahwa dinosaurus berlapis baju ini mungkin melakukan migrasi yang sebelumnya tidak diketahui dari Asia ke Eropa.

8. Raptor yang berhubungan dengan dewa

Cekricek.id - Ini 10 Fosil Dinosaurus yang Ditemukan Tahun 2023

Spesies baru dinosaurus mirip rakun yang pemakan tumbuhan ditemukan di Utah dan dinamai sesuai nama dewa Romawi yang memiliki dua wajah. Spesies yang baru dijelaskan ini, bernama Iani smithi, berasal dari sekitar 99 juta tahun yang lalu, selama periode perubahan iklim ekstrem yang membunuh beberapa garis keturunan dinosaurus.

Dinosaurus ini kemungkinan menjadi "missing link" antara dinosaurus awal yang mirip burung dan sekelompok dinosaurus berparuh bebek. Nama Iani mengacu pada Janus, dewa Romawi yang melambangkan perubahan dan sering digambarkan dengan dua wajah.

"Dinosaurus ini berdiri di ambang - mampu melihat kembali ke masa lalu ekosistem Amerika Utara, tetapi cukup dekat untuk melihat masa depan yang datang seperti kereta peluru," kata para peneliti.

9. Sinar-X bulu dinosaurus

Cekricek.id - Ini 10 Fosil Dinosaurus yang Ditemukan Tahun 2023

Peneliti tahun ini menganalisis ulang bulu fosil dari beberapa dinosaurus non-avian menggunakan pemindaian sinar-X. Ternyata, bulu dinosaurus lebih mirip dengan bulu burung modern daripada yang kita perkirakan.

Fosil-fosil tersebut, termasuk bulu dari Sinornithosaurus dan Confuciusornis, mengandung jejak protein beta keratin yang diperlukan untuk memperkuat bulu untuk terbang. Ketika para peneliti membandingkan protein ini dengan protein yang sama dari burung zebra, mereka menemukan bahwa protein tersebut sangat mirip.

Para peneliti sebelumnya mengharapkan bahwa bulu dinosaurus terbuat dari versi protein yang lebih primitif, tetapi hasil penelitian ini menunjukkan bahwa protein yang sama telah ada dalam bulu selama berabad-abad. "Kimia bulu modern sebenarnya jauh lebih kuno daripada yang kita perkirakan sebelumnya," kata para peneliti.