Jarang yang Tahu, Ini Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Kulit

Cekricek.id - Sudah banyak yang tahu bahwa apel memiliki segudang manfaat kesehatan bagi tubuh. Tetapi, pernah kamu memanfaatkan buah apel sebagai salah satu bahan perawatan kulit? Faktanya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambahkan apel ke dalam rutinitas perawatan kulit yang dapat mendukung kesehatan kulit.

Buah apel. [Foto: Canva]

Cekricek.id - Sudah banyak yang tahu bahwa apel memiliki segudang manfaat kesehatan bagi tubuh. Tetapi, pernah kamu memanfaatkan buah apel sebagai salah satu bahan perawatan kulit? Faktanya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambahkan apel ke dalam rutinitas perawatan kulit yang dapat mendukung kesehatan kulit.

Sebelum itu, kita mesti tahu dulu apa kandungan nutrisi yang ada pada buah apel. Di antaranya, apel penuh dengan vitamin, mineral, dan nutrisi. Buah apel juga mengandung fitokimia dalam kadar tinggi seperti karotenoid, fenolat, dan flavonoid yang terkait dengan manfaat kesehatan lainnya, yaitu mengurangi kemungkinan asma, kanker, dan banyak lagi.

Sebuah studi pada tahun 2019 secara khusus melaporkan bahwa flavonoid memiliki elemen pelindung pada kulit dengan menangkal kerusakan akibat polusi udara.

"Flavonoid memiliki aktivitas antioksidan, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh paparan ultraviolet (UV), polusi, dan faktor lingkungan lainnya," jelas dokter kulit Najia Shaikh kepada Healthline yang dilansir dari Health Digest.

Masing-masing faktor lingkungan yang dimaksud ini dapat mempercepat penuaan, tetapi apel atau ekstrak buah apel dapat melawan dengan mengurangi efeknya.

Apel juga memiliki kandungan air yang tinggi. Faktanya, apel mengandung sekitar 85% air. Dengan demikian, buah seukuran bola kasti ini juga sangat menghidrasi kulit, dan juga mengandung vitamin E dalam jumlah tinggi.

Apa Lagi Manfaat Buah Apel untuk Kulit Kita?

Lampiran Gambar
Jarang yang Tahu, Ini Manfaat Tak Terduga Buah Apel untuk Kesehatan Kulit

Dalam hal perawatan kulit, cuka sari apel juga mempunyai manfaat untuk kesehatan kulit. Karena cuka sari apel adalah obat alami yang populer untuk banyak keluhan kesehatan. Menurut Healthline, cuka sari apel yang terbuat dari buah apel, dipenuhi dengan kandungan asam asetat dan asam sitrat. Dan masing-masing asam ini memiliki sifat kuat yang ampuh membantu kulit supaya tampak bersinar dan terpancar.

Para peneliti dari sebuah studi pada tahun 2021 menemukan bahwa asam asetat dapat melawan infeksi jamur dan bakteri karena memiliki sifat antioksidan dan antimikroba. Sementara asam sitrat membantu mengelupaskan kulit kusam dan mati, menurut penelitian dari sebuah studi tahun 2018.

Secara bersama-sama kedua asam ini bisa menghapuskan noda, membunuh bakteri penyebab jerawat, dan pengelupasan kulit, sehingga membuat kulit menjadi halus dan bercahaya. Selain cuka sari apel, apel tumbuk yang dicampur dengan krim susu juga menawarkan bantuan untuk mengatasi jerawat.

Baca juga: Biji Apel Ternyata Berbahaya Jika Termakan dalam Jumlah Banyak, Ini Penyebabnya

Perlu diingat, cuka sari apel juga bersifat sangat keras dan dapat mengeringkan kulit, jadi penting untuk mengencerkannya atau melarutkan dengan air terlebih dahulu. Alangkah lebih baik jika kita menggunakan produk yang telah diuji daripada membuatnya sendiri supaya menghindari kerusakan pada kulit.

Tetapi jika kamu benar-benar ingin mengujinya, kamu bisa menggunakan irisan apel lalu ditempelkan ke wajah untuk membantu meningkatkan hidrasi.

Dapatkan update terkini dari Cekricek.id melalui Google News.

Baca Juga

Cekricek.id - Manfaat Daun Pepaya
Ini Segudang Manfaat Daun Pepaya, Wajib Dicoba
Cekricek.id - Tidur adalah kegiatan rutin yang harus dilakukan orang setiap harinya. Normalnya, jam tidur yang baik adalah ketika malam hari sebelum jam sebelas sampai pagi hari hingga total waktu delapan jam. Namun, pernahkan kamu tahu kenapa makhluk hidup terutama manusia harus tidur?
Dampak Negatif Kurang Tidur, Bisa Sebabkan Kanker Hingga Gangguan Mental
Cekricek.id - Siapa yang mengira jika telur ceplok bisa menjadi resep masakan yang terlihat lebih berkelas hanya denga tambahan sejumlah bumbu dapur. Jika biasanya sajian nasi dan telur dianggap menu paling sederhana, maka kali ini akan berbeda.
Resep Nasi Telur Ceplok Inovatif, Masakan Sederhana Tapi Nggak Murahan
Ternyata ini penyebab darah menstruasi wanita keluar sedikit, makanan ini dapat mengatasinya dan membuat darah menstruasi keluar normal.
Darah Menstruasi Keluar Sedikit? Coba Konsumsi Makanan Ini!
Cekricek.id - Resep masakan murah meriah tentunya menjadi sasaran banyak orang, terutama anak kos. Hal itu tak lain untuk menghemat uang jajan agar biaya hidup di rantau orang bisa tercukupi.
Anak Kos Wajib Tahu, Ini Resep Masakan Murah Meriah Cuma Rp15 Ribuan
Cekricek.id - Banyak orang yang menjadikan belanja sebagai hobi. Mereka percaya bahwa belanja adalah salah satu kegiatan penghilang rasa stres. Namun, jika sudah menjadi kecanduan, akan menjadi suatu tanda adanya gangguan kesehatan mental.
Awas, Kecanduan Belanja Bisa Jadi Tanda Gangguan Kesehatan Mental