Pattimura (Thomas Matulessy)

Pattimura (Thomas Matulessy) adalah Pemimpin perlawanan masyarakat Maluku terhadap Belanda 1817. Pahlawan Nasional Indonesia asal Maluku.

Pattimura (Thomas Matulessy). [Instagram]

Siapa Pattimura (Thomas Matulessy)?

Pattimura (Thomas Matulessy) adalah Pemimpin perlawanan masyarakat Maluku terhadap Belanda 1817. Pahlawan Nasional Indonesia asal Maluku.

Ayah Pattimura bernama Frans Matulessy dan ibunya bernama Fransina Tilahoi, Pattimura lahir pada 8 Juni 1783, di wilayah bernama Haria di daerah Saparua, Maluku Tengah menurut versi pemerintah Indonesia.

Dalam perjuangan menentang Belanda ia juga menggalang persatuan dengan kerajaan Ternate dan Tidore, raja-raja di Bali, Sulawesi dan Jawa.

Pattimura adalah seorang pemimpin perlawanan terhadap penjajahan Belanda di Maluku pada abad ke-19.

Dia memimpin pemberontakan yang dikenal sebagai Pemberontakan Pattimura pada tahun 1817, yang menyebabkan kerusuhan besar di Maluku.

Pemberontakan ini akhirnya ditumpas oleh Belanda, dan Pattimura ditangkap dan dieksekusi pada tanggal 16 Desember 1817.

Dia dianggap sebagai pahlawan nasional karena perjuangannya dalam mempertahankan kemerdekaan dan martir karena kematiannya dalam perjuangan tersebut.

Setelah kematiannya, Pattimura diakui sebagai pahlawan nasional dan diabadikan dalam berbagai bentuk, seperti patung, monumen, serta diperingati dalam berbagai acara keagamaan dan nasional. Ada juga sekolah, jalan, dan stadion yang diberi nama setelahnya.

Pattimura diakui sebagai seorang pahlawan nasional Indonesia yang berjuang untuk kemerdekaan dan kesatuan masyarakat.

Dia dianggap sebagai simbol perlawanan terhadap penjajahan asing serta perjuangan untuk mempertahankan kebudayaan dan tradisi setempat.

Referensi: Kamus Sejarah Indonesia.

Dapatkan update berita terkini dan berita terbaru Cekricek.id melalui Google News.

Baca Juga

Mengenal Kitab Weda, Pembagian dan Sejarahnya
Mengenal Kitab Weda, Pembagian dan Sejarahnya
Rachmat Muljomiseno adalah seorang tokoh penting dalam dunia ekonomi dan politik di Indonesia. Ia dilahirkan di Temanggung, Jawa Tengah pada tanggal 9 Juni 1919. Dalam kariernya, Rachmat Muljomiseno pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan pada masa kepemimpinaan Presiden Sukarno.
Rachmat Muljomiseno
Rasuna Said adalah seorang perintis kemerdekaan asal Sumatra Barat yang aktif dalam perjuangan melalui Sarekat Rakyat. Ia juga dikenal aktif dalam Persatuan Muslim Indonesia (PERMI). Rasuna Said dikenal sebagai seorang orator ulung dan kritis. Berkat keberaniannya, ia pernah ditangkap dan dipenjara pada tahun 1932 di Penjara Semarang.
Rasuna Said
Pranoto Reksosamodra adalah mantan Pelaksana tugas Menteri Panglima Angkatan Darat. Ia lahir pada tahun 1965, meninggal dunia pada tanggal 9 Juni 1992, merupakan seorang tokoh militer yang berpengaruh dalam sejarah Indonesia.
Pranoto Reksosamodra
Prawoto Mangkusasmito adalah adalah seorang aktivis Islam Indonesia, Wakil Perdana   Menteri   Indonesia kesembilan danKetua Umum Majelis Syuro Muslimin Indonesia yang terakhir.
Prawoto Mangkusasmito
Basoeki Probowinoto adalah seorang pemimpin spiritual yang memiliki peran penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ia adalah seorang Pendeta GKJ, pendiri Parkindo, dan terlibat dalam beberapa gerakan dalam dan antar-agama di Indonesia.
Basuki Probowinoto