Penyebab dan Cara Mengatasi Telapak Kaki Bolong-bolong Seperti Rumah Rayap (Pitted Keratolysis)

Pitted keratolysis atau dikenal dengan sebutan telapak kaki berlubang merupakan infeksi yang terjadi pada kulit akibat bakteri.

Telapak kaki berlubang. [Foto: Ist]

Cekricek.id - Apakah kamu pernah melihat atau mengalami kondisi telapak kaki terlihat bolong-bolong atau memiliki lubang-lubang kecil seperti rumah rayap, tetapi tidak terasa sakit? Kondisi tersebut dalam istilah kedokterannya disebut dengan pitted keratolysis.

Pitted keratolysis atau dikenal dengan sebutan telapak kaki berlubang merupakan infeksi yang terjadi pada kulit akibat bakteri.

Bakteri ini akan menghasilkan enzym preteolitik yang bisa menghancurkan lapisan keratin pada kulit. Akibatnya, muncul lubang-lubang pada kulit yang bisa menjadi sarang infeksi lainnya, misalnya infeksi jamur.

Selain berlubang kecil, biasanya kondisi ini disertai dengan munculnya bau tak sedap pada kaki.

Orang yang berisiko mengalami kondisi seperti ini apabila dirinya sering berkeringat berlebihan atau hiperhidrosis.

Kaki berkerigan memang rentan menjadi lingkungan sempurna bagi bakteri untuk berkembang biak.

Pada umumnya telapak kaki berlubang dialami oleh orang yang tidak menggunakan alas kaki saat berjalan kaki.

Tak hanya itu, biasanya orang yang mengalami telapak kaki berlubang karena memakai alas kaki tebal untuk waktu yang lama seperti tentara, pelaut, dan atlet.  Pria biasanya lebih rentan mengalaminya ketimbang perempuan.

Kondisi seperti itu harus diberikan salep antibiotik atau antibiotik oles. Akan tetapi, dalam penggunaannya harus tetap hati-hati terutama pada ibu hamil, ibu menyusui, atau juga pada anak-anak.

Untuk itu, kita perlu mencegah diri kita dari kondisi tersebut yang tentu sangat mengganggu apalagi menimbulkan rasa ketidakpercayaan diri akibat bau tak sedap yang ditimbulkan. Pitted keratolysis ini merupakan penyakit yang mudah dicegah.

Dokter Nadia Alaydrus mengatakan untuk mencegah munculnya lubang-lubang kecil pada telapak kaki paling utama yang harus kita lakukan adalah selalu menjaga kebersihan kaki.

Lampiran Gambar

Saat beraktifitas selalu menggunakan alas kaki dan juga jangan lupa cuci kaki menggunakan sabun setelah selesai beraktifitas. Setelah dicuci, kaki kita tersebut sebaiknya dikeringkan.

Selain itu, untuk penggunaan kaos kaki, pastikan kaos kaki tersebut dalam keadaan kering dan berbahan dasar katun.

Dokter Nadia juga menyarankan untuk penggunaan kaos kaki ada baiknya sekali pakai saja agar kebersihan kaki terjaga.

Terakhir, untuk mencegah telapak kaki berlubang jangan menggunakan alas kaki yang terlalu ketat terutama sepatu. Ada baiknya kita lebih sering memakai sadal yang terbuka.

Hal ini disampaikan dokter Nadia Alaydrus melalui akun TikToknya @nadiaalaydrus.

Dokter Nadia Alaydrus ini kerap muncul di layar kaca membintangi acara Klinik Tendean yang tayang di Trans TV. Ia juga terkenal aktif di media sosial, terutama YouTube, TikTok, dan Instagram.

Baca juga: Bau Kaki Membuat Kamu Tidak Nyaman? Ini Tips Mengatasinya

Dokter Nadia aktif membagikan konten edukasi terkait masalah kesehatan yang sering diajukan oleh para pengikutnya.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Beberapa tips sederhana dalam hidup dapat membuat manusia panjang umur, termasuk salah satunya adalah menjaga kesehatan.
Simak, 8 Tips Ini Bisa Bikin Kamu Panjang Umur
Cekricek.id - Kebanyakan orang mengasosiasikan kanker payudara dengan benjolan di payudara. Tetapi tahukah kamu bahwa nyeri bahu juga bisa menjadi tanda peringatan dari kanker payudara tersebut? Meskipun gejala ini tidak umum, kanker payudara dapat menyebabkan nyeri pada bahu atau lengan atas.
Jangan Abai, Sering Merasa Nyeri di Bahu Bisa Menjadi Tanda Kanker Payudara
Cekricek.id - Selama periode menstruasi, rahim wanita akan melepaskan lapisan endometrium yang memicu pelepasan prostaglandin. Prostaglandin menyebabkan rasa sakit, peradangan, kontraksi dan relaksasi otot polos. Kontraksi rahim saat melepaskan lapisannya menyebabkan kram menstruasi , biasanya terjadi di daerah perut dan pantat.
Kenapa Wanita Sering Mengalami Kram Pantat Saat Periode Menstruasi?
Pria Ini Hilang Ingatan Setelah Bangun Tidur Hingga Tak Kenali Istri dan Anak
Pria Ini Hilang Ingatan Setelah Bangun Tidur Hingga Tak Kenali Istri dan Anak
Cekricek.id - Gak perlu khawatir berat badannya akan bertambah secara drastis, bila makan banyak, 4 makanan ini cocok dan tak buat gemuk
Gak Perlu Khawatir Gemuk, Kalau Mengonsumsi Makanan Ini Dalam Jumlah Banyak
Setiap orang mungkin pernah mengalami masalah kesehatan seperti telinga yang terasa tersumbat. Kondisi ini bisa saja termasuk ke dalam neuroma akustik, alergi, dan disfungsi sendi temporomandibular (TMJ).
Telinga Terasa Seperti Tersumbat? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya