Salut, Pemuda Asal Belanda Ini Buat Teknologi Pembersih Sampah Laut

Pembersih sampah

Boyan Slat, pemuda Belanda yang menciptakan teknologi pembersih sampah di laut. [Foto/Ist]

Berita Terbaru: Seorang anak muda dari Belanda berhasil menciptakan sebuah penemuan untuk membersihkan sampah yang mencemari laut

Cekricek.id - Laut kini sangat identik dengan sampah-sampah yang memenuhinya. Kondisi ini tentu perlu mendapat perhatian publik karena habitat alam di bawah laut harus dijaga demi keseimbangan ekosistem.

Sudah tak menjadi rahasia umum lagi kalau hewan-hewan di laut banyak yang mati karena jumlah sampah yang melimpah. Bahkan ada juga kasus perut hewan laut yang penuh dengan sampah plastik hingga pecahan kaca.

Kondisi inilah yang kemudian membuat seorang pemuda asal Belanda berinisiatif membuat teknologi pembersih sampah laut. Dia bernama Boyan Slat, lahir pada 27 Juli 1994.

Di usianya yang masih muda, Boyan Slat begitu prihatin dengan keadaan laut saat ini. Tidak hanya laut di negaranya, tetapi juga dengan keadaan laut-laut di belahan dunia lain yang juga penuh dengan miliaran sampah.

Melansir kanal Youtube Mike Bloomberg, Boyan Slat menyebut bahwa jumlah sampah di lautan sungguh sangat memprihatinkan. Oleh karena itu, ia pun menggagas teknologi pembersih sampah yang diberi nama Interceptor.  Mesin ini juga disebut robot pembersih sampah yang bisa mengangkut ribuan ton sampah di lautan.

Pengembangan robot pembersih sampah itu digagas oleh organisasi nirlaba bernama The Ocean Cleanup yang didirikan oleh Boyan Slat pada tahun 2013 lalu. Organisasi ini fokus pada lingkungan hidup dan bermarkas di Belanda yang mengembangkan teknologi canggih untuk membersihkan sampah plastik di laut.

Interceptor atau mesin pembersih sampah di lautan itu kemudian mulai beroperasi pada tahun 2018 setelah empat tahun The Ocean Cleanup melakukan tahap pemantauan, pengujian, dan pengulangan desain.

Namun karena adanya patahan, mesin Interceptor itu ditarik kembali. Barulah di tahun 2019 Interceptor yang menjadi robot pembersih sampah di laut itu beroperasi kembali hingga kini sukses mendunia.

Tak ayal, inovasi teknologi berharga Boyan Slat itu membuatnya dilirik oleh warga dunia dan mendapat banyak penghargaan.

Baca Juga: Penemu Bom Atom Menyesali Penemuannya, Merasa Dirinya Sebagai Penghancur Dunia

Ia pun menjadi penerima termuda untuk penghargaan tertinggi di bidang lingkungan oleh PBB, yaitu Champions of the Earth.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id. Bergabung di Grup Telegram kami, klik link: Cekricek News Update, dan Grup Facebook, klik link: Sekilas Info.

Baca Juga

Berita terbaru: Seorang wanita mendapatkan uang Rp 500 juta dari ibu pacarnya yang diminta untuk putus dan menjauhi anaknya, Senin (16/5/2022).
Hubungannya Tak Direstui, Wanita ini Sogok Pacar Anaknya untuk Putus
Berita terbaru: Seorang mempelai pria tak dapat menahan air matanya saat bertemu dengan mantan di atas pelaminan, Minggu (15/5/2022).
Viral, Mempelai Wanita Nangis Ketemu Mantan di Pelaminan, Ekspresi Mempelai Pria Jadi Sorotan
Berita Terbaru: Seorang pria di India minta cerai lantaran tidak tahan karena sang istri tidak pernah mandi setiap hari.
Istri Tak Pernah Mandi, Pria ini Merasa Jijik dan Minta Cerai
Berita terbaru: Seorang emak-emak adu mulut dengan seorang anak muda di dalam pesawat, emak-emak tersebut mengatakan bahwa wanita muda tidak beretitude.
Viral, Emak-emak Adu Mulut dengan Wanita Muda di Pesawat, Sampai Keluar Kata 'Bacot'
Berita terbaru: Kisah haru pengantin pria yang ditinggal selamanya oleh sang istri yang meninggal dunia saat merayakan pernikahannya, Sabtu (14/5/2022).
Viral, Pengantin Wanita Meninggal di Hari Pernikahan, Diduga Kelelahan
Berita terbaru: Seorang wanita berambut pendek sedang bergoyang sambil minum alkohol bersama kekasihnya viral di media sosial.
Viral, Wanita Mirip Lesti Kejora Tanpa Hijab Minum-minum dengan Seorang Pria