Cekricek.id, Barcelona - Perusahaan streaming audio, Spotify resmi menjalin kerja sama sponsor dengan klub raksasa Spanyol, Barcelona.
Perusahaan asal Swedia itu bahkan akan terpampang di kostum Blaugrana. Dan yang paling mencolok, nama markas Barcelona, Stadion Camp Nou akan ganti nama menjadi Stadion Spotify Camp Nou. Pergantian ini akan berlaku mulai Juli 2022 mendatang.
"Spotify akan jadi sponsor utama Barcelona. Kesepakatan termasuk penamaan stadion Camp Nou dengan menambahkan nama Spotify. Empat tahun ke depan, logo Spotify juga ada di kaos tim Barca termasuk tim wanita," begitu laporan dari ESPN, Rabu (16/3).
Pihak Barcelona dan Spotify belum merinci berapa nilai kerja sama mereka. Informasi yang diperoleh ESPN, kerja sama keduanya bernilai 280 juta euro atu setara dengan 307 juta dollar.
Sejak 2017 lalu, sponsor yang menempel di kostum Barcelona adalah perusahaan e-commerce asal Jepang, Rakuten. Kontrak Rakuten akan habis pada Juli 2022 mendatang dan akan langsung digantikan dengan Spotify.
Sementara untuk sponsor peralatan latihan Barcelona sejak 2018 lalu adalah Beko yang merupakan perusahaan elektronik asal Turki.
Beko juga akan diganti dengan Spotify
"Kami sangat bangga mengumumkan aliansi perintis seperti ini dengan organisasi terkenal di dunia seperti Spotify," kata Presiden Barcelona, Joan Laporta.
Laporta sudah sejak Desember 2021 lalu melelang sponsor yang akan dinamai dengan nama stadion Barcelona. Ia melakukan ini untuk mendongrak pemasukan klub berjuluk Los Azulgrana tersebut.
Menamai stadion klub dengan nama sponsor juga sudah banyak dilakukan oleh klub-klub ternama lain di Eropa.
Seperti Manchester City, mengubah nama The City Of Manchester menjadi Etihad Stadium karena sponsor utamanya adalah Etihad.
Baca juga: Meski Gagal di PSG, Messi Dipastikan Tak Akan Kembali ke Barcelona
Kemudian Juventus mengubah J Stadium menjadi Stadion Allianz. Klub Turki, Besiktas juga mengganti Stadion BJK İnönü menjadi Vodafone Park Arena.