Ingin Punya Rambut Sehat? Ini 5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi

Cekricek.id - Keratin adalah protein penting yang diproduksi tubuh kita secara alami untuk membentuk kuku, kulit dan juga rambut. Tingkat keratin yang sehat dapat meningkatkan kekuatan dan penampilan ketiga hal tersebut. Terutama untuk rambut, ada sejumlah makanan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kadar keratin kita.

ilustrasi rambut. [Foto: Canva]

Cekricek.id - Keratin adalah protein penting yang diproduksi tubuh kita secara alami untuk membentuk kuku, kulit dan juga rambut. Tingkat keratin yang sehat dapat meningkatkan kekuatan dan penampilan ketiga hal tersebut. Terutama untuk rambut, ada sejumlah makanan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kadar keratin kita.

5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi untuk Menjaga Kesehatan Rambut

Melansir Health Digest, berikut ini adalah makanan yang bisa dikonsumsi untuk merawat kesehatan rambut:

1. Ubi Jalar

Di antara banyak manfaatnya, ubi jalar adalah sumber beta-karoten yang sangat baik, senyawa provitamin yang sering ditemukan dalam sayuran berwarna oranye, kuning, dan merah. Setelah tertelan, tubuh mengubah beta-karoten tadi menjadi vitamin A, antioksidan kuat yang dapat mencegah kerusakan sel.

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan di Dermato Endocrinology, vitamin A memainkan peran penting dalam pertumbuhan, diferensiasi, dan regulasi keratin.

Ubi jalar panggang berukuran sedang bisa mengandung 1.403 mikrogram vitamin A, atau 156% dari nilai harian yang direkomendasikan. Kamu dapat mencoba menambahkan ubi jalar ke dalam makanan sebagai pengganti kentang atau makanan bertepung lainnya untuk meningkatkan asupan vitamin A, yang dapat membantu meningkatkan kadar keratin tubuh.

2. Telur

Sebagai sumber yang kaya biotin, protein, dan nutrisi lainnya, telur bisa menjadi tambahan yang sehat untuk jenis diet apa pun. Telur yang dimasak utuh mengandung sekitar 10 mikrogram biotin, atau 33% dari nilai harian yang direkomendasikan. Menurut ulasan studi yang dipublikasikan di Skin Appendage Disorders, biotin dapat memiliki efek menguntungkan pada produksi keratin dan sintesis protein.

Ulasan Skin Appendage Disorders membagikan laporan tentang hasil perawatan biotin pada rambut dan kuku, yang terutama terdiri dari keratin. Semua kasus yang dipublikasikan di mana pasien menerima biotin menunjukkan bukti perbaikan klinis pada pertumbuhan kuku atau rambut yang buruk.

3. Ikan Salmon

Salmon mengandung biotin, vitamin D, asam lemak omega-3, dan protein, yang merupakan nutrisi utama yang dapat mendukung produksi keratin.

Porsi lima ons salmon matang (142 gram) memiliki 27 gram protein. Selain itu, penelitian terbaru yang diterbitkan dalam International Journal of Trichology menunjukkan bahwa subjek uji yang mengonsumsi suplemen protein ikan salmon secara signifikan mengalami pengurangan kerontokan rambut dan meningkatkan diameter rambut rata-rata.

Menurut Kantor Suplemen Makanan (ODS), satu porsi tiga ons salmon kalengan menyediakan 5 mikrogram biotin, atau 17% dari nilai harian yang direkomendasikan. Biotin dapat meningkatkan kesehatan rambut dan kuku dengan merangsang produksi keratin.

Orang yang suka berenang di laut, mungkin merasa rambut mereka lebih bervolume. Namun, apakah air laut bisa memanjangkan rambut?
Orang yang suka berenang di laut, mungkin merasa rambut mereka lebih bervolume. Namun, apakah air laut bisa memanjangkan rambut? [Foto: Health Digest]

4. Hati Sapi

Meski bukan makanan harian bagi orang Indonesia, hati sapi juga merupakan sumber biotin yang sangat baik. Biotin dapat membantu produksi keratin dengan merangsang pertumbuhan folikel rambut . Selain itu, ulasan yang diterbitkan di Skin Appendage Disorders menunjukkan ada perbaikan klinis pada pertumbuhan rambut dan kuku pada subjek yang menerima biotin.

Hati sapi juga kaya akan protein, yang menurut penelitian penting untuk produksi keratin. Ada 20,35 gram protein per 100 gram hati sapi yang memberikan kandungan protein paling banyak dibandingkan dengan daging organ lainnya.

5. Bawang Putih

Menambahkan bawang putih ke dalam makanan juga dapat membantu menjaga kesehatan rambut dengan kandungan N-asetilsistein yang tinggi. Tubuh mengubah N-asetilsistein menjadi L-sistein, yang merupakan asam amino esensial yang ditemukan dalam protein keratin. Hasil studi plasebo yang diterbitkan di Future Medicine menemukan bahwa wanita yang mengalami penipisan rambut mengalami peningkatan yang signifikan setelah mengonsumsi suplemen yang mengandung L-sistein.

Sebuah studi yang diterbitkan di Nutrients juga menunjukkan ekstrak bawang putih juga berdampak pada keratinosit, sel-sel yang bertanggung jawab untuk memproduksi keratin. Hasil studi menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih dapat melindungi keratinosit dari kerusakan sel akibat sinar UV dan mengurangi radikal bebas.

Baca juga: Simak! Ini Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mencegahnya

Selain makanan di atas, ada juga sayuran seperti wortel dan jamur yang dapat meningkatkan produksi keratin. Begitu juga kacang-kacangan, buah mangga hingga daging kerang.

Baca Juga

Cekricek.id – Perempuan yang memiliki rambut pendek tetap bisa menatanya mereka dengan cara mencepol alias disanggul. Bahkan ada berbagai macam model yang bisa dijadikan inspirasi dalam hal tersebut.
3 Inspirasi Model Sanggul untuk Wanita Rambut Pendek, Sederhana Tapi Tetap Cantik
https://www.stylecraze.com/articles/best-messy-bun-hairstyles-our-top-10/
Yuk Intip, Ini Tutorial Bikin Cepolan Rambut yang Cantik dan Mudah
Tidak Lepas Ikat Rambut Saat Tidur Ternyata Bahaya
Tidak Lepas Ikat Rambut Saat Tidur Ternyata Bahaya
Sering Keramas Ternyata Berbahaya Lho, Hati-hati!
Sering Keramas Ternyata Berbahaya Lho, Hati-hati!
Berita gaya hidup, kesehatan, dan tips terbaru hari ini: 4 cara ini bisa anda lakukan untuk hilangkan ketombe. Anda bisa rajin keramas, menggunakan tea tree oil, kurangi konsumsi gula dan mencoba cuka apel.
Lakukan 4 Cara Ini untuk Hilangkan Ketombe
Berita terbaru hari ini: Cara Mengatasi Rambut Bayi Rontok
Ini Cara Mengatasi Rambut Bayi Rontok