Lakukan 4 Cara Ini untuk Hilangkan Ketombe

Berita gaya hidup, kesehatan, dan tips terbaru hari ini: 4 cara ini bisa anda lakukan untuk hilangkan ketombe. Anda bisa rajin keramas, menggunakan tea tree oil, kurangi konsumsi gula dan mencoba cuka apel.

Ilustrasi: ketombe. [Canva]

Berita gaya hidup, kesehatan, dan tips terbaru hari ini: 4 cara ini bisa anda lakukan untuk hilangkan ketombe. Anda bisa rajin keramas, menggunakan tea tree oil, kurangi konsumsi gula dan mencoba cuka apel.

Cekricek.id - Ketombe merupakan kondisi kulit kepala yang mengeluarkan serpihan dan butiran putih halus di rambut. Kondisi seperti ini wajar dialami oleh manusia, baik perempuan maupun laki-laki.

Ketombe memang tidak membahayakan kesehatan dan juga bukan merupakan penyakit menular. Namun, keberadaannya dapat membuat seseorang merasa tidak percaya diri dan ketombe biasanya hadir dengan rasa gatal pada kulit kepala. Akibat dari sensasi gatal tersebut, membuat seorang individu merasa tidak nyaman akan hal itu.

Para ahli meyakini bahwa ketombe terjadi akibat adanya peningkatan produksi minyak, sekresi, dan jumlah jamur pada kulit.

Penyebab yang paling sering menimbulkan ketombe adalah infeksi jamur Malassezia Globosa. Jamur ini biasanya hidup di kulit kepala dan memakan minyak yang dikeluarkan oleh folikel rambut.

Selain itu, ketombe juga dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, stres, jarang menyisir rambut, sensitivitas terhadap produk perawatan rambut, dan kulit kering.

Dari segi jenis kelaminnya, pria lebih rentan terserang ketombe dibandingkan dengan wanita. Hal ini disebabkan karena hormon pria dapat memicu produksi minyak berlebih dan menjadi faktor pemicu ketombe.

Cara Menghilangkan Ketombe

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala.

1. Rajin keramas

Sering Keramas Ternyata Berbahaya Lho, Hati-hati!

Untuk menghilangkan ketombe yang ringan kamu perlu rajin mencuci rambut atau keramas. Cuci rabut kamu minimal dua hari sekali dengan shampo yang sesuai. Gunakan sampo anti ketombe atau anti dandruff yang dikhususkan untuk perawatan kulit kepala.

Kamu juga bisa menggunakan sampo yang mengandung zinc, sampo berbasis tar, sampo dengan asam salsilat, dan sampo selenium sulfit.

2. Kurangi mengonsumsi karbohidrat dan gula

Berita gaya hidup, kesehatan, dan tips terbaru hari ini: 4 cara ini bisa anda lakukan untuk hilangkan ketombe. Anda bisa rajin keramas, menggunakan tea tree oil, kurangi konsumsi gula dan mencoba cuka apel.Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pola makan dapat menyebabkan munculnya ketombe. Apabila seseorang kekurangan nutrisi dapat memicu terjadinya ketombe di kulit kepala. Makanan yang mengandung karbohidrat dan gula yang tinggi dapat menghasilkan penumpukan glikogen di kulit.

Glikogen ini yang akan menjadi makanan jamur dan membuat jamur tumbuh dengan subur di permukaan kulit kepala sehingga menyebabkan ketombe. Kamu perlu mengurangi konsumsi karbohidrat dan gula pada makanan untuk mencegah timbulnya ketombe.

3. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil - Berita gaya hidup, kesehatan, dan tips terbaru hari ini: 4 cara ini bisa anda lakukan untuk hilangkan ketombe. Anda bisa rajin keramas, menggunakan tea tree oil, kurangi konsumsi gula dan mencoba cuka apel.Tea Tree Oil efektif menghilangkan jamur yang menjadi penyebab munculnya ketombe. Hal ini dikarenakan dalam Tea Tree Oil terdapat kandungan anti jamur dan anti bakteri yang tinggi.

Cara penggunaannya untuk menghilangkan ketombe juga sangat mudah. Cukup dengan mencampurkan sekitar 10 tetes Tea Tree Oil dengan sampo biasa yang digunakan sehari-hari. Lalu cuci rambut dengan campuran tersebut dan diamkan selama 3 – 5 menit. Setelah itu, rambut dibilas hingga bersih.

4. Cuka Apel

Cuka ApelCuka apel memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, antioksidan, dan juga asam. Dikutip dari Merdeka, keasaman dari cuka apel dapat membantu menyesuaikan pH alami kulit kepala ke tingkat optimalnya dan memungkinkan pengelupasan lembut kulit mati dan kotoran.

Cara menghilangkan ketombe dengan cuka apel adalah tuangkan cuka apel ke dalam botol semprot dan campurkan dengan air. Takarannya 7:3. Setelah itu, kocok botol tersebut sebelum disemprotkan ke kulit kepala.

Gunakan larutan cuka apel tersebut setelah keramas. Diamkan selama 5 - 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Baca juga: Kenali 4 Jenis Ketombe dan Cara Mengatasinya

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id. Bergabung di Grup Telegram kami, klik link: Cekricek News Update, dan Grup Facebook, klik link: Sekilas Info.

Baca Juga

Kesehatan mata
Konsumsi Jenis Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Mata
Nafsu makan
Gak Mau Makan? Jenis Makanan Ini Bisa Bikin Nafsu Makan Meningkat
Ibu menyusui
Ibu Menyusui Gak Boleh Makan Pedas? Ini Faktanya
Minum di waktu makan
Ternyata Minum di Waktu Makan Tidak Baik Untuk Kesehatan, Ini Penjelasan Ustaz Zaidul Akbar
Menghilangkan cegukan
Sangat Menganggu Saat Puasa, Berikut Cara Menghilangkan Cegukan Tanpa Minum Air
Mengatasi kolesterol tinggi
Tujuh Buah Ini Cocok Atasi Kolesterol Tinggi dalam Darah