Kenali, Ini Tanda-tanda WhatsApp Anda Dibajak

Anda perlu mengetahui tanda-tanda WhatsApp yang anda miliki dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab, anda perlu mengenali ciri-ciri berikut ini.

Ilustrasi. [Canva]

Anda perlu mengetahui tanda-tanda WhatsApp yang anda miliki dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab, anda perlu mengenali ciri-ciri berikut ini.

Cekricek.id - Banyak tindak kejahatan yang terjadi akhir-akhir ini. Salah satunya adalah pencurian atau pengambil alihan baik akun media sosial atau aplikasi komunikasi yang kita miliki, misalnya WhatsApp.

Saat ini WhatsApp menjadi salah satu sarana komunikasi yang paling banyak digunakan. Agar tidak dibajak atau data anda dicuri anda harus menjaganya dengan baik.

Karena biasanya, banyak data atau percakapan penting yang ada di dalamnya. Pelaku kejahatan bisa menggunakan nomor kontak kita yang ada di dalamnya untuk mengambil keuntungan yang berbahaya bagi kita dan juga orang lain.

Tanda WhatsApp Dibajak

Anda perlu mengetahui tanda-tanda WhatsApp yang anda miliki dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab, anda perlu mengenali ciri-ciri berikut ini.
Kenali, Ini Tanda-tanda WhatsApp Anda Dibajak

Anda harus mewaspadai jika akun WhatsApp yang dimiliki dibajak orang lain. Ada pun tanda-tanda aku WhatsApp anda dibajak antara lain:

Pesan Terbaca Sendiri atau Centang Biru

Salah satu tanda akun WhatsApp anda dibajak adalah pesan yang dikirim oleh orang lain tiba-tiba terbaca sendiri atau sudah centang biru.

Padahal jika pesan tersebut belum kita baca, jika sudah terkirim maka masih centang dua warna abu-abu tanda belum dibuka ataau dibaca.

Jika ada tanda seperti itu ada kemungkinan WhatsApp anda telah dibajak.

Minta kode OTP

Tanda yang paling paling ketara adalah tiba-tiba ada SMS masuk ke ponsel anda untuk meminta kode OTP.

Jika tiba-tiba ada yang meminta kode OTP itu tandanya WhatsApp anda sedang dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Jika ada yang meminta kode OTP tersebut sebaiknya abaikan saja dan tidak usah dipedulikan.

Keluar dari WhatsApp Web

Tanda lainnya adalah tiba-tiba WhatsApp yang ada terhubung di PC atau laptop keluar dengan sendirinya.

Solusinya: cari tahu siapa yang mencoba akses dengan cara buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda, klik titik 3 dan klik Linked Devices.

Nanti akan tampil perangkat mana saja yang terhubung dengan WhatsApp Anda. Dikutip dari India Today, jika WhatsApp Anda aktif dari perangkat yang tidak Anda kenali, segera putuskan hubungan dengan perangkat asing itu.

Ponsel Mudah Panas

Jika ponsel yang anda miliki cepat panas dan baterainya cepat habis ada kemungkinan perangkat yang anda miliki telah dibajak.

Baca Juga: Tak Mendaftar ke Kominfo Hingga 20 Juli Mendatang, Google, Facebook, WhatsApp Terancam Diblokir

Saran, sebaiknya secara berkala memeriksa aplikasi dan ponsel yang anda miliki. Jangan sembarangan menguduh aplikasi-aplikasi yang tidak penting karena saat ini banyak aplikasi yang disusupi malware yang bertujuan untuk mengambil data yang anda punya.

Nah, itu lah tanda-tanda atau ciri-ciri whatsApp dibajak. Semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Tag:

Baca Juga

Ternyata untuk membuat mentega rumahan cukup sederhana resepnya. Kita hanya memerlukan susu atau krim yang hampir kadaluarsa.
Praktis, Ternyata Begini Cara Membuat Mentega Rumahan
Penampilan menjadi hal penting bagi para selebriti. Pemilihan outfit yang sesuai menambah kepercayaan tersendiri terutama bagi Beby Tsabina.
5 Inspirasi OOTD Nongkrong Ala Beby Tsabina, Cantik dan Trendy
Jika Tak Mendaftar ke Kominfo Hingga 20 Juli Mendatang, beberapa layanan perusahaan teknologi seperti Google, Facebook, WhatsApp Terancam Diblokir di Indonesia.
Tak Mendaftar ke Kominfo Hingga 20 Juli Mendatang, Google, Facebook, WhatsApp Terancam Diblokir
Farah Quinn membagikan 10 tips menjadi wanita yang elegan dan disegani banyak orang. Tidak hanya ketika di luar rumah, di rumah pun wanita harus tampil elegan.
Ini 10 Tips Menjadi Wanita Elegan Menurut Farah Quinn
Tips terbaru: Jika kamu membeli mobil bekas, maka kamu perlu memperhatikan 4 Dampak yang Diperhatikan Mobil Bekas dengan Kilometer Tinggi
Kenali Dampak Mobil Kilometer Tinggi Sebelum Beli Mobil Bekas
Berikut 4 Cara Tepat Merawat Mobil dengan langkah paling tepat yang dilakukan pemilik kendaraan untuk mobil kesayangan
Cara Tepat Merawat Mobil Agar Selalu Prima Saat Digunakan