Selain Islam, Ini 5 Agama yang Juga Jalani Ibadah Puasa

Cekricek.id: selain Islam, ini agama yang juga menjalani ibadah puasa dengan tradisi masing-masing seperti berikut ini. 

Agama yang juga jalani ibadah puasa. [Foto.Ist]

Cekricek.id - Saat ini umat Islam sedang menjalani ibadah puasa selama 30 hari lamanya. Saat menjalani ibadah puasa tentu orang akan berlomba-lomba untuk melakukan ibadah karena dengan ganjaran pahala yang berlipat ganda.

Ternyata tidak hanya umat muslim saja yang menjadi kuasa di dunia ini.

Seperti berbagai agama lainnya selain Islam yang juga menjalani ibadah puasa dengan tradisi masing-masing seperti berikut ini.

Baca juga: Tak Sangka Ternyata 10 Artis Bollywood Ini Laksanakan Puasa di Bulan Ramadan

Kristen Katolik dan Protestan

Lampiran Gambar

Urutan pertama adalah agama Kristen yang sudah menjalani ibadah puasa. Akan tetapi tentunya puasa yang mereka jalani berbeda dengan agama Islam.

Ternyata umat Katolik yang berusia 18 hingga 60 tahun juga menjalankan ibadah puasa. Puasa tersebut dijalankan pra paskah tepatnya pada hari Rabu Rabu dan Jumat Agung.

Namun puasa tersebut mengharuskan mereka untuk menghindari berbagai makanan yang disukai.

Selain itu mereka juga hanya bisa makan sekali sehari bagi umat Katolik. Sementara bagi umat Kristen Protestan mereka menjalani ibadah puasa ini tanpa adanya paksaan.

Yahudi

Lampiran Gambar

Umat Yahudi juga menjalani ibadah puasa dengan adanya aturan tersendiri. Salah satunya ialah menjalani ibadah puasa ketika Yom Kippur atau meminta pengampunan.

Mereka menjalani puasa selama lebih kurang 25 jam. Selain itu juga terdapat berbagai aturan lain ketika menjalani ibadah puasa misalnya saja larangan untuk mandi ataupun berhubungan badan.

Buddha

Lampiran Gambar

Selain itu juga ada ada agama Buddha yang menjalani ibadah puasa. Akan tetapi puasa pada umat budha juga tidak wajib yang biasanya hanya dilakukan selama dua kali dalam sebulan.

Ternyata larangannya hanya untuk tidak makan pada siang hingga dini hari.

Hindu

Lampiran Gambar

Dalam agama hindu, mereka mengenal puasa dengan istilah upawasa. Akan tetapi puasa yang mereka kenal pun terbagi atas wajib dan tidak wajib.

Puasa wajib biasa dilakukan untuk menebus dosa dengan tidak makan seharian.

Konghucu

Lampiran Gambar

Terakhir ada konghucu yang melaksanakan ibadah puasa yang juga terbagi atas 2, yakni puasa rohani dan puasa jasmani.

Puasa jasmani dilakukan untuk menahan diri agar tidak memakan daging. Sedangkan puasa rohani adalah dengan menahan diri dari berbagai perbuatan buruk. [*/Nlm]

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Sepasang suami istri viral di media sosial karena dianggap telah mempermainkan salat demi kontennya viral di media sosial.
Viral, Pasutri Permainkan Salat Demi Konten
Kisah Mantan 'Kupu-kupu Malam' Tobat Usai Anaknya Meninggal Dunia
Kisah Mantan 'Kupu-kupu Malam' Tobat dan Dinikahi Muncikari
Anak indigo ini beberkan sederet kelebihan dan hal yang biasa bagi kaumnya tapi mungkin jadi hal special bagi orang lain.
Pria Ini Bongkar Sederet Kelebihan Anak Indigo
Mama Pandan, seorang waria inspiratif besarkan seorang anak angkat dengan segala perjuangan di tengah banyaknya bully.
Begini Perjuangan Waria Ini Demi Sekolahkan Anak Angkat
Usai makan sesajen di sendang dan kuburan, seorang pria ini alami berbagai macam kejadian mistis diganggu makhluk halus.
Nekat Makan Sesajen, Pria Ini Alami Kejadian Mistis
Seorang ibu menumpahkan rasa kecewaannya karena rambut anaknya yang baru seminggu masuk sekolah dipotong tanpa izin oleh gurunya.
Viral Guru Potong Rambut Murid 7 Tahun Tanpa Izin, Sang Ibu Lapor KPAI