14 Lubang Sinkhole Terdalam di Bumi

14 Lubang Sinkhole Terdalam di Bumi

Lubang Biru Taam Ja'. [Canva]

Temukan 14 lubang sinkhole terdalam di Bumi dalam artikel ini. Dari Lubang Surgawi di China hingga Lubang Macaw di Brasil, jelajahi keajaiban alam ini yang mampu menelan bangunan utuh dan bahkan memiliki ekosistem mereka sendiri. Dapatkan pengetahuan tentang bagaimana sinkhole ini terbentuk dan apa yang membuat mereka unik.

Cekrice.id - Lubang sinkhole adalah keajaiban alam. Mereka bisa muncul tiba-tiba dan sangat besar, kadang-kadang cukup luas untuk menelan bangunan utuh.

Sinkhole terbentuk ketika batuan di bawah permukaan, seperti batu kapur, secara alami larut oleh air tanah di dalamnya. Seiring batuan larut, gua-gua terbentuk. Ketika gua-gua ini menjadi begitu besar sehingga tanah di atasnya tidak lagi bisa menopangnya, permukaannya runtuh.

Beberapa sinkhole diketahui memiliki ekosistem mereka sendiri β€” dan bahkan mungkin menyimpan spesies tumbuhan dan hewan yang belum ditemukan. Pada 2022, para ilmuwan menemukan sinkhole setinggi 630 kaki (192 meter) yang berisi hutan kuno dan pertumbuhan lebat di selatan China.

Berikut adalah beberapa sinkhole terbesar di Bumi, diukur berdasarkan kedalamannya.

Xiaozhai Tiankeng, China

Terletak di Kabupaten Fengjie di China, Xiaozhai Tiankeng β€” yang kurang lebih berarti "Lubang Surgawi" β€” adalah sinkhole terdalam di dunia.

Sinkhole ini memiliki kedalaman 2.172 kaki (662 meter) dan terbentuk di atas gua batu kapur Difeng, yang diukir oleh sungai bawah tanah, yang masih mengalir di bawah sinkhole.

Crveno Jezero (Danau Merah), Kroasia

Danau Merah adalah sinkhole yang berisi danau karst β€” danau yang terbentuk sebagai akibat runtuhnya gua di dekat kota Imotski, di Kroasia. Meskipun danau tersebut berwarna biru, namanya diambil dari tebing berwarna coklat kemerahan di sekitarnya, yang diwarnai oleh oksida besi.

Sinkhole ini memiliki kedalaman sekitar 1.740 kaki (530 m) dan berisi beberapa spesies ikan, termasuk minnow bintik yang terancam punah (Delminichthys adspersus) dan loach berduri Imotski (Cobitis illyrica).

Wilayah ini juga merupakan rumah bagi Danau Biru, sinkhole lainnya dengan kedalaman total (dari bibir) sekitar 720 kaki (220 m).

Sima Humboldt, Venezuela

Sima Humboldt adalah sinkhole raksasa yang terletak di puncak Cerro Sarisarinama, gunung berpuncak datar di Negara Bagian BolΓ­var, Venezuela.

Sinkhole ini memiliki kedalaman 1.030 kaki (314 m) dan berisi area hutan di dasarnya. Sinkhole raksasa lainnya, yang disebut Sima Martel, terletak sekitar 2.300 kaki (700 m) dari bibir Sima Humboldt.

Lubang Naga; Kepulauan Paracel, Laut China Selatan

Lubang Naga β€” juga dikenal sebagai Lubang Biru Yongle atau "mata" laut β€” adalah lubang biru setinggi 984 kaki (300 m) di dekat Kepulauan Paracel di Laut China Selatan.

Lubang ini ditemukan pada tahun 2016 dan merupakan lubang biru terdalam yang diketahui di dunia. Lubang biru adalah gua vertikal besar di bawah laut atau sinkhole yang ditemukan di wilayah pesisir. Mereka sering mengandung berbagai kehidupan laut, mulai dari karang hingga hiu.

Lubang Biru Taam Ja', Meksiko

Lubang biru terbesar kedua di dunia β€” Taam ja', yang berarti "air dalam" dalam bahasa Maya β€” ditemukan di lepas pantai Semenanjung YucatΓ‘n Meksiko pada tahun 2021, meskipun detail sinkhole baru muncul tahun ini.

Gua bawah air raksasa ini, yang terletak di Teluk Chetumal, memiliki kedalaman sekitar 900 kaki (274 m). Lubang ini memiliki sisi yang curam dengan kemiringan hampir 80 derajat, dan mulut gua berada sekitar 15 kaki (4,6 m) di bawah permukaan laut.

Berezniki (Kakek), Rusia

Sebagian besar sinkhole terbentuk secara alami, tetapi beberapa dibuat sebagai hasil dari aktivitas manusia. Kota Berezniki, Rusia, di Pegunungan Ural, telah diganggu oleh sinkhole selama beberapa dekade.

Kota ini dimulai sebagai kamp kerja dan dibangun di atas beberapa tambang potas era Soviet, di mana penambangan garam yang mengandung kalium mengganggu stabilitas tanah, yang mengarah ke runtuhnya tanah. Sinkhole terbesar β€” yang dijuluki Kakek β€” terbuka pada Juli 2007 dan diperkirakan memiliki kedalaman 780 kaki (238 m).

Bayou Corne, Louisiana

Sinkhole Bayou Corne di Louisiana ditemukan pada tahun 2012 setelah berbulan-bulan aktivitas seismik yang tidak dapat dijelaskan di daerah tersebut.

Sinkhole ini terbentuk sebagai akibat runtuhnya gua kubah garam bawah tanah yang terhubung ke sumur industri terdekat, dan menyebabkan evakuasi kota Bayou Corne. Pada tahun 2014, sinkhole ini setidaknya memiliki kedalaman 750 kaki (229 meter).

Lubang Biru Dean, Bahama

Lubang Biru Dean, yang memiliki kedalaman 663 kaki (202 m), adalah lubang biru yang terletak tepat di luar Pulau Long di Bahama. Sinkhole ini β€” yang dikelilingi oleh batu, laguna, dan pantai putih β€” adalah hotspot penyelaman bebas. Ada beberapa lorong yang berjalan dari lubang biru utama menuju sistem gua dan ruangan.

Sinkhole tambang tembaga, Cile

Sinkhole besar muncul di Cile pada Juli 2020. Sinkhole ini memiliki lebar 104 kaki (32 m) dan diperkirakan memiliki kedalaman sekitar 656 kaki (200 m).

Sinkhole ini muncul di lokasi tambang tembaga Alcaparrosa, yang dimiliki oleh perusahaan pertambangan Kanada Lundin Mining.

Sinkhole Misterius, China

Pada tahun 2022, para ilmuwan di China mengumumkan penemuan sinkhole setinggi 630 kaki (192 m) di Wilayah Otonomi Zhuang Guangxi. Sinkhole ini ditemukan memiliki panjang 1.004 kaki (306 m) dan lebar 492 kaki (150 m), dan begitu besar sehingga memiliki hutan yang tumbuh di dalamnya.

"Saya tidak akan terkejut mengetahui bahwa ada spesies yang ditemukan di gua-gua ini yang belum pernah dilaporkan atau dijelaskan oleh ilmu pengetahuan sampai sekarang," kata Chen Lixin, yang memimpin tim ekspedisi gua, kepada agen berita Xinhua China.

Depresi Qattara, Mesir

Depresi Qattara adalah area dataran rendah yang mencakup 7.500 mil persegi (19.400 kilometer persegi) β€” kira-kira tiga kali ukuran Delaware β€” di utara Mesir.

Sinkhole ini terbentuk selama ribuan tahun melalui pelapukan dan erosi angin. Sinkhole ini mencapai kedalaman 436 kaki (133 m) β€” titik terendah kedua di Afrika, di belakang Danau Assal di Djibouti β€” dan ditutupi dengan panci garam, gundukan pasir, dan rawa garam.

Lubang Biru Besar, Belize

Lubang Biru Besar adalah sinkhole laut di lepas pantai Belize. Sinkhole ini memiliki kedalaman 407 kaki (124 m), dengan luas permukaan 706.470 kaki persegi (70.650 meter persegi). Sinkhole ini adalah bagian dari Sistem Cagar Alam Karang Belize yang lebih besar, situs Warisan Dunia UNESCO.

Pada tahun 2019, tim penjelajah β€” termasuk Fabien Cousteau, cucu pembuat film dan penjelajah Jacques Cousteau yang pertama kali membuat sinkhole ini terkenal, dan Richard Branson β€” memetakan lantai Lubang Biru Besar menggunakan gelombang suara. Mereka menemukan stalaktit baru β€” pertumbuhan mineral yang tampak seperti es batu β€” serta botol plastik, yang menyoroti masalah polusi laut.

Lubang Setan, Texas

Di Texas, ada formasi berbentuk lonceng yang disebut Lubang Setan, yang memiliki kedalaman 350 kaki (107 m). Peternak menemukan gua ini pada tahun 1876, dan sejak itu telah menjadi hotspot untuk penelitian geologi.

Sinkhole ini berisi banyak lorong gua yang menjadi rumah bagi salah satu koloni terbesar kelelawar Meksiko ber-ekor bebas (Tadarida brasiliensis) di Texas. Pada malam yang hangat, sekitar 3 juta kelelawar muncul dari sinkhole ini mencari makanan.

Lubang Macaw, Brasil

Buraco das Araras β€” atau Lubang Macaw β€” adalah salah satu sinkhole terbesar di Amerika Selatan. Sinkhole ini memiliki kedalaman 328 kaki (100 m) dan terbentuk sebagai hasil dari erosi batu kapur di bawah permukaan. Namanya diambil dari jumlah burung yang tinggal di sana, dengan sinkhole ini berfungsi sebagai tempat berkembang biak untuk macaw merah (Ara macao).

Baca berita terbaru dan terkini hari ini, seputar peristiwa, hukum, politik, ekonomi, olahraga, gaya hidup, hiburan, budaya, dan sejarah, hanya di Cekricek.id.

Baca Juga

Cekricek.id - Menguak Rahasia Neolitik di Gurun Arab, Penelitian Terbaru Mengungkap Kehidupan Masa Batu
Menguak Rahasia Neolitik di Gurun Arab, Penelitian Terbaru Mengungkap Kehidupan Masa Batu
Cekricek.id - Misteri Asal-Usul Kuda Nil Purba di Eropa: Temuan Penting dari Masa Pleistocene
Misteri Asal-Usul Kuda Nil Purba di Eropa: Temuan Penting dari Masa Pleistocene
Cekricek.id - Mengungkap Pengaruh Dinosaurus terhadap Umur Panjang Manusia
Mengungkap Pengaruh Dinosaurus terhadap Umur Panjang Manusia
Cekricek.id - Misteri Sejarah Tasmania: Praktik Eksploitasi Morton Allport Terhadap Warisan Budaya dan Alam
Misteri Sejarah Tasmania: Praktik Eksploitasi Morton Allport Terhadap Warisan Budaya dan Alam
Cekricek.id - Misteri di Balik Anjing Mengejar Ekornya Sendiri
Misteri di Balik Anjing Mengejar Ekornya Sendiri
Cekricek.id - Terbongkar! Kisah Nyata Pilot Perang Dunia II yang Hilang 80 Tahun Lalu Akhirnya Terungkap
Terbongkar! Kisah Nyata Pilot Perang Dunia II yang Hilang 80 Tahun Lalu Akhirnya Terungkap