Rakornas Pengembangan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Fokus Pada Pemulihan Ekonomi Pascapandemi

Rakornas Pengembangan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Fokus Pada Pemulihan Ekonomi Pascapandemi

Ilustrasi. [Canva]

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pengembangan lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Indonesia berfokus pada Forum Investasi dan Rapat Koordinasi Tingkat Menteri. Kegiatan ini bertujuan untuk mempercepat pemulihan ekonomi pascapandemi.

Cekricek.id, Jakarta - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) untuk pengembangan lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Indonesia telah berlangsung pada 20-21 Juli 2023 di Hotel Plataran Heritage Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Rakornas ini menyoroti dua agenda utama, yaitu Forum Investasi dan Rapat Koordinasi Tingkat Menteri.

Forum Investasi, yang berlangsung pada 20 Juli 2023, meliputi dua kegiatan utama: Workshop Peningkatan Materi Promosi Investasi dan Gala Dinner bersama Investor Potensial.

Workshop ini dihadiri oleh tiga Badan Pelaksana Otorita Pariwisata (Labuan Bajo, Toba, dan Borobudur), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dan Likupang, serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dari Provinsi/kabupaten/Kota di 5 DPSP.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB), Agustin Peranginangin, menekankan pentingnya akselerasi pengembangan 5 DPSP di Indonesia dalam rangka pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19.

Menurutnya, workshop ini bertujuan untuk menyempurnakan materi promosi investasi yang telah dirancang sebelumnya dan memotivasi DPMPTSP untuk berpartisipasi secara proaktif dalam kegiatan promosi investasi.

Narasumber dalam workshop ini berasal dari International Finance Corporation/IFC (World Bank Group) dan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Peserta workshop diminta untuk mengirimkan materi promosi investasi yang akan ditelaah oleh IFC, dan diberikan masukan untuk dipromosikan pada berbagai kegiatan promosi investasi, termasuk pada International Tourism Investment Forum yang akan diselenggarakan di Bali pada 26-27 Juli 2023.

Rapat Koordinasi Tingkat Menteri, yang berlangsung pada 21 Juli 2023, dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjahitan. Rakornas ini bertujuan untuk mempercepat pengembangan 5 DPSP semester I tahun 2023.

Hadir dalam Rakornas ini antara lain Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto.

Lima DPSP yang menjadi fokus pengembangan meliputi Toba, Borobudur, Labuan Bajo-Flores, Mandalika dan Likupang.

Baca juga: ASDP Indonesia Ferry Meningkatkan Pelayanan Penyeberangan Perintis untuk Mendukung Pariwisata dan Konektivitas Nasional

DPSP Toba, Borobudur, dan Labuan Bajo-Flores dikelola oleh Badan Otorita, sementara DPSP Mandalika dan Likupang dikelola oleh Badan Usaha, yaitu PT Pengembangan Pariwisata Indonesia/ Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan PT Minahasa Permai Resort Development.

Baca Juga

Cekricek.id - Rahasia Waktu Terbaik Mengunjungi Swiss
Rahasia Waktu Terbaik Mengunjungi Swiss
Cekricek.id - Pakar Real Estat Ungkap 9 Tempat Tinggal Terbaik di Utah
Pakar Real Estat Ungkap 9 Tempat Tinggal Terbaik di Utah
Cekricek.id - Melintasi Birunya Laut Eropa dengan Kapal Layar, Ini 5 Alasan Kamu Harus Mencoba
Melintasi Birunya Laut Eropa dengan Kapal Layar, Ini 5 Alasan Kamu Harus Mencoba
Pesona Danau Kembar: Permata Tersembunyi Sumatera Barat yang Memikat Jiwa
Pesona Danau Kembar: Permata Tersembunyi Sumatera Barat yang Memikat Jiwa
Mengintip Waktu Terbaik Berkunjung ke Argentina: Panduan Lengkap untuk Pencinta Wisata
Mengintip Waktu Terbaik Berkunjung ke Argentina: Panduan Lengkap untuk Pencinta Wisata
Mengintip Waktu Terbaik Mengunjungi Karibia
Mengintip Waktu Terbaik Mengunjungi Karibia