Melintasi Birunya Laut Eropa dengan Kapal Layar, Ini 5 Alasan Kamu Harus Mencoba

Cekricek.id - Melintasi Birunya Laut Eropa dengan Kapal Layar, Ini 5 Alasan Kamu Harus Mencoba

Sestri Levante. [Foto: Canva]

Cekricek.id - Perjalanan layar di Eropa tidak hanya menghadirkan keindahan alam yang mempesona, tetapi juga menyuguhkan pengalaman unik yang memadukan sejarah, budaya, dan petualangan. Bayangkan Anda mengarungi perairan biru jernih, ditemani bisikan halus ombak, matahari yang menenangkan, dan siluet kota-kota kuno Eropa di kejauhan.

Benua Eropa, dengan sejarah, budaya, dan keindahan alamnya, menawarkan pengalaman yang unik ketika dijelajahi dengan layar. Perjalanan layar memungkinkan wisatawan untuk menyelami permata pesisir Eropa dan pulau-pulau tersembunyi.

Cekricek.id - Melintasi Birunya Laut Eropa dengan Kapal Layar, Ini 5 Alasan Kamu Harus Mencoba
Kota indah Cavtat di Dalmatia selatan, Kroasia. [Foto: Canva]

Dilansir Thetravelmagazine.net, mengutip pengalaman ahli dari Yasido.com mengatakan bahwa ini mungkin cara terbaik untuk benar-benar merasakan jiwa Eropa. Tapi, mengapa harus memilih perjalanan layar di Eropa? Berikut adalah alasan-alasan yang meyakinkan.

1. Akses ke Pantai Tersembunyi dan Pulau Terpencil

Banyak pantai di Eropa yang terkenal sebagai destinasi wisata, namun berlayar memberikan keistimewaan untuk menemukan teluk tersembunyi dan pantai perawan, jauh dari wisata komersial.

Siklades, Yunani

Berlayar di jantung Laut Aegea, pulau-pulau Siklades tampak seperti konstelasi keajaiban alam. Sementara pulau-pulau seperti Mykonos dan Santorini terkenal luas, masih banyak pulau kecil dan pantai tersembunyi yang menjadi milik mereka yang mencarinya.

Pantai Kleftiko di Milos, dengan gua-gua dan formasi batuannya yang mempesona, adalah bukti keindahan alam, paling baik diakses dengan perahu. Pulau Folegandros yang kurang dikenal menawarkan pantai-pantai tenang seperti Agkali dan Katergo, di mana pasir emas bertemu dengan air biru di bawah pengawasan tebing-tebing.

Sardinia, Italia

Pesisir Sardinia adalah mozaik tebing yang memukau, teluk, dan pantai. Di luar Costa Smeralda yang terkenal, masih banyak tempat yang menjadi misteri. Cala Goloritzé, misalnya, adalah permata pantai yang muncul dari tanah longsor pada 1960-an dan kini menjadi monumen alam yang dilindungi. Hanya dapat diakses dengan perahu atau trekking menantang, airnya berkilauan dalam nuansa biru dan hijau. Surga tersembunyi lainnya adalah Cala Mariolu, pantai berbatu di mana air jernih lembut mencium pantai, menjadikannya surga bagi penyelam.

Kepulauan Aland, Finlandia

Berlayar antara Swedia dan Finlandia, Kepulauan Aland adalah mozaik lebih dari 6.500 pulau, meskipun hanya sebagian kecil yang dihuni. Yang membuat kepulauan ini begitu memikat bukan hanya jumlahnya, tetapi juga keindahan alaminya.

Sementara pulau utama menyediakan kenyamanan modern, berlayar lebih jauh mengungkap pulau-pulau dan pulau kecil yang menjanjikan ketenangan. Kobba Klintar, dengan stasiun pilot lamanya, memberikan gambaran tentang sejarah maritim wilayah tersebut. Bagi mereka yang mencari kesendirian, banyak pulau tak berpenghuni menanti, dengan pantai-pantai di mana pasirnya tak tersentuh dan hutan yang bergema dengan suara alam.

2. Kebebasan Merancang Itinerari Anda dengan Layar di Eropa

Salah satu bagian terbaik dari memilih perjalanan layar di Eropa adalah kebebasan untuk menentukan rute Anda. Daripada rencana tur yang tetap, Anda dapat:

  • Memilih destinasi terbaik berdasarkan cuaca, suasana hati, atau festival lokal;
  • Menghabiskan lebih banyak waktu di lokasi yang menawan Anda, entah itu karena sejarahnya, keindahannya, atau kehangatan penduduknya;
  • Melewati tempat wisata utama dan menyelam dalam ke daerah yang kurang terjelajahi, menjamin pengalaman unik setiap waktu.

3. Mengalami Kota-kota Pesisir Eropa yang Beragam

Lampiran Gambar
Berlayar bersama wisatawan berlayar di tepi sungai Seine. [Foto: Canva]

Meskipun banyak ibu kota Eropa terletak di daratan, kota-kota pesisirnya memiliki pesona tersendiri. Saat Anda berlayar, kota-kota ini bukan hanya tujuan, tetapi bagian dari perjalanan.

Barcelona, Spanyol

Ibukota Katalonia adalah campuran memikat dari kuno dan modern. Saat Anda merapat dengan layar Anda di Port Vell yang ramai, sejarah maritim kota itu menyergap Anda. Tapi, arsitektur modernis yang unik adalah yang benar-benar membedakan Barcelona.

Karya Antoni Gaudí, khususnya Sagrada Família dan Park Güell, memperlihatkan perpaduan bentuk Gothic dan Art Nouveau yang memukau pengunjung. Berjalan di sepanjang La Rambla yang dipenuhi pohon, Anda akan bertemu dengan seniman, pelaku pertunjukan, dan pasar.

Pantai kota, Barceloneta, bukan hanya tempat untuk bersantai tetapi juga pusat bagi pecinta seafood. Baik Anda sedang menikmati tapas di bar lokal atau menari semalaman dengan irama flamenco, Barcelona menjanjikan overload sensorik.

Dubrovnik, Kroasia

Berlayar ke Laut Adriatik, tembok batu yang mengesankan dari Dubrovnik menyambut Anda, lambang sejarah maritim kota. Disebut sebagai "Mutiara Adriatik", Dubrovnik, situs Warisan Dunia UNESCO, adalah bukti kekuatan dan pengaruh Republik Ragusa kuno.

Berjalan di sepanjang tembok kota kuno memberikan pemandangan panoramik atap-atap genteng terakota dan laut biru. Kota Tua adalah labirin jalan setapak sempit, dihiasi dengan istana-istana bersejarah, gereja, dan air mancur.

Di luar keindahan fisiknya, Dubrovnik menawarkan serangkaian pengalaman budaya, dari Festival Musim Panas Dubrovnik yang menampilkan teater, balet, dan film, hingga masakan Mediterania tradisional yang dapat dinikmati di banyak restoran dan kafe.

Nice, Prancis

Berada di Riviera Prancis, Nice menyambut pelaut dengan pantai kerikilnya dan air biru jernih. Saat Anda berlayar ke Baie des Anges (Teluk Malaikat), Promenade des Anglais, jalur panjang di sepanjang pantai dengan pohon palem dan hotel-hotel bersejarah, menyambut Anda. Tapi Nice tidak hanya tentang pesona pantainya.

Kota Tua, atau Vieux Nice, adalah labirin gang dengan pasar yang ramai, gereja Barok, dan alun-alun yang bergema dengan suara jazz dan tawa. Penggemar seni dapat menikmati karya Matisse dan Chagall di museum kota.

Nice juga merupakan surga kuliner, dengan perpaduan masakan Prancis dan Italia. Mulai dari socca (panekuk kacang-kacangan) hingga ratatouille, setiap hidangan adalah perayaan rasa. Dan saat malam tiba, kota itu menyala, dengan festival, karnaval, dan musik, mencerminkan joie de vivre Riviera Prancis.

4. Ragam Aktivitas Laut dalam Perjalanan Layar

Berlayar di Eropa membuka peluang tak terbatas untuk beragam aktivitas laut yang menarik. Pantai Eropa yang luas memberikan kesempatan emas untuk berbagai kegiatan:

  • Menyelam dan Snorkeling: Jelajahi keajaiban bawah laut Eropa yang kaya, mulai dari reruntuhan kapal karam hingga ekosistem laut yang berwarna-warni.
  • Memancing: Rasakan kepuasan memancing ikan lokal, yang bisa langsung Anda nikmati segar setelah dipanggang di atas kapal.
  • Kayaking dan Paddleboarding: Dapatkan pengalaman yang lebih intim dengan alam saat Anda mendayung di sekitar keindahan garis pantai, sekaligus menjaga kebugaran tubuh.

5. Perjalanan Hemat dan Ramah Lingkungan dengan Layar

Berlayar di Eropa bukan hanya tentang petualangan, tetapi juga tentang menjalani perjalanan yang efisien secara biaya dan ramah lingkungan:

  • Biaya Bersama: Berlayar bersama teman atau keluarga berarti biaya sewa dan pengeluaran lain dibagi rata, menjadikan perjalanan ini terjangkau bagi semua orang.
  • Ramah Lingkungan: Dengan mengandalkan tenaga angin, berlayar meninggalkan jejak karbon yang minimal dibandingkan dengan cara transportasi lain.
  • Kenyamanan Lebih: Perahu layar Anda adalah sarana transportasi dan akomodasi sekaligus, menghindarkan Anda dari kerumitan check-in dan check-out hotel.

Baca juga: Mengintip Waktu Terbaik Mengunjungi Karibia

Jika Anda mencari cara yang berbeda dan istimewa untuk mengeksplorasi keajaiban Eropa, perjalanan dengan layar adalah jawabannya. Menawarkan kebebasan untuk menjelajahi lokasi tersembunyi, keseruan dalam petualangan laut, dan momen-momen damai di bawah langit Eropa, petualangan ini menjanjikan pengalaman yang tak akan terlupakan.

TAGS

Baca Juga

Cincin Emas Berusia 1.500 Tahun Ditemukan di Denmark, Ungkap Kerajaan Tak Dikenal
Penemuan Cincin Emas Langka Usia 1.500 Tahun Buktikan Adanya Pangeran Tak Dikenal di Denmark
Olahraga 1-2 Hari Seminggu Efektif Menurunkan Berat Badan
Olahraga 1-2 Hari Seminggu Efektif Menurunkan Berat Badan
Kisah Pilu dari Makam Keluarga Kaya Romawi Berusia 1.800 Tahun
Kisah Pilu dari Makam Keluarga Kaya Romawi Berusia 1.800 Tahun
Pangkalan Pasukan Elit Romawi Berusia 1.800 Tahun Ditemukan di Dekat 'Armageddon'
Pangkalan Pasukan Elit Romawi Berusia 1.800 Tahun Ditemukan di Dekat 'Armageddon'
Lukisan Gua Berusia 8.200 Tahun di Argentina Dikelola 100 Generasi Leluhur
Lukisan Gua Berusia 8.200 Tahun di Argentina Dikelola 100 Generasi Leluhur
Perayaan Super Bowl Chiefs Berakhir Tragis, 1 Orang Tewas dan 21 Terluka dalam Penembakan
Perayaan Super Bowl Chiefs Berakhir Tragis, 1 Orang Tewas dan 21 Terluka dalam Penembakan