Mengenal Istilah Bipolar, Insecure, dan Introvert yang Menjadi Tren di Media Sosial

Bipolar Insecure dan Introvert

Lustrasi. [Canva]

Istilah bipolar, insecure, dan introvert lagi viral digunakan di media sosial. Apa maksud dari ketiga kata tersebut?

Cekricek.id – Di media sosial banyak bermunculan istilah dan kata-kata baru. Mereka bahkan dengan bangganya mengatakan kata-kata tersebut. Istilah yang paling terkenal saat ini adalah bipolar, insecure, dan introvert.

Kita sering melihat komentar “Kayaknya gue bipolar deh,”, “Aku merasa insecure dengan diriku sendiri,” atau “Aku orangnya introvert”.

Sebelum mengakui diri sendiri termasuk dalam tiga hal itu, kenali terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan ketiga istilah tersebut. Simak ulasan berikut.

Bipolar

Bipolar

Lustrasi. [Canva]

Bipolar termasuk dalam kondisi kesehatan mental yang membuat perubahan suasana hati ekstrem bagi seseorang. Sebutan ‘bipolar’ menggambarkan kondisi dua kutub mood yang berbeda.

Ada kalanya mereka mengalami periode saat mereka merasa sangat bahagia dan berenergi. Namun, ada kalanya juga mereka mengalami periode kesedihan, hilang harapan, depresi, dan lesu.

Periode bahagia dan penuh energi disebut dengan manik atau mania. Saat periode seperti ini penderita bipolar cenderung merasa punya energi berlebih, rasa percaya diri yang berlebihan, khayalannya tidak biasa, nyaris tak membutuhkan waktu tidur, bicara dengan cepat, mudah tersinggung, serta detak jantung tidak normal.

Periode kesedihan dan depresi ini penderita bipolar cenderung memiliki suasana hati yang tidak baik, kehilangan minat banyak hal, merasa tertekan, sedih, hampa, hingga putus asa, merasa tidak berharga, selalu dihinggapi perasaan gelisah, sulit berkonsentrasi, mudah lelah, hingga pernah merencanakan bunuh diri.

Baca juga: 6 Artis Ini Dulunya Mengidap Bipolar

Insecure

Insecure

Lustrasi. [Canva]

Insecure merupakan perasaan tidak aman, gelisah, dan takut yang muncul akibat perasaan bersalah, malu, dan ketidakmampuan akan sesuatu. Insecure ini sebenarnya merupakan hal wajar.

Namun, berbeda halnya jika kamu insecure secara berlebihan dan berlarut-larut karena akan berdampak buruk bagi dirimu sendiri.

Orang insecure ditandai dengan selalu memandang diri sendiri rendah, menghindari berinteraksi dengan orang lain, enggan untuk keluar dari zona nyaman, selalu membandingkan diri dengan orang lain, memiliki ketakutan yang berlebihan, dan haus akan pengakuan serta pujian dari orang lain.

Introvert

Introvert

Lustrasi. [Canva]

Introvert dianggap sebagai individu yang pendiam dan bijaksana. Orang yang introvert cenderung menarik diri ketika berada di tengah-tengah sekumpulan orang yang tidak mereka kenal baik.

Ciri-ciri orang introvert ini adalah mereka lebih menyukai menghabisakan waktu untuk diri sendiri serta bekerja sendiri, lebih suka menulis daripada berbicara, pendengar yang baik, lebih suka mengindari konflik, dan mereka juga lebih mudah stres di lingkungan yang ramai. [*/rik]

Baca Juga

Cekricek.id – Mempertahankan hubungan dengan pasangan yang sering merasa insecure memang tidak mudah. Pasangan tersebut, perlu memiliki cara yang ampuh untuk membuat dirinya dan si dia bisa terus berjalan awet dan tidak saling membelenggu satu sama lain.
4 Cara Pertahankan Hubungan dari Pasangan yang Mudah Insecure
Pentingnya untuk mengenal diri sendiri agar Kamu bisa mengetahui tujuan hidup sebenarnya yang telah dan akan dilakukan nantinya.
Sering Insecure dan Merasa Tidak Ada Tujuan Hidup? Ini Tips Kenali Diri Sendiri Agar Hidup Bahagia
Tips terbaru: Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa insecure atau rendah diri yang muncul pada diri sendiri.
Ini 4 Cara untuk Mengatasi Rasa Insecure
Berita gaya hidup, kesehatan, dan tips terbaru hari ini: Tipe-tipe orang introvert dapat Kamu kenali dengan tindakan berikut ini.
Tipe-tipe Orang Introvert, Apakah Kamu Termasuk?
Cekricek.id: inilah beberapa rekomendasi jurusan yang dapat kamu pilih jika memiliki kepribadian introvert. 
5 Jurusan yang Cocok Bagi Introvert
Berita Riau Hari Ini: Kronologi Polisi Dihadang Warga Saat Tangkap Bandar Narkoba di Pekanbaru
Kronologi Polisi Dihadang Warga Saat Tangkap Bandar Narkoba di Pekanbaru