4 Cara Pertahankan Hubungan dari Pasangan yang Mudah Insecure

Cekricek.id – Mempertahankan hubungan dengan pasangan yang sering merasa insecure memang tidak mudah. Pasangan tersebut, perlu memiliki cara yang ampuh untuk membuat dirinya dan si dia bisa terus berjalan awet dan tidak saling membelenggu satu sama lain.

Hubungan dengan pasangan insecure. [Foto: Canva]

Cekricek.id – Mempertahankan hubungan dengan pasangan yang sering merasa insecure memang tidak mudah. Pasangan tersebut, perlu memiliki cara yang ampuh untuk membuat dirinya dan si dia bisa terus berjalan awet dan tidak saling membelenggu satu sama lain.

Bisa saja kamu merasa lebih buruk setelah berbicara dengannya. Entah bagaimana, perselisihan apa pun yang terjadi dengan pasangan membuat kamu merasa tidak layak untuk dicintai. Perasaan ini mungkin saja menandakan kamu dan pasanganmu dalam hubungan yang tidak aman.

Orang yang tidak percaya diri cenderung mengeksternalisasi dan menyalahkan orang-orang di sekitar mereka atas perasaan tidak aman mereka. Kamu mungkin merasa marah karena dia tidak memenuhi ekspektasimu, dan ingin membalasnya, atau menyalahkan diri sendiri atas depresi.

Dia mungkin merasakan ketidakamanannya sendiri dan melampiaskannya padamu. Namun, kamu dapat mengubah hubungan tersebut ke arah yang lebih sehat dengan mengikuti beberapa tips.

Cara Menciptakan Hubungan Harmonis Meski Memiliki Pasangan Insecure

Melansir Your Tango, Minggu (15/01/2023), hubungan yang harmonis bisa diciptakan melalui empat cara berikut:

1. Utamakan kebutuhan pasangan di atas kebutuhan individu

Setiap pasangan perlu membuat komitmen terhadap kebutuhan hubungan di atas kepentingan masing-masing. Sebab, ketika insecure orang-orang hanya akan berfokus untuk memenuhi kebutuhan pribadi mereka sendiri.

Keduanya akan mendapat manfaat dari memberi kepada yang lain. Begitu kebutuhan pasangan ini terpenuhi, mereka juga lebih mampu memenuhi kebutuhan satu sama lain.

2. Lakukan upaya yang diharapkan untuk keluar hubungan yang tak sehat

Satu orang mungkin akan memberi namun tidak pernah menerima apa pun dari pasangannya. Di sisi lain, orang lainnya akan menerima namun tidak memberi. Apakah kamu melihat ketidakseimbangan di sini?

Idealnya, kedua pasangan akan memberikan upaya 100 persen setiap saat untuk orang yag dikasihinya. Maka keduanya akan terpenuhi kebutuhannya, tidak ada yang terabaikan dan pasangan sehat secara emosional

3. Jadilah orang yang 'aman'

Setiap pasangan memilih untuk menjadi orang yang aman bagi pasangannya. Kamu merenungkan perilakumu sendiri selama ini dan bertanya pada diri sendiri, "Apakah saya ingin diperlakukan seperti saya memperlakukan pasangan saya?"

Di lain waktu, seseorang dengan rasa insecure akan memperlakukan dirinya sendiri dengan buruk, dan memperlakukan orang lain lebih baik daripada memperlakukan dirinya sendiri. Orang-orang yang tidak percaya diri ini perlu bertanya pada diri sendiri, "Apakah saya akan memperlakukan sahabat saya dengan buruk seperti saya memperlakukan diri saya sendiri?"

Kemudian ubah pikiran dan perilaku menjadi lebih aman untuk diri sendiri dan orang lain. Saat rasa tidak aman berkurang, kamu akan menjadi lebih aman dan lebih mampu memberi pada hubungan tersebut.

4. Memiliki integritas pribadi

Katakan apa yang kamu maksud dan maksudkan apa yang kamu katakan. Individu yang tidak percaya diri cenderung melakukan sesuatu untuk menenangkan orang lain, atau untuk mendapatkan persetujuan dari orang lain.

Mereka akan mencoba menghindari konflik tetapi hanya menundanya. Sebaliknya, cobalah untuk mengatakan "tidak" saat kamu tidak berniat melakukan sesuatu atau ya saat ingin melakukannya. Dengan begitu kamu akan membangun persetujuan dirimu sendiri dengan mengembangkan integritas diri.

Baca juga: Cinta Laura Merasa Kurang Nyaman Jalani Hubungan Percintaan yang Bahagia

Itulah cara untuk mempertahankan hubungan jika salah satu di antara kamu dan pasanganmu memiliki sifat yang cenderung insecure.

Dapatkan update berita terkini dan berita terbaru Cekricek.id melalui Google News.

Baca Juga

Cekricek.id - Perasaan nyeri pada area payudara apakah menjadi tanda bagi kanker payudara?. Apalagi terasa nyeri membakar
Apakah Nyeri Seperti Terbakar di Payudara Merupakan Tanda Kanker Payudara?
Cekricek.id – Saat kecil, kita pasti terbiasa dengan minum susu setiap harinya. Bahkan sampai usia balita, minuman hangat tersebut berhasil menjadi favorit anak-anak di masa tersebut. Namun perlu diingat bahwa kita juga tidak boleh berlebihan mengonsumsinya.
Anak Minum Susu Terlalu Banyak, Bisa Bikin Gemuk
Resep Macaron, Kue Enak dan Lezat yang Bikin Ketagihan
Cara Membuat dan Resep Macaron, Kue Enak dan Lezat yang Bikin Ketagihan
Cekricek.id – Perempuan yang memiliki rambut pendek tetap bisa menatanya mereka dengan cara mencepol alias disanggul. Bahkan ada berbagai macam model yang bisa dijadikan inspirasi dalam hal tersebut.
3 Inspirasi Model Sanggul untuk Wanita Rambut Pendek, Sederhana Tapi Tetap Cantik
Dulu Dianggap Tumbuhan Liar, Ini Manfaat Buah Ciplukan yang Bisa di jual dengan Harga Selangit
Ini Manfaat Buah Ciplukan yang Dulu Tumbuhan Liar, Kini Dijual dengan Harga Selangit
Cekricek.id - Belakangan ini operasi lasik identik untuk memperbaiki serta mengatasi berbagai masalah mata, tapi tidak untuk jenis penyakit ini
Masalah Mata yang Tidak Dapat Dikoreksi dengan Operasi Lasik