Sering Insecure dan Merasa Tidak Ada Tujuan Hidup? Ini Tips Kenali Diri Sendiri Agar Hidup Bahagia

Pentingnya untuk mengenal diri sendiri agar Kamu bisa mengetahui tujuan hidup sebenarnya yang telah dan akan dilakukan nantinya.

Tips Kenali Diri Sendiri. [Foto: Ist]

Cekricek.id - Proses mengenali diri sendiri adalah hal yang paling basic yang harus terus Kamu lakukan dalam hidup. Dengan mengenal diri sendiri maka akan tahu bahwa kamu tahu kamu ini orang yang seperti apa.

Kepribadian kamu dimana, apa hal yang kamu suka dan gak kamu suka. Kamu juga bakal lebih tahu kekuatan diri yang bisa Kamu gunakan saat menghadapi masalah atau ketika Kamu lagi rentan. Pada akhirnya Kamu akan lebih mudah menerima dirimu.

Selain itu mengenal diri juga akan membuatmu tidak mudah iri dengan ucapan-ucapan orang lain karena semata-mata Kamu tahu bahwa setiap orang punya karakteristik yang berbeda-beda.

Kamu akan paham betul bagaimana karakteristik dirimu. Kamu akan paham bahwa kehidupan orang lain yang terlihat keren itu ternyata tidak cocok dengan dirimu. Di sana Kamu akan mengerti bahwa setiap orang bersinar dengan caranya sendiri.

Pada akhirnya Kamu akan lebih mudah merasa bahagia, puas, dan bersyukur dengan kehidupan yang Kamu jalani saat ini. Jika Kamu tidak mengenal diri sendiri, biasanya akan lebih rentan ketika dihadapi dengan adanya masalah. Hati lebih bergejolak dan emosi jadi lebih stabil.

Tips Kenali Diri Sendiri Agar Hidup Bahagia

Oleh sebab itu, inilah cara atau tips untuk mengenal diri sendiri agar membuat hidup tidak overthinking dan lebih bersyukur dengan keadaan yang kamu hadapi, dilansir dari kanal yotube SatuPersen, pada Sabtu (1/10/2022).

1. Jujur dan Terima Diri Sendiri

Sering Insecure dan Merasa Tidak Ada Tujuan Hidup? Ini Tips Kenali Diri Sendiri Agar Hidup Bahagia
Ilustrasi: Tips Kenali Diri Sendiri Agar Hidup Bahagia. [Canva]

Kamu harus jujur dan terima diri sendiri seperti apa pun keadaannya. Kamu bisa menerima dirimu sendiri yang bisa jadi ada satu sisi darimu yang Kamu tidak suka banget dan ingin diubah tapi belum tercapai hingga saat ini. Selain itu terima juga bahwa Kamu memiliki posisi yang mungkin selama ini orang suda sering mengatakannya padamu.

Apa pun yang Kamu temukan dalam proses ini terima terimah terlabih dahulu bahwa itu adalah bagian dari dirimu. Dari sekian banyak hal yang Kamu kenali, dari dirimu sendiri ialah hal yang paling esensial untuk dikenal.

2. Personality

Sering Insecure dan Merasa Tidak Ada Tujuan Hidup? Ini Tips Kenali Diri Sendiri Agar Hidup Bahagia
Ilustrasi: Tips Kenali Diri Sendiri Agar Hidup Bahagia. [Canva]

Kamu itu orangnya bagaimana sih? Terutama saat masih sendiri, keluarga, teman-teman, dan saat kamu berada di kerumunan orang asing. Bisa jadi Kamu orangnya pendiam kalau lagi di rumah, tapi heboh banget kalau lagi sama teman-teman.

Kamu bisa mengatasinya ikut mentoring agar lebih mengenal diri sendiri dan mengetahui kepribadian diri sendiri yang Kamu miliki.

3. Ketahui Kelebihan dan Kekurangan

Lampiran Gambar
Ilustrasi: Tips Kenali Diri Sendiri Agar Hidup Bahagia. [Canva]

Apa kelebihan dan kekuranganmu? Dengan mengetahui kelebihanmu, maka Kamu akan paham ahlinya di mana dan kekurangannya di mana. Kamu juga bisa mengembangkan diri lebih jauh dan akan membuat reputasimu lebih bagus.

Hal ini juga bisa bermanfaat untuk orang-orang di sekitarmu. Dengan mengetahui kekuranganmu, maka Kamu akan tahu apa yang harus dibenahi dari dirimu.

4. Value atau Prinsip yang Dianut

Sering Insecure dan Merasa Tidak Ada Tujuan Hidup? Ini Tips Kenali Diri Sendiri Agar Hidup Bahagia
Ilustrasi: Tips Kenali Diri Sendiri Agar Hidup Bahagia. [Canva]

Prinsip dan Value paling berdampak dalam proses saat pengambilan keputusan dalam sebuah masalah. Jangan berusaha terlalu keras untuk menemukan satu hal penting karena mungkin Kamu memiliki banyak.

Hal yang harus dilakukan sebaiknya ialah dengan cara membuta daftar semua value-value itu. Lalu nanti bisa mencari hal yang paling mengena di hati.

5. Perhatikan Tubuh

Lampiran Gambar
Ilustrasi: Tips Kenali Diri Sendiri Agar Hidup Bahagia. [Canva]

Seberapa pun ambisius yang kamu capai dalam sesuatu, Kamu harus tetap adil pada kondisi badan sendiri karena kondisi fisiklah yang akan berjuang sendiri. Kamu harus memenuhi haknya atas nutrisi yang cukup.

Setidaknya hari ini dia masih bernafas, masih berdetak, dan masih memberikan Kamu kesehatan untuk hidup setidaknya satu hari lagi.

6. Tujuan Hidup, Cita-cita, dan Prioritas

Lampiran Gambar
Ilustrasi: Tips Kenali Diri Sendiri Agar Hidup Bahagia. [Canva]

Di dunia yang sementara ini apa sih yang benar-benar ingin Kamu capai? Dalam arti kata ini bisa membuat hidupnya bermakna. Dengan mengetahui apa tujuan hidupmu, kamu kemudian baru otomatis tahu mana hal yang masuk dalam daftar prioritas Kamu dan mana yang tidak.

Baca juga: Manfaatkan Teknologi, Ini 5 Tips Meraup Penghasilan Lewat Internet

Perlu diingat juga untuk mencapai itu semua tentunya Kamu butuh perencanaan dan konsistensi.

Dapatkan update terkini dari Cekricek.id melalui Google News.

Baca Juga

Cekricek.id - Resep mie ayam istimewa bisa dijadikan salah satu menu andalan untuk santap keluarga. Tidak hanya bisa dibeli, para ibu di rumah juga bisa memasaknya sendiri dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan.
Resep Mie Ayam Istimewa, Rasanya Nggak Kalah Enak dari Buatan Warung
Cekricek.id - Bersyukur tak hanya sebagai upaya seseorang menerima keadaannya dengan lapang dada. Namun, perasaan ini juga memiliki banyak dampak posifit bagi tubuh baik secara fisik, mental, spiritual bahkan membuat seseorang dapat berumur panjang.
Cara Gampang Memperpanjang Umur Tanpa Ribet, Sering-sering Bersyukur
Cekricek.id - Tidur adalah kegiatan rutin yang harus dilakukan orang setiap harinya. Normalnya, jam tidur yang baik adalah ketika malam hari sebelum jam sebelas sampai pagi hari hingga total waktu delapan jam. Namun, pernahkan kamu tahu kenapa makhluk hidup terutama manusia harus tidur?
Dampak Negatif Kurang Tidur, Bisa Sebabkan Kanker Hingga Gangguan Mental
Cekricek.id - Film "Transformers: Rise of the Beasts," sudah merilis trailer teaser serta jadwal tayang perdananya di bioskop. Film produksi Paramount Pictures akan dibintangi oleh Anthony Ramos, Dominique Fishback dan Peter Cullen yang akan mengulangi perannya sebagai pengisi suara Optimus Prime.
Film Transformers: Rise of the Beasts, Berikut Jadwal Tayangnya
Cekricek.id - Ayam goreng saus Vietnam bisa dijadikan sebagai salah satu menu andalan makan siang di rumah. Bahan-bahan dan cara memasaknya pun cukup mudah untuk diikuti oleh para ibu rumah tangga.
Resep Ayam Goreng Saus Vietnam Ala Chef Devina Hermawan, Cocok Jadi Menu Makan Siang Andalan
Cekricek.id - Sebenarnya ada sejumlah kiat atau cara untuk menghadapi orang tua yang memiliki sifat keras dan mengutamakan duniawi
Cara Menghadapi Orang Tua yang Keras dan Lebih Mengutamakan Urusan Duniawi