Lagi-lagi, Gempa Berkekuatan M 5,0 Guncang Mentawai Sumbar

Berita terkini: Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menegaskan bahwa M 8,9 bukan prediksi gempa melainkan sebagai mitigasi bencana.

Ilustrasi. [Cekricek.id]

Cekricek.id - Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat (Sumbar) kembali diguncang gempa. Kali ini gempa berkekuatan 5,0 Magnitudo (M) mengguncang kawasan tersebut, Rabu (21/9/2022). Gempa bumi terjadis ekira pukul 05.25 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam rilisnya menyatakan titik gempa bumi berada di 144 kilometer Barat Laut Kepulauan Mentawai, Sumbar.

"Kedalaman gempa dengan kekuatan 5,0 tersebut berada pada 10 kilometer," seperti tulis akun twitter @infoBMKG.

Lokasi gempa berada pada 1.17 Lintang Selatan (LS) dan 98.57 Bujur Timur (BT).

BMKG menyatakan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa atas kejadian tersebut. Namun BMKG meminta masyarakat tetap waspada terhadap kemungkinan gempa susulan yang mungkin saja bisa terjadi lagi.

Gempa di Mentawai Sebelumnya

Sebelumnya, gempa juga mengguncang Kepulauan Mentawai. Gempa bumi dengan magnitudo 5,1 mengguncang kawasan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat (Sumbar). Gempa terjadi pada Senin (12/9/2022) dini hari.

Badan Meteorologi, Klimatolog dan Geofisika (BMKG) menyatakan pusat gempat berada di laut yakni 147 kilometer Barat Laut Kepulauan Mentawai.

"Koordinat gempa Mentawai terjadi di 1,22 Lintang Selatan (LS) dan 98,5 Bujur Timur (BT) di kedalaman 10 kilometer," tulis BMKG dalam akun Twitter resminya @infoBMKG.

Baca Juga: Usai Gempa M 6,2, Mentawai Kembali Diguncang Gempa M 5,1

Skala intensitas gempa berada pada kategori IV-V MMI ("Modified Mercalli Intensity") di wilayah Sagulubeg, kategori III di Padang, dan III di daerah Padang Panjang.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Berita terkini: Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menegaskan bahwa M 8,9 bukan prediksi gempa melainkan sebagai mitigasi bencana.
Usai Gempa M 6,2, Mentawai Kembali Diguncang Gempa M 5,1
Berita terkini: Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menegaskan bahwa M 8,9 bukan prediksi gempa melainkan sebagai mitigasi bencana.
Gempa Nias Selatan, BMKG: M 8,9 Bukan Prediksi Gempa, Tapi Mitigasi Bencana
Berita Terbaru: Gempa tektonik dengan kekutan (magnitudo) 6,9 mengguncang wilayah Pantai Selatan Nias Selatan, Sumatera Utara
Penjelasan BMKG Terkait Gempa 6,9 yang Mengguncang Pulau Nias Sumut
Berita Terbaru: Gempa dengan kekuatan 6,9 mengguncang Pulau Nias Sumatra Utara (Sumut), guncangan gempa juga terasa kuat di Sumatra Barat (Sumbar)
Gempa Bumi Berkekuatan 6,9 Guncang Pulau Nias Sumatra Utara
nyebabkan 7 orang meninggal dunia dan puluhan lainnya alami luka
1.736 Rumah di Pasaman Telah Terverifikasi Rusak Akibat Gempa, 4.831 Lainnya Masih Diverifikasi
Berita terbaru: Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh malam ini diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 5,9. BMKG menyatakan gempa tidak berpotensi tsunami
Aceh Diguncang Gempa Berkekuatan M 5,9