Momen Haru Bayi Kembar Siam Melakukan Kontak Mata Pertama Kalinya Setelah Operasi Pemisahan

Momen Haru Bayi Kembar Siam Melakukan Kontak Mata Pertama Kalinya Setelah Operasi Pemisahan

Momen haru bayi kembar siam melakukan kontak mata untuk pertama kalinya setelah berhasil melakukan operasi pemisahan 12 jam. [istimewa]

Cekricek.id - Bayi kembar siam yang lahir saling berhadapan kini telah melakukan kontak mata untuk pertama kalinya. Kedua bayi itu telah menjalani operasi pemisahan selama 12 jam yang dilakukan ahli bedah.

Melansir dari Daily Star pada Minggu (18/9/2022), bayi kembar siam yang lahir pada Agustus tahun lalu itu akhirnya dapat menjalani operasi pemisahan di Pusat Medis Universitas Soroka di Be'er Sheva, rumah sakit Israel. Operasi rumit itu dibantu oleh para ahli dari dari Rumah Sakit Great Ormond Street di London, Inggris.

Kedua bayi perempuan itu lahir dengan bagian belakang kepala menyatu. Prosedur pemisahan yang berhasil dilakukan itu akhirnya membuat bayi kembar itu dapat melakukan oktak mata untuk pertama kalinya.

Menurut Sky News, prosedur tersebut melibatkan rekonstruksi tengkorak dan cangkok kulit kepala. Operasi itu bahkan dirancang selama berbulan-bulan, termasuk dengan membuat simulasi model realitas virtual 3D dari bayi kembar itu.

Kepada Channel 12 Israel, Kepala departemen bedah plastik rumah sakit, Eldad Silberstein mengatakan bawa kedua bayi perempuan itu kini dalam kondisi yang baik. Mereka telah bisa bernafas dan makan sendiri.

Momen Haru Bayi Kembar Siam Melakukan Kontak Mata Pertama Kalinya Setelah Operasi Pemisahan
Momen haru bayi kembar siam melakukan kontak mata untuk pertama kalinya setelah berhasil melakukan operasi pemisahan 12 jam. [istimewa]

Sementara ahli bedah saraf pediatrik di Rumah Sakit Great Ormond Street, Dr Owase Jeelani menambahkan bahwa operasi pemisahan bayi kembar siam itu berjalan sangat baik.

“Saya senang seberapa baik seluruh tim telah melakukannya, ini adalah tim yang sangat baik di sini dan merupakan kesenangan nyata untuk menjadi bagian dari dia," katanya.

Dikutip dari Jerusalem Post, prosedur itu telah melibatkan 50 ahli bedah. Mereka semua hadir di rumah sakit pada hari operasi pemisahan dilakukan. Pertama-tama mereka merencanakan bagaimana operasi akan dilakukan menggunakan pencitraan 3D dan teknologi realitas virtual.

Selama operasi rumit itu, ahli bedah harus memisahkan dan menutup pembuluh darah, lalu membelah dan merekonstruksi tulang tengkorak bayi kembar itu. Setelah berhasil memisahkan tengkorak bayi kembar itu, tim dokter kemudian menutupnya dengan kulit.

Momen pertama kali bayi kembar siam itu melakukan kontak mata pun dibagikan oleh tim dokter. Hal itu berhasil membuat banyak orang terharu dengan keberhasilan operasi pemisahan itu.

Baca juga: Wow, Ibu Muda Ini Lahirkan 9 Bayi Kembar

Berdasarkan penelitian dari University of California's UC Davis Health tahun lalu, satu dari dari 2,5 juta kelahiran diyakini menghasilkan kembar siam 'kraniopagus'. Beberapa dari mereka berhasil dipisahkan melalui prosedur operasi rumit. Namun ada pula yang tumbuh tetap menyatu selama hidupnya.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Cekricek.id - Ternyata masih ada sejarah yang belum terkuak berkaitan dengan Kota Batu Zanzibar. Ternyata ada sejarah tersembunyi kota tersebut
Menguak Sejarah Tersembunyi Kota Batu Zanzibar
Sepasangn kekasih tertangka basah oleh teman-temannya yang sedang berduaan di dalam kamar kos, ia ngumpet di dalam selimut.
Viral Sepasang Kekasih Tertangkap Basah Ngamar Dikos-kosan, Ngumpet di Dalam Selimut
Viral sebuah video yang memperlihatkan persahabatan dua orang pria paruh baya asal Malaysia yang berhasil membuat netizen terenyuh.
Meski Pun Buta, Pria Ini Setiap Hari Datag Tunaikan Salat Fardu ke Masjid
Wanita ini panen hujatan dari warganet lantaran bercadar namun berpakaian ketat dan joget TikTok tanpa ada rasa malu.
Viral Wanita Joget dengan Pakaian Ketat dan Bercadar, Netizen: Ini Konsepnya Gimana?
Seorang petugas kebersihan terlihat begitu santai saat menyapu di sekitar kawanan komodo yang tengah tidur tanpa ada rasa takut sama sekali.
Pria Ini Dijuluki Dewa Komodo, Aksinya Santai Saat Menyapu Dekat Binatang Buas Jadi Sorotan
Seorang emak-emak menolak untuk membayar Cash On Delivery (COD) padahal sudah membuka paket yang ia pesan.
Ibanya Nasib Kurir COD ini, Paket Sudah Dibuka Tapi Emak-emak Hamil Ini Malah Tak Mau Bayar