Cara Mencegah Sakit Kepala Akibat Paparan Sinar Matahari yang Menyengat

Cekricek.id - Mungkin kamu pernah merasa sakit kepala saat menghabiskan waktu di luar ruangan atau saat berjemur di bawah sinar matahari siang yang terik. Gejalanya, ditandai dengan rasa sakit berdenyut di bagian belakang kepala atau di sekitar pelipis. Meski begitu, kamu tak perlu khawatir karena ada banyak cara yang bisa mengobati dan mencegah sakit kepala itu timbul.

Ilustrasi sakit kepala karena cuaca panas. [Foto: Health Digest]

Cekricek.id - Mungkin kamu pernah merasa sakit kepala saat menghabiskan waktu di luar ruangan atau saat berjemur di bawah sinar matahari siang yang terik. Gejalanya, ditandai dengan rasa sakit berdenyut di bagian belakang kepala atau di sekitar pelipis. Meski begitu, kamu tak perlu khawatir karena ada banyak cara yang bisa mengobati dan mencegah sakit kepala itu timbul.

Cara Mencegah Sakit Kepala Akibat Paparan Sinar Matahari

Namun, penting untuk dicatat bahwa jika kamu atau orang lain mengalami gejala sakit kepala dengan demam di atas 103,5 derajat Fahrenheit, berbicara tidak jelas, atau mulai muntah, maka harus segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan intensif.

Terminologi yang digunakan untuk menggambarkan sakit kepala dan migrain yang disebabkan oleh panas matahari mungkin membingungkan karena panas itu sendiri tidak menyebabkan sakit kepala secara langsung. Sebaliknya, panas hanya menjadi pemicu yang menyebabkan sakit kepala atau migrain yang menyakitkan.

Oleh karena itu, kita yang harus bisa mengidentifikasi, mengobati, dan mencegah sakit kepala dan migrain yang disebabkan oleh panas matahari itu.

Mengenali dan Meredakan Pemicu Sakit Kepala Karena Cuaca Panas

Melansir Health Digest, sakit kepala dan migrain yang disebabkan oleh panas dapat diperburuk selama cuaca yang lebih hangat dan suhu yang panas, tetapi ada beberapa pemicu yang dapat memicu sakit kepala atau migrain yang parah.

Dehidrasi dan penyakit yang berhubungan dengan panas, seperti kelelahan karena panas atau serangan panas, dapat menyebabkan sakit kepala atau migrain yang disebabkan oleh panas sebagai efek samping.

Pemicu lainnya termasuk paparan sinar matahari yang berlebihan, paparan panas setelah melewatkan makan atau melewatkan pengobatan, dan melakukan olahraga atau aktivitas fisik yang intens ketika cuaca panas.

Menurut Baylor College of Medicine , panas bisa menjadi pemicu timbulnya migrain bagi seseorang yang memang sudah rentan mengalami migrain. Untuk mencegah pemicu migrain, rekomendasi termasuk minum banyak air sebelum, selama, dan setelah orang tersebut menghabiskan waktu di luar.

Selain itu, istirahat teratur dari aktivitas di luar ruangan juga dibutuhkan. Metode pengobatan lain untuk sakit kepala atau migrain yang disebabkan oleh cuaca panas mencakup metode holistik dan pilihan berbasis pengobatan.

Pengobatan di rumah untuk mengobati sakit kepala atau migrain yang disebabkan oleh cuaca panas ini bisa menggunakan minyak esensial, seperti peppermint dan lavender untuk bersantai. Bisa juga dengan mengoleskan kompres dingin ke dahi, dan minum teh herbal dingin atau es.

Baca juga: Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan, Mitos Atau Fakta?

Obat-obatan yang dijual bebas seperti acetaminophen, atau dikenal sebagai tylenol, dan ibuprofen juga dapat meredakan sakit kepala atau migrain. Selain minum banyak air untuk mencegah sakit kepala atau migrain akibat cuaca panas, cobalah untuk memasukkan elektrolit ke dalam minuman olahraga saat suhu badan naik atau ketika kamu akan menghabiskan banyak waktu di luar di bawah sinar matahari.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Cekricek.id - Sudah banyak yang tahu bahwa apel memiliki segudang manfaat kesehatan bagi tubuh. Tetapi, pernah kamu memanfaatkan buah apel sebagai salah satu bahan perawatan kulit? Faktanya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambahkan apel ke dalam rutinitas perawatan kulit yang dapat mendukung kesehatan kulit.
Jarang yang Tahu, Ini Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Kulit
Cekricek.id – Fobia adalah rasa takut berlebihan yang dirasakan seseorang terhadap sesuatu atau situasi tertentu. Misalnya takut pada binatang tertentu, pada benda atau tempat-tempat atau objek tertentu. Rasa takut berlebihan ini bisa terjadi pada siapa saja dan umumnya terjadi pada orang yang sudah berusia remaja hingga dewasa.
Mengapa Orang Miliki Fobia Terhadap Sesuatu? Ini Jawabannya
Ada banyak orang di muka bumi ini yang ingin segera hamil untuk melanjutkan keturunan, inilah beberapa tips agar kamu cepat hamil.
Sudah Lama Impikan Buah Hati, Ini Tips Cara Cepat untuk Bisa Hamil
Cekricek.id - Sakit kepala adalah kondisi yang sangat umum, dengan hampir setengah populasi dunia mengalaminya, baik itu sesekali atau mungkin lebih sering. Selain itu, setengah hingga tiga perempat orang dewasa di seluruh dunia, antara usia 18-65 tahun, pernah mengalami sakit kepala dalam setahun terakhir dan 30% di antaranya adalah migrain .
Bisakah Obati Migrain dengan Hanya Dikompres Pakai Es?
Beberapa tips sederhana dalam hidup dapat membuat manusia panjang umur, termasuk salah satunya adalah menjaga kesehatan.
Simak, 8 Tips Ini Bisa Bikin Kamu Panjang Umur
Cekricek.id - Keratin adalah protein penting yang diproduksi tubuh kita secara alami untuk membentuk kuku, kulit dan juga rambut. Tingkat keratin yang sehat dapat meningkatkan kekuatan dan penampilan ketiga hal tersebut. Terutama untuk rambut, ada sejumlah makanan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kadar keratin kita.
Ingin Punya Rambut Sehat? Ini 5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi