Mulai Sekarang Berhenti Membuka HP Saat Bangun Tidur, Ini Dampak Buruknya

Berita terbaru hari ini: Dampak Membuka HP saat bangun tidur

Ilustrasi. [Canva]

Berita terbaru hari ini: Jika kamu memiliki kebiasaan langsung membuka HP saat bangun tidur, maka mulai sekarang hindarilah kebiasaan itu, karena berdampak buruk untuk kesehatan.

Cekricek.id – Kebanyakan orang memiliki kebiasaan membuka atau mengecek handphone saat dirinya baru bangun tidur. Kebiasaan ini ternyata sangat berdampak buruk bagi aktivitas kita dalam sehari-hari.

Menurut riset Lembaga Data Internasional (IDC) ditemukan sekitar 80% pengguna smartphone mengecek ponsel mereka selama 15 menit setelah bangun.

Kebiasaan ini seharusnya dihilangkan karena kamu akan mendapatkan beberapa masalah pada dirimu sendiri. Nah, apa saja masalah tersebut? Dilansir dari Medium, berikut masalah yang akan kamu alami saat mengecek handphone tepat ketika kamu baru bangun tidur.

Dapat memicu stres dan cemas

Saat kamu bangun dan langsung mengecek handphone kamu akan dibombardir dengan pesan, tugas, pekerjaan, dan juga stimulan lainnya. Hal ini tentunya akan membuat kamu menjadi stres dan rasa cemas akan menyelimuti dirimu. Stres ini dipicu oleh kesiapan otakmu yang belum bisa menerima informasi baru itu.

Dr Nikole Benders yang merupakan seorang psikiater mengatakan bahwa secara langsung mengecek handphone setelah terbangun bisa memulai hari dengan cara yang lebih mungkin meningkatkan stres dan membuat kamu merasa kewalahan.

Waktumu akan terbuang sia-sia

Dengan mengecek notifikasi dari media sosialmu seperti whattaps, instagram, ataupun twitter saat kamu baru bangun tidur, pikiranmu akan terfokuskan dengan sederet notifikasi di handphone. Waktumu akan terbuang sia-sia karena media sosial.

Perlu diketahui, media sosial sekarang menjadi salah satu penyebab terhambatnya aktivitas seseorang. Apalagi kecanduan media sosial lebih kuat daripada kecanduan rokok dan minuman alkohol.

Baca juga: Karena Inikah Alasan Laki-laki Tidak Boleh Pakai Emas Secara Ilmiah?

Pikiran jadi terganggu

Ketika kamu baru bangun tidur, otak kamu masih belum bisa menerima banyak informasi yang ada dalam Handphone-mu. Saat itu kamu akan merasakan pusing dan nyeri di bagian kepala.

Para ahli mengatakan informasi yang terlalu banyak didapatkan saat bangun tidur akan mengganggu kemampuan seseorang yang pada akhirnya bisa mengacaukan produktivitas kerja seseorang. Di mana kemampuan seseorang untuk fokus bisa menurun secara drastis.

Untuk mengecek handphone ada baiknya dilakukan setelah kamu terbangun selama satu jam. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan detoks digital yang dijalankan. Detoks digital ini adalah kegiatan untuk menghentikan pemakaian teknologi sejenak.[*/rik]

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Realme 9 Pro, Smartphone Pertama dengan Kamera Flagship Sony IMX766 + OIS
Realme 9 Pro, Smartphone Pertama dengan Kamera Flagship Sony IMX766 + OIS
Seorang wanita menangis usai membukak paket kiriman yang dipesannya di aplikasi Tiktok secara online, Selasa (29/6/2022).
Viral, Wanita Tertipu Belanja Ponsel di Tiktok Diisi Pakai Papan Balok
Seorang perawat bernama Megan Rox yang bekerja di salah satu rumah sakit di Birmingham Inggris banting stir menjadi model majalah dewasa.
Perawat Cantik Ini Beralih Profesi Menjadi Model "Panas"
Atlet Ini Kehilangan Rahang Setelah Minum 1400 Lebih Botol Air Radioaktif
Atlet Ini Kehilangan Rahang Setelah Minum 1400 Lebih Botol Air Radioaktif
Bayi tewas karena narkoba
Polisi Tangkap DJ Perempuan Berinisial J, Pernah Jadi Model
Warganet suarakan boikot Serial The Umbrella Academy 3 karena dianggap melecehkan agama Islam dengan menuliskan Lafadz Allah di lantai.
Viral Lafadz Allah Ditulis di Lantai yang Tayang Dalam Film The Umbrella Academy 3 di Netflix