Tidak Banyak Diketahui, Ini 3 Fakta Komodo Hewan yang Bisa Memakan Bayinya Sendiri

Berita terbaru hari ini: Fakta Komodo

Komodo. [Canva]

Berita terbaru hari ini: Inilah 3 fakta komodo yang tidak banyak diketahui, dari hewan kanibal hingga memiliki air liur yang mematikan.

Cekricek.id – Komodo merupakan kadal raksasa yang dikenal menakutkan. Pasalnya, binatang ini mampu membunuh rusa, babi hutan, serta kerbau sekalipun dengan gigitan yang sangat mematikan.

Sebenarnya, komodo termasuk hewan purba yang sudah ada sejak ratusan hingga ribuan tahun lalu. Namun, keberadaan komodo sendiri baru ditemukan pada tahun 1912.

Hewan purba bernama latin Varanus Komodoensis ini memiliki ukuran 2,7 hingga 3 meter dengan bobot yang mencapai 166 kg. Tak ayal, mereka memiliki selera makan yang besar.

Menariknya lagi, komodo betina tidak memerlukan komodo jantan untuk berkembang biak. Komodo betina bertelur melalui proses partenogenesis di mana sel telur akan saling membuahi satu sama lain.

Selain dari hal tersebut, ada beberapa fakta lagi tentang komodo ini. Dilansir dari Suara, berikut ada 3 fakta yang tidak banyak diketahui orang tentang komodo.

Sangat langka

Berita terbaru hari ini: Komodo sangat langka

Komodo merupakan hewan langka dan hanya terdapat di negara Indonesia saja. Di Indonesia sendiri komodo hanya ada di pulau Komodo, pulau Rinca, Gill Motang, dan Gili Dasami Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Komodo ini memiliki sifat alami homebodies yakni anak rumahan yang sesungguhnya. Mereka tidak pernah meninggalkan tanah kelahirannya sepanjang hidup.

Komodo jika sudah merasa lebih aman serta nyaman dengan tempat kelahirannya, mereka tidak ingin menjelajah daerah lain.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Indonesia yang Punya Cerita Legenda

Karnivora dan kanibal

Berita terbaru hari ini: Komodo Karnivora dan kanibal

Komodo termasuk hewan karnivora yakni hewan pemakan daging. Mereka memang bukanlah hewan yang ramah. Saat sedang lapar, komodo bisa menjadi kanibal.

Seekor komodo dewasa tak segan-segan memangsa dan menyerang komodo yang lebih kecil. Tidak sampai di situ saja, bayinya pun juga diembatnya.

Komodo juga lebih suka memakan bangkai. Bahkan, mereka bisa mencium bau bangkai yang berjarak 10 kilometer.

Tak ayal, komodo kerap kali menggali makam manusia dan memakan jenazah yang telah dikuburkan tersebut.

Punya liur yang berbisa

Berita terbaru hari ini: Komodo Punya liur yang berbisa

Air liur yang dihasilkan oleh komodo ini sangat berbahaya. Pasalnya, mengandung racun dari 50 bakteri yang bersarang di mulut komodo. Bakteri itu memiliki sifat patogenik yakni dapat membuat infeksi kepada makhluk hidup lainnya yang menimbulkan efek sakit.

Kelenjar racun pada komodo sendiri terdapat di rahang bawahnya. Racun dari komodo ini dapat menghambat atau bahkan mencegah pembekuan darah secara normal. Dengan racun dan bakteri ini komodo dapat membunuh korbannya dalam waktu beberapa hari saja.

Baca juga: Philophobia, Inilah Tanda Kamu Mengalami Fobia Jatuh Cinta

Air liur komodo ini banyak dibutuhkan oleh para ilmuwan serta peneliti untuk melakukan penelitian tentang racun dan bakteri apa yang ada di dalam air liur komodo ini. Sehingga membuat air liurnya berbisa. [*/rik]

---

Baca berita terbaru hari ini hanya di Cekricek.id

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Info kesehatan: Rambut rontok dapat disebabkan oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Berikut ini beberapa faktor penyebab rambut rontok.
5 Faktor Penyebab Rambut Rontok, karena Stres Hingga Pengaruh Diet
Info terbaru: berikut ini tanda-tanda sebuah hubungan telah mengarah ke toxic relationship dan cara mengatasinya.
Ini Tanda-tanda Toxic Relationship dan Cara Mengatasinya
Info unik: Rebahan sering diidentikkan dengan malas, namun ternyata tidak selalu buruk, ini lima manfaat rebahan yang dapat dirasakan seseorang.
Tidak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Rebahan
Berita terkini: trust issue atau krisis kepercayaan ini membuat si penderitanya menjadi orang pesimis, overthinking, dan sulit berkomitmen.
Mengenal Trust Issue, Krisis Kepercayaan dalam Hubungan Sosial
Info kesehatan: Banyak pekerja menghabiskan waktunya dengan duduk sambil bekerja, Dibalik itu ternyata menimbulkan penyakit
4 Hal yang Harus Dipahami Ketika Harus Duduk dalam Waktu yang Lama
Info terbaru, manfaat gosip: Bergosip ternyata dapat memberikan beberapa manfaat yang selama ini tidak disadari banyak orang.
Tidak Selalu Negatif, Ini 5 Manfaat Seseorang Suka Bergosip