5 Faktor Penyebab Rambut Rontok, karena Stres Hingga Pengaruh Diet

Info kesehatan: Rambut rontok dapat disebabkan oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Berikut ini beberapa faktor penyebab rambut rontok.

Rambut rontok. [Canva]

Info kesehatan: Rambut rontok dapat disebabkan oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Berikut ini beberapa faktor penyebab rambut rontok.

Cekricek.id - Masalah rambut rontok tampaknya dialami hampir sebagian besar orang, terutama kaum hawa. Kerap tampil dengan gaya rambut panjang, membuat beberapa wanita pasti pernah mengalami masalah rambut rontok.

Rambut rontok sendiri dapat disebabkan oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal.

Dilansir dari mayoclinic.org, rambut rontok dapat disebabkan karena faktor kondisi medis, keturunan dan bahkan perubahan hormon dari penuaan.

5 Faktor Penyebab Rambut Rontok

Info kesehatan: Rambut rontok dapat disebabkan oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Berikut ini beberapa faktor penyebab rambut rontok.

Jika dibiarkan terus terjadi seseorang bisa saja mengalami kebotakan karena masalah rambut rontok ini.

Lantaran hal itu, sangat penting untuk mengetahui faktor penyebab masalah rambut rontok itu agar dapat memberikan perawatan yang sesuai.

Stres

Sebagian besar orang yang tengah stres pasti mengalami masalah rambut rontok. Biasanya jenis stres yang menyebabkan rambut rontok yakni telogen effluvium.

Ketika stres tubuh akan membuat folikel Anda tidak aktif. Hal ini dapat membuat rambut yang berada di tengah siklus pertumbuhan dapat terputus.

Lantaran hal itu untuk mengurangi rambut rontok usahakan membuat tubuh rileks dan hindari stres.

Kena Panas Berlebih

Panas berlebihan dapat membuat rambut rapuh dan rontoh. Biasanya hal ini dialami ketika menggunakan hair dryer dan catokan rambut terlalu sering. Rambut yang terlalu sering terkena panas dapat merusak kutikula.

Cuaca

Tidak jauh berbeda dengan penggunaan hair dryer dan catokan terlalu panas, rambut yang sering terpapar sinar matahari panas akan mudah rontok.

Tidak hanya itu, cuaca kering juga dapat mempengaruhi kerontokan rambut.

Penggunaan kondisioner setelah keramas penting dilakukan untuk menjaga rambut agar tetap lembab.

Sering Keramas

Seseorang yang terlalu sering keramas lebih berisiko alami kerontokan rambut. Hal ini dikarenakan rambut lebih kering dan mudah rontok.

Seseorang yang memiliki tipe rambut kering sebaiknya melakukan keramas mingguan. Jangan lupa untuk tetap menggunakan kondisioner ketika selesai memakai sampo.

Diet Ketat

Seseorang yang melakukan diet mungkin akan lebih banyak mengalami rambut rontok. Hal ini disebabkan nutrisi yang masuk ke tubuh lebih sedikit.

Baca juga: 6 Tahun Keramas Tanpa Shampo, Wanita Ini Merasa Rambutnya Lebih Sehat

Selain itu diet juga membuat gizi yang masuk ke tubuh seseorang lebih berkurang. Lantaran hal itu rambut akan semakin rapuh dan mudah rontok.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Cekricek.id - Kebanyakan orang mengasosiasikan kanker payudara dengan benjolan di payudara. Tetapi tahukah kamu bahwa nyeri bahu juga bisa menjadi tanda peringatan dari kanker payudara tersebut? Meskipun gejala ini tidak umum, kanker payudara dapat menyebabkan nyeri pada bahu atau lengan atas.
Jangan Abai, Sering Merasa Nyeri di Bahu Bisa Menjadi Tanda Kanker Payudara
Cekricek.id - Luna Maya melalui unggahan di akun media sosialnya membagikan beberapa potret saat dirinya mengikuti Milan Fashion Week di Milan, Italia. Pada salah satu foto, artis cantik itu tampak berdiri bersanding dengan salah satu member boy band GOT7, Yugyeom.
Luna Maya Foto Bareng Yugyeom GOT7 di Milan, Kelas Pertemanannya Udah Jauh
Pitted keratolysis atau dikenal dengan sebutan telapak kaki berlubang merupakan infeksi yang terjadi pada kulit akibat bakteri.
Penyebab dan Cara Mengatasi Telapak Kaki Bolong-bolong Seperti Rumah Rayap (Pitted Keratolysis)
Cekricek.id - Anya Geraldine membagikan potretnya saat dirangkul oleh suami Nagita Slavina, Raffi Ahmad. Melansir kolom komentar akun Instagramnya, netizen banyak yang menuliskan rasa khawatirnya jika terjadi drama perselingkuhan di antara keduanya. Meski hanya candaan, netizen kompa menuliskan komentar sejenis itu.
Dirangkul Raffi Ahmad, Netizen Khawatir Anya Geraldine Berubah Sifat Jadi Lidya Danira
Cekricek.id - Selama periode menstruasi, rahim wanita akan melepaskan lapisan endometrium yang memicu pelepasan prostaglandin. Prostaglandin menyebabkan rasa sakit, peradangan, kontraksi dan relaksasi otot polos. Kontraksi rahim saat melepaskan lapisannya menyebabkan kram menstruasi , biasanya terjadi di daerah perut dan pantat.
Kenapa Wanita Sering Mengalami Kram Pantat Saat Periode Menstruasi?
Cekricek.id - Meskipun air tidak memiliki sifat ajaib untuk membakar lemak, tapi air dapat membantu kamu menurunkan berat badan dengan cara yang tidak terduga. Hal itu memungkinkan karena air dapat membuat kenyang dan mencegah makan berlebihan.
Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan, Mitos Atau Fakta?