Beras Banyak Kutu? Jangan Khawatir Cukup Menggunakan 5 Cara Ini

Berita gaya hidup, kesehatan, dan tips terbaru hari ini: Mengatasi kutu beras atau Sitophilus oryzae dapat dilakukan dengan beberapa bahan.

Kutu beras. [Canva]

Berita gaya hidup, kesehatan, dan tips terbaru hari ini: Mengatasi kutu beras atau Sitophilus oryzae dapat dilakukan dengan beberapa bahan ini.

Cekricek.id - Kutu beras dengan nama latinnya Sitophilus oryzae memiliki panjang sekitar 3 mm. Kutu ini termasuk jenis serangga dan mempunyai kemampuan bertahan diri yang mumpuni seperti pura-pura mati saat disentuh atau saat dirinya sedang terancam.

Kutu beras tidak hanya terdapat di beras saja, tetapi juga ada di gandum, jagung, sereal, dan masih banyak lagi. Namun, umum kutu ini banyak didapatkan dalam beras.

Kutu beras betina mampu bertelur rata-rata 4 butir per harinya dan kalau sebulan bisa mencapai 150 butir. Mereka bisa hidup sampai 4 hingga 5 bulan lamanya. Namun, jika di musim panas mereka hidupnya hanya sampai 26 hingga 32 hari.

Kehadiran kutu beras tentunya sangat membuat pemilik beras kesal dan rugi akan kehadiran hama ini. Kutu beras biasanya sulit untuk dikendalikan apabila telah menyerang.

Mengatasi Kutu Beras

Apabila kutu beras telah menyerang beras kamu, maka kamu perlu segera mengusirnya. Berikut ada cara yang dapat kamu lakukan untuk mengusir kutu beras ini.

1. Bawang putih

Lampiran Gambar

Kutu beras dapat diatasi dengan menggunakan bawang putih. Kamu cukup siapkan irisan bawang putih, lalu letakkan di permukaan beras yang sudah dihamparkan di tampah.

Namun, jika kamu menggunakan bawang putih dapat mengubah rasa dan tekstur dari beras tersebut.

2. Air panas

Air panas juga sangat efektif dalam mengusir kutu beras. Caranya cukup sederhana, kamu hanya perlu meredam beras yang ada kutunya ke dalam air panas.

Setelah itu, kutu beras mengampung ke permukaan air dalam keadaan mati. Tidak hanya membunuh kutu beras saja, tetapi telur mereka juga ikut mati.

3. Cabai

Cabai bisa juga digunakan untuk mengusir kutu beras. Aroma pedas dan membandel dari cabai membuat kutu beras tidak tahan dan memilih untuk pergi.

Cabai yang digunakan untuk mengusir kutu beras adalah cabai kering. Kamu tinggal meletakkan cabai kering tersebut di dalam wadah penyimpanan beras.

4. Sinar matahari

Kutu beras tidak menyukai suhu yang panas. Jadi, kamu bisa memanfaatkan sinar matahari untuk mengusir kutu beras ini.

Caranya adalah tempatkan beras dalam sebuah wadah yang lebar atau nampan. Kemudian, jemur di bawah sinar matahari langsung selama beberapa jam.

5. Daun jeruk nipis

Daun jeruk nipis memiliki aroma yang cukup kuat. Aroma tersebut tidak disukai oleh kutu bera. Jadi, kamu bisa menggunakan daun jeruk nipis untuk mengusir kutu beras.

Caranya dengan meletakkan beberapa lembar daun jeruk nipis pada wadah penyimpanan beras.

Nah, itulah cara mengatasi kutu beras. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Mengatasi Kaki Pecah-pecah dengan Bahan Alami

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id. Bergabung di Grup Telegram kami, klik link: Cekricek News Update, dan Grup Facebook, klik link: Sekilas Info.

Tag:

Baca Juga

Kantung mata
Gak Pede karena Kantung Mata? Ini Cara Mudah Menghilangkannya
Mengisi waktu luang
Jauhi Ponsel, Ini Pilihan Aktivitas untuk Mengisi Waktu Luang Anda
Pribadi yang asyik
Hilangkan Kebosanan, Ini Tips Jadi Pribadi yang Asyik
Wajah cantik alami
Berikut Tips Sehat untuk Tampil Cantik Alami
Kulit putih alami
Mau Kulit Putih Alami? Ini Bahan Alami yang Cocok dan Aman Untukmu
Kebiasaan orang sukses
Wajib Tahu, Ini Tujuh Kebiasaan Orang-orang Sukses