Resep Tom Yam Rumahan, Makanan Khas Thailand yang Nggak Bikin Ribet

Cekricek.id – Resep tom yam rumahan ini bisa dijadikan sebagai salah satu ide masakan para ibu di rumah untuk menyajikan makanan yang lebih variatif. Tom yam sendiri adalah sejenis sup yang berasal dari Thailand dan saat ini cukup populer dikonsumsi oleh masyarakat tanah air.

Resep tom yam. [Foto: Canva]

Cekricek.id Resep tom yam rumahan ini bisa dijadikan sebagai salah satu ide masakan para ibu di rumah untuk menyajikan makanan yang lebih variatif. Tom yam sendiri adalah sejenis sup yang berasal dari Thailand dan saat ini cukup populer dikonsumsi oleh masyarakat tanah air.

Sajian sup ini biasanya berbahan dasar udang, ayam, ikan, atau makanan laut yang dicampur dengan tambahan jamur. Selain itu, cita rasa masakan yang satu ini terbilang cukup unik karena adanya perpaduan banyak rempah, seperti cabe merah, cabe keriting, bawang putih, bawang merah, daun jeruk, batang sereh, hingga perasan jeruk nipis.

Untuk sajian kali ini, para ibu di rumah akan memasak sajian tom yam dengan menggunakan bahan utama yaitu jamur enoki, aneka seadood yang umum digunakan, tahu, kepada dan kulit udang, serta bumbu perancah khusus untuk sajian Thailand yang satu ini.

Cara memasaknya juga cukup sederhana, yaitu dengan menumis bumbu halus, begitu juga kepala dan kulit udang yang ditumis terpisah. Lalu memasaknya dengan air agar mendapatkan kaldu untuk ditambahkan ke masakan utama.

Setelah kaldu dari kepala dan kulit udang didapatkan, masukkan kembali bumbu tumis, serta bahan-bahan utama dan bumbu lainnya. Para ibu di rumah juga bisa menambahkan sayuran seperti sawi untuk membuat masakan tersebut lebih seimbang.

Resep Tom Yam yang Enak dan Sederhana

Melansir Instagram @resep.harianbunda, Sabtu (14/01/2023), resep tom yam rumahan yang bisa disajikan oleh para ibu di rumah adalah sebagai berikut:

Bahan-bahan:

1 bks jamur enoki
1 bks tahu
Aneka seafood frozen
1bks bumbu perancah tomyum
Secukupnya kepala dan kulit udang

Bumbu halus:

5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah cabe merah
3 buah cabe keriting

Bumbu cemplung:

5 lembar daun jeruk
2 batang sereh
3-5 buah air jeruk nipis
Garam
Gula

Cara memasak:

1. Tumis bumbu halus hingga harum. Sisihkan.

2. Tumis sebentar kepala dan kulit udang yang sudah di bersihkan. Setelah berubah warna lanjut masukan air secukupnya.

3. Saring kepala dan kulit udang. Karena kita hanya ambil kaldunya saja. Lalu masukan bumbu halus yang sudah di tumis.

4. Masukan daun jeruk, sereh dan bumbu perancah. Tunggu sampai mendidih.

5. Setelah mendidih masukan enoki, tahu dan aneka frozen food. Lanjut bumbui dengan garam, gula dan penyedap rasa.

6. Masukan sayuran. Disini aku pakai sawi hijau

7. Terakhir masukan air perasan jeruk nipis, air jeruk nipis wajib masuk belakangan agar tidak pahit. Aduk sebentar lalu angkat.

Baca juga: Resep Nashville Chicken, Ayam Goreng Lezat Bercita Rasa Pedas

Itulah resep tom yam rumahan yang bisa langsung dicoba oleh para ibu di rumah untuk kemudian disajikan sebagai menu harian bersama keluarga.

Dapatkan update berita terkini dan berita terbaru Cekricek.id melalui Google News.

Tag:

Baca Juga

Resep Macaron, Kue Enak dan Lezat yang Bikin Ketagihan
Cara Membuat dan Resep Macaron, Kue Enak dan Lezat yang Bikin Ketagihan
Cekricek.id – Resep nashville chicken merupakan salah satu olahan ayam goreng yang memiliki cita rasa pedas dan bertekstur gurih krispi. Menu ini bisa dijadikan sebagai salah satu masakan andalan untuk para ibu di rumah yang ingin memberikan variasi pada olahan daging ayamnya.
Resep Nashville Chicken, Ayam Goreng Lezat Bercita Rasa Pedas
Cekricek.id – Resep es ketan hitam bisa dimasukkan ke dalam daftar menu dessert yang menyegarkan. Selain dingin, rasanya yang manis dan lembut di mulut akan sukses membuat siapa saja yang mencobanya merasa ketagihan dan ingin mencicipinya lagi.
Resep Es Ketan Hitam, Menu Segar Bercita Rasa Manis dan Lembut
Cekricek.id – Ada banyak resep sup yang bisa dicoba oleh para ibu di rumah sebagai salah satu menu yang dihidangkan di atas meja makan saat santap bersama keluarga. Semua menu yang berkuah itu bisa dengan menggunakan beberapa macam bahan utama seperti daging ayam, ceker, telur, atau bahkan bakso.
3 Resep Sup Sehari-hari yang Variatif dan Mudah Dibuat
Cekricek.id – Resep kerang kecap pedas cukup mudah untuk dicoba oleh para ibu di rumah. Selain bahan-bahan yang digunakan tidak terlalu banyak dan mudah dibeli di toko terdekat, cara memasaknya pun hanya membutuhkan satu teknik memasak saja, yaitu dengan menumis.
Resep Bikin Kerang Kecap Pedas, Sajian Sederhana yang Bisa Tingkatkan Selera Makan
Resep Kue Pukis Gembul yang Lembut di Mulut
Resep Kue Pukis Gembul yang Lembut di Mulut