Nikmat dari Allah Dibalik Sebuah Masalah

Cekricek.id - Masalah yang datang tidak hanya bisa dianggap sebagai beban oleh orang yang mengalaminya. Melainkan ada nikmat tersembunyi

Nikmat Dibalik Masalah [Canva]

Cekricek.id - Sebuah masalah yang datang tidak hanya bisa dianggap sebagai beban oleh orang yang mengalaminya. Melainkan ada nikmat tersembunyi yang Allah titipkan melewati permasalahan tersebut. Jadi jangan mudah berspekulasi jika Allah mempersulit seorang hamba.

Karena sejatinya Allah sendiri tidak akan pernah memberikan sebuah cobaan yang sekiranya tidak mampu dilewati oleh seseorang. Melainkan karena Allah percaya bahwa orang tersebutlah yang mampu untuk mengatasi masalah ini.

Sekaligus juga akan mendapatkan dan merasakan secara langsung apa manfaat daripada masalah yang saat itu dihadapinya. Apabila berhasil menemukan solusi atau cara untuk mengatasinya.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh ustadz Adi Hidayat dalam tayangan di channel YouTube pribadinya mengutip pada Jumat (14/10/2022).

Sebagaimana ia mengisahkan bahwa orang yang punya motivasi kuat. Terutama untuk menyelesaikan sebuah masalahnya adalah ialah orang yang akan dengan cepat mendapatkan petunjuk yang diberikan oleh Allah.

“Bahkan bukan sekedar selesai kalau perlu saya bikin kaya kata Allah,” ucap Ustaz Adi Hidayat.

Karena sejatinya tidak akan ada hal yang tidak mungkin dilakukan oleh seorang Allah. Contohnya saja apabila seseorang berniat untuk memperoleh kedudukan dan juga kekayaan.

Melainkan jika seseorang tersebut memutuskan untuk menerima cobaan yang saat itu dirinya alami. Apabila sedang mengejar harta dan juga kedudukan ini.

Karena sejatinya Allah merasa hal tersebut dianggap tidak tepat untuknya sehingga menahan rezekinya tersebut untuk sementara waktu. Lalu di kesempatan berikutnya Allah akan memberikan hal yang lebih untuk orang tersebut.

Karena mampu sabar dan berupaya untuk mengatasi masalah yang dihadapinya ini. Maka dari itu itulah salah satu nikmat yang bisa dirasakan secara langsung manfaatnya dari sebuah permasalahan yang ada.

“Semua nikmat bukan hanya untuk dirasakan tetapi dengan membaginya merupakan rasa terbaik daripada nikmat yang diberikan oleh Allah.”

Nikmat Lainnya Dari Sebuah Masalah

Nikmat dari Allah Dibalik Sebuah Masalah
Ilustrasi. [Canva]

Contohnya saja apabila ada makanan dan dimakan seorang diri pasti akan lebih berbeda dari segi perasaan. Sementara jika memiliki sebuah makanan tetapi dibagi bersama-sama mungkin adalah senyaman yang tercipta.

“Kalau makan sendiri enaknya sendiri tapi kalau ada teman berbagi berarti ada kebahagiaan nah itu nikmatnya,” lanjutnya.

Masalah yang diberikan bukan hanya untuk menghalangi seseorang. Melainkan untuk mengajarkan apa itu nikmat yang sesungguhnya dan mendapatkan kebahagiaan.

Baca juga: 6 Golongan yang Tidak Mendapat Syafaat Nabi

Maka dari itu jika seseorang mendapatkan masalah sebab jatuhnya Allah sedang memberinya pelajaran untuk bisa meningkatkan kualitas hidupnya.

Baca Juga

Berita Riau Hari Ini: 34.271 Warga Riau Hafidz Al-Quran Berkat Program Satu Guru Hafidz Satu Desa
34.271 Warga Riau Hafidz Al-Quran Berkat Program Satu Guru Hafidz Satu Desa
Bayar Zakat Fitrah Online, Sahkah? Ini Penjelasannya!
Bayar Zakat Fitrah Online, Sahkah? Ini Penjelasannya!
Berita Riau Hari Ini: Pembayaran Zakat, Infak, dan Sedekah di Riau Bisa Pakai QRIS
Pembayaran Zakat, Infak, dan Sedekah di Riau Bisa Pakai QRIS
Cekricek.id - KazanForum 2024: Jendela Baru Pasar Halal Rusia ke Dunia
KazanForum 2024: Jendela Baru Pasar Halal Rusia ke Dunia
Cekricek.id - Mengungkap Teka-teki Yajauj Majuj dalam Lintas Budaya
Mengungkap Teka-teki Yajuj Majuj dalam Lintas Budaya
Mengapa Beberapa Negara Islam Memilih Tidak Merayakan Maulid Nabi?
Mengapa Beberapa Negara Islam Memilih Tidak Merayakan Maulid Nabi?