Dugaan Mahasiswa Unand Mesum di Masjid: Kampus Ambil Langkah Tegas

Cekricek.id - Dugaan Mahasiswa Unand Mesum di Masjid: Kampus Ambil Langkah Tegas

Sepasang Mahasiswa Unand yang digerebek warga mesum di masjid. [Foto: Istimewa]

Cekricek.id - Pihak Universitas Andalas (Unand) menyelidiki dugaan sepasang mahasiswa Unand mesum di Masjid Al-Ihsan, Puncak Jawa Gadut, Limau Manis, Padang, Sabtu (9/12/2023). Dalam sebuah pernyataan tertulis, pihak Unand menyampaikan keprihatinan terhadap peristiwa tersebut.

Mereka menganggap ini sebagai tantangan bagi integritas serta dedikasi mereka terhadap nilai-nilai etik yang dijunjung tinggi.

Mengenai langkah-langkah sanksi, Unand telah menetapkan prosedur yang tegas dan jelas sesuai dengan Peraturan Rektor Nomor 25 tahun 2022. Hal ini berlaku bagi setiap pelanggaran etik dan perilaku tidak pantas, baik di lingkungan kampus maupun di luar kampus.

Proses pemeriksaan yang saat ini masih berlangsung di Komisi Etik Unand bertujuan untuk mengungkap kasus ini secara objektif dan menyeluruh.

Saat ini, Unand tengah melakukan penyelidikan internal atas kasus ini. Penyelidikan ini dilakukan oleh komisi etik yang telah dibentuk khusus untuk menangani kasus semacam ini. Sebagai bagian dari proses ini, Unand juga telah memanggil mahasiswa dan orang tua yang terlibat.

"Untuk keperluan ini, UNAND melakukan pemanggilan terhadap mahasiswa dan orang tua yang bersangkutan," tulis keterangan itu, dilansir laman resmi Unand, Senin (11/12/2023).

Universitas menegaskan komitmen mereka untuk menjaga disiplin di kalangan mahasiswa dan seluruh anggota komunitas akademik. Mereka berjanji untuk mengambil tindakan tegas jika terbukti terjadi pelanggaran etika, sesuai dengan aturan yang berlaku.

Dalam upaya pencegahan kejadian serupa di masa depan, Unand berencana memperkuat kebijakan dan langkah-langkah preventif. Ini akan meliputi pelatihan dan sosialisasi intensif mengenai nilai-nilai etika dan perilaku yang baik.

Baca juga: Heboh! Sepasang Mahasiswa Unand Mesum di Masjid, Akui Sudah 3 Kali

Unand mengajak seluruh pemangku kepentingan, baik internal maupun eksternal, untuk berkolaborasi dan bersinergi guna mencegah terulangnya pelanggaran norma dan etika. Langkah ini diharapkan dapat memperkuat integritas dan nilai-nilai etika di lingkungan universitas.

Baca Juga

Cekricek.id - Heboh! Sepasang Mahasiswa Unand Mesum di Masjid, Akui Sudah 3 Kali
Heboh! Sepasang Mahasiswa Unand Mesum di Masjid, Akui Sudah 3 Kali
Cekricek.id - Kolaborasi UNAND dengan EduPlan Indonesia Tawarkan Beasiswa Menarik ke Denmark
Kolaborasi UNAND dengan EduPlan Indonesia Tawarkan Beasiswa Menarik ke Denmark
Cekricek.id - Pembinaan Generasi Unggul: Faterna Unand Galakkan Daya Saing Alumni di 2045
Pembinaan Generasi Unggul: Faterna Unand Galakkan Daya Saing Alumni di 2045
Mahasiswa Unand Bikin Aplikasi Showroom Songket Virtual, Solusi Canggih untuk UMKM
Mahasiswa Unand Bikin Aplikasi Showroom Songket Virtual, Solusi Canggih untuk UMKM
AIReF 2023 oleh Departemen HI UNAND menyoroti pertumbuhan di era pasca pandemi dengan berbagai kompetisi dan kegiatan. Simak detailnya!
AIReF 2023: Mahasiswa HI UNAND Tampilkan Kemampuan di Era Pasca Pandemi
Peramal India Kushal Kumar Prediksi Kiamat 29 Juni 2024, Ini Profilnya
Peramal India Kushal Kumar Prediksi Kiamat 29 Juni 2024, Ini Profilnya