Ini 4 Cara Agar Cepat Tidur Saat Malam Hari

Berita terbaru hari ini: Cara Agar Cepat Tidur di Malam Hari

Ilustrasi: Cara cepat tidur. [Canva]

Berita terbaru hari ini: Bila kamu mengalami susah tidur, inilah 4 cara agar kamu bisa cepat tidur saat malam hari

Cekricek.id – Sebagian orang banyak yang mengalami kondisi di mana dirinya susah untuk tidur di malam hari atau sering terjaga tengah malam. Hal ini tentunya dapat menyebabkan badan merasa lelah ketika bangun di pagi harinya karena kualitas tidur malam terganggu.

Gangguan tidur atau kesulitan tidur disebut dengan insomnia. Kesulitan tidur dapat mempengaruhi level energi, mood, kesehatan, performa pekerjaan hingga kualitas hidup.

Untuk mengatasi insomnia atau kesulitan tidur ini ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Berikut tips mengatasi kesulitan tidur di malam hari.

Pijat kaki

Salah satu cara membantu diri kamu supaya cepat tidur adalah dengan melakukan pijatan pada telapak kaki selama 5 menit sebelum tidur. Pijatan ringan pada kaki akan membuat kamu menjadi lebih relax sehingga membantu kamu dalam mengurangi kesulitan tidur.

Selain itu, pijatan kaki sebelum tidur juga dapat membantu melancarkan peredaran darah di kaki, meredakan nyeri punggung, serta meringankan risiko tekanan darah tinggi.

Mematikan elektronik

Saat kamu ingin tidur matikan semua alat elektronik seperti laptop, televisi, komputer, radio, dan ponsel. Sebab, layar elektronik memancarkan sinar cahaya biru yang berpengaruh produksi melatonin tubuh sehingga membuat seseorang susah untuk tidur.

Saat sebelum tidur pilihlah aktivitas yang santai seperti membaca buku atau mendengarkan musik pengantar tidur. Hindari menggunakan elektronik apapun sebelum tidur agar mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Gosok gigi

Kesulitan tidur bisa kamu hindari dengan menerapkan rutinitas setiap malam sebelum naik ke tempat tidur. Tujuannya adalah untuk memberi sugesti pada otak ke mode tidur.

Salah satu rutinitas di malam hari sebelum tidur adalah menggosok gigi yang dapat membantu tidur menjadi kondusif. Selain itu, menggosok gigi sebelum tidur dapat mencegah gigi berlubang, terhindar dari karang gigi, dan menghindari berkembangnya bakteri berbahaya yang ada pada rongga mulut.

Mematikan lampu

Tidur dengan lampu menyala terlalu banyak mendapatkan paparan cahaya yang dapat membuat kualitas tidur menjadi tidak baik. Ada baiknya kamu tidur lampunya dimatikan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Baca juga: Ternyata Bau Amis Ikan Bisa Dihilangkan dengan Lakukan Cara Ini

Tidur dalam kondisi lampu mati juga memberikan banyak manfaat. Di antaranya adalah menghindari risiko kanker payudara, mencegah kegemukan, menurunkan tingkat insomnia, mengurangi tekanan darah tinggi, serta mengurangi depresi. [*/rik]

---
Baca berita terbaru hari ini hanya di Cekricek.id

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id. Bergabung di Grup Telegram kami, klik link: Cekricek News Update, dan Grup Facebook, klik link: Sekilas Info.

Baca Juga

Kakek nikahi gadis. [Foto/Tangkapan layar Instagram]
Viral Seorang Kakek Nikahi Gadis Cantik Berusia 19 Tahun, Maharnya Bikin Melongo
Berita terbaru: Seorang kakek-kakek menikahi seorang gadis perawan yang masih berusia 19 tahun, wanita itu pun malu-malu saat dicium si kakek.
Viral, Kakek-kakek Nikahi Perawan Usia 19 Tahun, Malu-malu Saat Dicium
Berita artis: Aktor tampa Jefri Nichol mengungkapkan bahwa dirinya belum pernah ditolak oleh seorang cewek ketika menembaknya, Rabu (18/5/2022).
Jefri Nichol Ngaku Tidak Pernah Ditolak Oleh Cewek
Berita artis: Fairuz A Rafiq bagikan foto liburan bersama keluarga kecilnya yang asik berendam di Jaccuzi ketika liburan di Bali.
Bahagianya Keluarga Fairuz A Rafiq Nikmati Liburan di Bali
Berita artis: Begini pesan yang diberikan oleh Acha Septriasa bagi wanita yang belum menikah, agar dapat menemukan pasangan yang pengertian.
Acha Septriasa Beri Pesan Penting Bagi Wanita yang Belum Menikah
Berita terbaru: Seorang wanita mendapatkan uang Rp 500 juta dari ibu pacarnya yang diminta untuk putus dan menjauhi anaknya, Senin (16/5/2022).
Hubungannya Tak Direstui, Wanita ini Sogok Pacar Anaknya untuk Putus