Misteri Candi Pancahan dan Candi Patani: Peninggalan Sejarah di Jantung Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat

Misteri Candi Pancahan dan Candi Patani: Peninggalan Sejarah di Jantung Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat

Misteri Candi Pancahan dan Candi Patani: Peninggalan Sejarah di Jantung Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat. [Ist]

Temukan keindahan dan misteri Candi Pancahan dan Candi Patani, dua permata arkeologi tersembunyi di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.

Cekricek.id, Pasaman - Terletak di jantung Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Candi Pancahan dan Candi Patani adalah dua harta karun sejarah yang kurang dikenal oleh publik. Menyimpan berbagai misteri dan cerita, kedua situs candi ini memperkaya tapestry kekayaan budaya Indonesia.

Candi Pancahan: Tak Sekadar Batu-Batu Tua

Candi Pancahan pertama kali ditemukan pada awal 1990-an. Dibangun di koordinat 0°31’43” LS 100°10’55” BT, candi ini adalah bukti konkret peninggalan sejarah dan budaya di daerah tersebut.

Ekskavasi oleh Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Batusangkar pada 1992 membuka fakta menarik tentang Candi Pancahan.

Ditemukan dua struktur berbeda, candi induk dan candi perwara, yang dibangun berhadap-hadapan dan dikelilingi oleh parit.

Sayangnya, saat ini Candi Pancahan I berada dalam kondisi yang memprihatinkan. Meskipun demikian, kerusakan tersebut tidak meredupkan minat arkeolog untuk terus mengungkap misteri Candi Pancahan.

Candi Patani: Harta Karun di Tengah Perkebunan

Candi Patani, tersembunyi di antara gundukan tanah di Jorong IV Beringin, adalah peninggalan bersejarah yang tak kalah pentingnya.

Ditemukan oleh tim arkeologi Pusat Arkeologi Nasional pada Mei 2013, Candi Patani memiliki struktur bangunan bata berbentuk persegi empat dengan ukuran 6 x 6 meter.

Berbeda dengan candi pada umumnya, orientasi Candi Patani menyimpang ke arah barat sekitar 10º.

Misi Pelestarian Candi Pancahan dan Candi Patani

Meskipun kondisinya memprihatinkan, kedua candi ini memainkan peran penting dalam mengungkap sejarah dan budaya Indonesia.

Upaya ekskavasi dan penelitian terus dilakukan untuk memperoleh pengetahuan lebih lanjut tentang Candi Pancahan dan Candi Patani.

Lebih dari itu, keberadaan candi ini membantu kita memahami pentingnya melestarikan warisan budaya sebagai bagian dari identitas bangsa.

Candi Pancahan dan Candi Patani: Memandu Kita ke Masa Lalu

Bagi mereka yang tertarik dengan sejarah dan arkeologi, mengunjungi Candi Pancahan dan Candi Patani akan menjadi perjalanan yang luar biasa.

Meskipun letaknya agak tersembunyi, kedua candi ini menawarkan jendela ke masa lalu dan mengingatkan kita semua akan pentingnya melestarikan warisan budaya.

Candi Pancahan dan Candi Patani, masing-masing dengan ceritanya sendiri, menawarkan pengetahuan dan pengalaman yang tak ternilai bagi pengunjung. Dengan keunikan dan misteri yang mereka tawarkan, kedua candi ini membantu kita memahami dan menghargai lebih dalam warisan budaya dan sejarah Indonesia.

Temukan berita Pasaman terbaru hari ini dan terkini seputar peristiwa, politik, hukum, kriminal, budaya, sejarah, hiburan, dan gaya hidup hanya di Cekricek.id.

Baca Juga

Kadin Sumbar Ingatkan Pemprov Agar Komprehensif Menyusun RPJP dan RTRW
Kadin Sumbar Ingatkan Pemprov Agar Komprehensif Menyusun RPJP dan RTRW
Cekricek.id - HK Targetkan Jalan Tol Riau - Sumbar Selesai Tahun 2024
HK Targetkan Jalan Tol Riau - Sumbar Selesai Tahun 2024
Cekricek.id - Seorang Warga Tanah Datar Disambar Petir, Kini Dirawat Intensif di RSUD Batusangkar
Seorang Warga Tanah Datar Disambar Petir, Kini Dirawat Intensif di RSUD Batusangkar
Cekricek.id - Menggali Logika Pemilih Sumbar dalam Pilpres - Iqbal Sholihin
Menggali Logika Pemilih Sumbar dalam Pilpres
Cekricek.id - Kerusakan Jalan Payakumbuh-Lintau: Gubernur Sumbar Tangguhkan Perbaikan Hingga Solusi Tambang Ditemukan
Kerusakan Jalan Payakumbuh-Lintau: Gubernur Sumbar Tangguhkan Perbaikan Hingga Solusi Tambang Ditemukan
Pesona Danau Kembar: Permata Tersembunyi Sumatera Barat yang Memikat Jiwa
Pesona Danau Kembar: Permata Tersembunyi Sumatera Barat yang Memikat Jiwa