Ritual Penyatuan Tanah di Titik Nol IKN Makan Korban, Gubernur Sulteng Jatuh Pingsan

Berita terkini Ritual Penyatuan Tanah dalam ritual Kendi Nusantara di Titik Nol IKN Makan Korban, Gubenur Sulteng Jatuh Pingsan

Prosesi Penyatuan Tanah dan Air Nusantara, di Titik Nol IKN, Senin (14/03/2022). [Setkab/BPMI Setpres/Laily Rachev]

Cekricek.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan seluruh Gubernur di Indonesia untuk menghadiri acara atau ritual proses penyatuan tanah dan air di titik nol Ibu Kota Negara (IKN), Senin (14/3/2022).

Melansir detik, ritual tersebut menyebabkan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sulteng) pingsan.

Gubernur Sulteng Rusy Mastura pingsan karena diduga mengalami kelelahan karena mengikuti acara yang diselenggarakan pada siang hari tersebut.

Kepala Biro Adpim Setprov Kaltim, Ivan Syafranudin mengatakan Gubernur Rudy Mastura yang pingsan kemudian dibawa ke dalam tenda untuk mendapat pertolongan. Ada dugaan Gubernur Rudy mengalami kekelahan dan akibat cuaca panas di lokasi kejadian.

"Iya beliau pingsan," katanya mengutip detik, Senin (14/3/2022).

Ia menambahkan bahwa Gubernur Rudy tidak dibawa ke rumah sakit. Ia mendapatkan perawatan di lokasi karena petugas dan alat kesehatan yang mencukupi.

Tidak hanya Rudy Mastura yang terlihat kelelahan, beberapa kepala daerah juga terlihat sama. Hal tersebut diduga karena cuaca panas yang terjadi di tempat sore.

Proses atau ritual penyatuan tanah dan air di IKN memang diadakan sejak mulai pagi hingga siang.

Untuk diketahui, penyatuan tanah dan air di IKN tersebut dibawa oleh masing-masing gubernur yang ada di Indonesia.

Tiap gubernur membawa tanah dan air lalu menuangkan air dan tanah tersebut dalam sebuah gentong besar. Hal itu sebagai simbol penyatuan tanah dan air dari seluruh Indonesia.

6 Gubernur Tidak Datang

Namun, ada sejumlah gubernur yang tak terlihat hadir dalam proses penyatuan tanah dan air di IKN Nusantara.

Mereka yang tidak datang yakni Gubernur Papua Lukas Enembe, Gubernur Gorontalo, hingga Gubernur Kalimantan Tengah, kedatangan mereka diwakili oleh para perwakilannya.

Dilihat dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/3/2022), proses penyerahan tanah dan air diawali dengan menyanyikan lagu 'Indonesia Raya'.

Baca juga: Pendeta Saifuddin Ibrahim Minta Menteri Agama Hapus 300 ayat Alquran

Presiden Jokowi didampingi Gubernur Kaltim Isran Noor kemudian berdiri di dekat bejana Nusantara.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id. Bergabung di Grup Telegram kami, klik link: Cekricek News Update, dan Grup Facebook, klik link: Sekilas Info.

Baca Juga

Berita terbaru: Seorang wanita mendapatkan uang Rp 500 juta dari ibu pacarnya yang diminta untuk putus dan menjauhi anaknya, Senin (16/5/2022).
Hubungannya Tak Direstui, Wanita ini Sogok Pacar Anaknya untuk Putus
Berita terbaru: Seorang mempelai pria tak dapat menahan air matanya saat bertemu dengan mantan di atas pelaminan, Minggu (15/5/2022).
Viral, Mempelai Wanita Nangis Ketemu Mantan di Pelaminan, Ekspresi Mempelai Pria Jadi Sorotan
Berita Terbaru: Seorang pria di India minta cerai lantaran tidak tahan karena sang istri tidak pernah mandi setiap hari.
Istri Tak Pernah Mandi, Pria ini Merasa Jijik dan Minta Cerai
Berita terbaru: Seorang emak-emak adu mulut dengan seorang anak muda di dalam pesawat, emak-emak tersebut mengatakan bahwa wanita muda tidak beretitude.
Viral, Emak-emak Adu Mulut dengan Wanita Muda di Pesawat, Sampai Keluar Kata 'Bacot'
Berita terbaru: Kisah haru pengantin pria yang ditinggal selamanya oleh sang istri yang meninggal dunia saat merayakan pernikahannya, Sabtu (14/5/2022).
Viral, Pengantin Wanita Meninggal di Hari Pernikahan, Diduga Kelelahan
Berita terbaru: Seorang wanita berambut pendek sedang bergoyang sambil minum alkohol bersama kekasihnya viral di media sosial.
Viral, Wanita Mirip Lesti Kejora Tanpa Hijab Minum-minum dengan Seorang Pria