59 Kilometer Jalan Lingkungan di Pekanbaru Telah Disemenisasi

Berita Riau Hari Ini: 59 Kilometer Jalan Lingkungan di Pekanbaru Telah Disemenisasi

59 Kilometer Jalan Lingkungan di Pekanbaru Telah Disemenisasi. [Foto: Istimewa]

Pekanbaru, Cekricek.id - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Pekanbaru telah menuntaskan proyek semenisasi sepanjang 59,472 kilometer jalan lingkungan di wilayah kota pada tahun 2023. Selain itu, pembangunan saluran air (parit) sepanjang 19,994 meter juga turut dilaksanakan untuk mendukung infrastruktur perkotaan yang lebih baik.

Kepala Dinas Perkim Pekanbaru, Mardiansyah, mengungkapkan bahwa proyek ini melibatkan penanganan 435 ruas jalan lingkungan dan 146 ruas saluran drainase. Dengan anggaran sebesar Rp28 miliar dari APBD untuk semenisasi dan Rp3 miliar untuk pembangunan saluran air, upaya ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas lingkungan permukiman di Pekanbaru.

"Program semenisasi merupakan program rutin kami. Ada juga usulan dari pokok pikiran (pokir) dewan," jelas Mardiansyah dalam keterangan pers yang dikutip pada Minggu (28/4/2024).

Semenisasi jalan lingkungan tidak hanya mempermudah akses bagi warga, tetapi juga menjadi solusi ramah lingkungan dalam mengurangi debu dan polusi udara di kawasan permukiman. Pembangunan saluran air juga membantu mengatasi permasalahan genangan air hujan dan meningkatkan sistem drainase di wilayah tersebut.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Pekanbaru telah melibatkan partisipasi masyarakat dalam program pembangunan drainase dan semenisasi melalui skema Organisasi Masyarakat Setempat (OMS). Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kepemilikan dan tanggung jawab bersama dalam memelihara infrastruktur kota.

"Jika program OMS yang perdana ini berhasil, maka kami akan menambah banyak program untuk pembenahan dan penataan kota," ungkap Mardiansyah, menunjukkan komitmen pemerintah dalam mewujudkan lingkungan permukiman yang lebih baik di Pekanbaru.

Baca juga: Polemik Tumpukan Sampah di Jalan Gulama Pekanbaru, Warga Resah dan Pihak Terkait Saling Lempar Tanggung Jawab

Proyek semenisasi jalan lingkungan dan pembangunan saluran air ini tidak hanya meningkatkan kualitas hidup warga, tetapi juga menjadi contoh nyata dalam upaya mewujudkan pembangunan perkotaan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Langkah ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi kota-kota lain dalam menciptakan lingkungan permukiman yang lebih hijau dan sehat bagi masyarakat.

Tag:

Baca Juga

Berita Riau Hari Ini: Kabar Gembira, Berobat TBC di RSJ Tampan Gratis
Kabar Gembira, Berobat TBC di RSJ Tampan Gratis
Berita Riau Hari Ini: Tahanan Polsek Bukit Raya Tewas Dianiaya Rekan Satu Sel Gara-gara Kaki Basah Keluar Kamar Mandi
Tahanan Polsek Bukit Raya Tewas Dianiaya Rekan Satu Sel Gara-gara Kaki Basah Keluar Kamar Mandi
Berita Riau Hari Ini: Kronologi Polisi Dihadang Warga Saat Tangkap Bandar Narkoba di Pekanbaru
Kronologi Polisi Dihadang Warga Saat Tangkap Bandar Narkoba di Pekanbaru
Polemik Tumpukan Sampah di Jalan Gulama Pekanbaru, Warga Resah dan Pihak Terkait Saling Lempar Tanggung Jawab
Polemik Tumpukan Sampah di Jalan Gulama Pekanbaru, Warga Resah dan Pihak Terkait Saling Lempar Tanggung Jawab
Berita Riau Hari Ini: Antusiasme Pengunjung Tinggi di Taman Rekreasi Alam Mayang Selama Libur Lebaran
Antusiasme Pengunjung Tinggi di Taman Rekreasi Alam Mayang Selama Libur Lebaran
Anak Tenggelam di Sungai Siak Ditemukan Meninggal Dunia
Anak Tenggelam di Sungai Siak Ditemukan Meninggal Dunia