Optimalkan IKM Rendang Padang: Pemko & KNEKS Dialog soal Transisi ke RPHB

Optimalkan IKM Rendang Padang: Pemko & KNEKS Dialog soal Transisi ke RPHB

Optimalkan IKM Rendang Padang: Pemko & KNEKS Dialog soal Transisi ke RPHB. [Ist]

Pemko Padang dan KNEKS berdiskusi terkait transformasi Sentra IKM Rendang menuju Rumah Produksi Halal Bersama (RPHB), menciptakan standar tinggi industri halal.

Cekricek.id, Jakarta - Dalam upaya meningkatkan standar dan kapasitas industri lokal, Pemko Padang baru-baru ini menerima kunjungan dari Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS). Mereka berkumpul untuk mendiskusikan strategi mengubah Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Rendang menjadi Rumah Produksi Halal Bersama (RPHB).

Penyambutan resmi dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kota Padang, Andree Algamar, yang menerima kunjungan dari tim KNEKS, di bawah kepemimpinan Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah, Putu Rahwidhiyasa, di Ruang Lounge Balai Kota Padang pada Kamis, (10/8/2023).

Sebelum pertemuan ini, Putu Rahwidhiyasa menjelaskan bahwa tim KNEKS telah berkoordinasi secara virtual dengan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) di Provinsi Sumatera Barat. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan dalam mengoptimalkan produksi rendang, termasuk di Sentra IKM Rendang Padang.

"Kami bertujuan agar Sentra IKM Rendang di Padang dapat berkembang menjadi RPHB. Hal ini akan meningkatkan kualitas dan kapasitas produksi, menjadikannya salah satu pilar industri halal UMKM," tutur Putu Rahwidhiyasa.

Ada sejumlah tahapan yang diperlukan untuk mencapai status RPHB, seperti sertifikasi halal, pembiayaan koperasi, pelatihan kualitas produksi, dan perpanjangan sertifikasi halal yang sudah ada. Putu mengharapkan dukungan penuh dari Pemko Padang dalam hal ini.

Merespons hal tersebut, Sekda Andree Algamar mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada tim KNEKS. "Di Sentra Rendang Padang, kami telah memfasilitasi 86 IKM rendang yang mengikuti standar produksi pangan olahan berkualitas. Masukan dari KNEKS akan semakin memotivasi kami untuk mengembangkan Sentra Rendang menjadi RPHB," kata Sekda.

Lebih lanjut, Sekda menekankan bahwa Sentra Rendang tidak hanya menjadi pusat produksi dan pemasaran, tetapi juga sebagai lokasi wisata edukasi di Kota Padang.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Ferry Erfian Rinaldi, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Alfiadi, Kepala Dinas Perikanan dan Pangan, serta beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

Temukan berita Padang terbaru hari ini dan terkini seputar peristiwa, politik, hukum, kriminal, budaya, sejarah, hiburan, dan gaya hidup hanya di Cekricek.id.

Baca Juga

ID42NER Serahkan Bantuan Korban Galodo Ranah Minang dalam Jelajah Sumatera 2024
ID42NER Serahkan Bantuan Korban Galodo Ranah Minang dalam Jelajah Sumatera 2024
Kadin Sumbar Ingatkan Pemprov Agar Komprehensif Menyusun RPJP dan RTRW
Kadin Sumbar Ingatkan Pemprov Agar Komprehensif Menyusun RPJP dan RTRW
Cekricek.id - HK Targetkan Jalan Tol Riau - Sumbar Selesai Tahun 2024
HK Targetkan Jalan Tol Riau - Sumbar Selesai Tahun 2024
Cekricek.id - Panduan Memilih Sewa Mobil di Padang: Tips Penting Sebelum Anda Menyewa Kendaraan
Panduan Memilih Sewa Mobil di Padang: Tips Penting Sebelum Anda Menyewa Kendaraan
Cekricek.id - Seorang Warga Tanah Datar Disambar Petir, Kini Dirawat Intensif di RSUD Batusangkar
Seorang Warga Tanah Datar Disambar Petir, Kini Dirawat Intensif di RSUD Batusangkar
Cekricek.id - Menggali Logika Pemilih Sumbar dalam Pilpres - Iqbal Sholihin
Menggali Logika Pemilih Sumbar dalam Pilpres