Akan Ada Kebun Raya di Universitas Pahlawan

Berita Riau Hari Ini: Akan Ada Kebun Raya Hortus Botanicus di Universitas Pahlawan

Akan Ada Kebun Raya Hortus Botanicus di Universitas Pahlawan. [Foto: Istimewa]

Kampar, Cekricek.id - Universitas Pahlawan Kampar tengah mempersiapkan peresmian Kebun Raya Hortus Botanicus yang berada di lingkungan kampus. Proyek besar ini melibatkan banyak pihak, salah satunya Pemerintah Kabupaten Kampar yang berkomitmen untuk memberikan dukungan.

Penjabat Bupati Kampar, Hambali, mengunjungi kawasan Kebun Raya pada Rabu (13/3/2024) untuk mengevaluasi dan membahas pengembangan fasilitas tersebut. Dalam kunjungannya, Hambali disambut oleh jajaran pimpinan Universitas Pahlawan, seperti Rektor Prof. Amir Luthfi, Wakil Rektor I Dewi Anggi Harahap, S.ST, M.Keb, Wakil Rektor II Muhammad Nizar Syarif, M.KES, dan Wakil Rektor III Ners. Apriza, S.Kep, M.Kep.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kampar, Irwan AR, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kampar, Yuricho Efril,Kepala Bagian Sumber Daya Air, Syarifudin, serta seluruh perangkat Universitas Pahlawan.

Dalam paparannya, Rektor Universitas Pahlawan, Prof. Amir Luthfi, menyampaikan konsep akademik yang telah dipersiapkan untuk Kebun Raya Hortus Botanicus. Gagasan ini merupakan upaya untuk mewujudkan kampus hijau layaknya kawasan konservasi yang dapat menjadi destinasi pariwisata.

Mendengar penjelasan tersebut, Pj Bupati Kampar, Hambali, mengapresiasi langkah yang diambil Universitas Pahlawan. Ia menyatakan bahwa Pemerintah Daerah wajib mendukung upaya tersebut sesuai dengan regulasi yang berlaku.

"Ini niatan kita untuk merubah wajah Kampar. Kita butuh tempat pariwisata yang harus kita kembangkan agar menarik perhatian publik untuk berkunjung," ungkap Hambali.

Salah satu permintaan yang disampaikan Rektor Universitas Pahlawan adalah perbaikan akses jalan menuju Kebun Raya Hortus Botanicus. Diperkirakan, pekerjaan penimbunan, turap, drainase, dan pengaspalan sepanjang 27 meter memerlukan anggaran sekitar Rp950 juta.

Meskipun belum dapat dijanjikan untuk saat ini, Pj Bupati Kampar menegaskan akan mengupayakan anggaran perubahan agar proyek tersebut dapat terealisasi. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri terkait regulasi yang mengatur proyek ini.

Peresmian Kebun Raya Hortus Botanicus yang menempati lahan seluas 20 hektar ini rencananya akan dilaksanakan pada 10 Juni 2024. Acara tersebut dijadwalkan akan mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno.

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Harga saat Ramadan, Pemkab Kampar Gelar Pasar Murah Secara Rutin

Dengan adanya fasilitas baru ini, Pemerintah Kabupaten Kampar dan Universitas Pahlawan berharap dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kampar. Kebun Raya Hortus Botanicus diproyeksikan menjadi destinasi wisata baru yang mempercantik wajah Kota Bangkinang dan Kabupaten Kampar secara keseluruhan.

Tag:

Baca Juga

Berita Riau Hari Ini: Misteri Mayat Wanita Tanpa Busana Ditemukan Terlilit Kabel Listrik di Kampar
Misteri Mayat Wanita Tanpa Busana Ditemukan Terlilit Kabel Listrik di Kampar
Berita Riau Hari Ini: Perbaikan Jalan Kualu di Kampar Ditarget Rampung Jelang Lebaran
Perbaikan Jalan Kualu di Kampar Ditarget Rampung Jelang Lebaran
Berita Riau Hari Ini: Antisipasi Lonjakan Harga saat Ramadan, Pemkab Kampar Gelar Pasar Murah Secara Rutin
Antisipasi Lonjakan Harga saat Ramadan, Pemkab Kampar Gelar Pasar Murah Secara Rutin
Berita Riau Hari Ini: DAMRI Rute Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru - Terminal Bangkinang Kembali Beroperasi, Ini Jadwal dan Tarifnya
DAMRI Rute Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru - Terminal Bangkinang Kembali Beroperasi, Ini Jadwal dan Tarifnya
Berita Riau Hari Ini: Pemerintah Kampar Terima 4 Gedung Sekolah Hasil Renovasi KemenPUPR
Pemerintah Kampar Terima 4 Gedung Sekolah Hasil Renovasi KemenPUPR
Berita Riau Hari Ini: Silahturahmi dan Doa Bersama Pj Bupati Kampar dengan Warga Menyambut Ramadan 1445 H
Silahturahmi dan Doa Bersama Pj Bupati Kampar dengan Warga Menyambut Ramadan