Basuki Probowinoto

Basoeki Probowinoto adalah seorang pemimpin spiritual yang memiliki peran penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ia adalah seorang Pendeta GKJ, pendiri Parkindo, dan terlibat dalam beberapa gerakan dalam dan antar-agama di Indonesia.

Basoeki Probowinoto. [Foto: Istimewa]

Siapa Basuki Probowinoto?

Basoeki Probowinoto adalah seorang pemimpin spiritual yang memiliki peran penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ia adalah seorang Pendeta GKJ, pendiri Parkindo, dan terlibat dalam beberapa gerakan dalam dan antar-agama di Indonesia. Lahir pada tanggal 19 Januari 1917 di Tempurung (Tlogomulyo), Grobogan, Purwodadi, Probowinoto menonjol di antara pemikir Kristen khususnya dari kalangan rohaniwan.

Sebagai seorang pendeta, Probowinoto memiliki keberanian untuk mengumpulkan beberapa tokoh Kristen untuk membentuk wadah bagi perjuangan kemerdekaan. Di bawah tekanan dari Belanda, ia juga membangun kontak dengan tentara Jepang untuk menjelaskan posisi Kristen secara lebih obyektif. Dengan bijaksana, Probowinoto selalu mendorong Kristen untuk berpihak kepada Republik demi kemerdekaan Indonesia.

Sejak sekolah, Probowinoto dikenal sebagai anak yang cerdas karena seringkali naik ke tingkat yang lebih tinggi. Setelah menyelesaikan sekolah guru (HIK), Probowinoto justru ingin masuk ke sekolah teologi. Sementara menunggu ujian akhir kelulusan, karena ia memiliki ijazah guru, ia diminta untuk mengajar di sebuah sekolah di Purwodadi.

Selain itu, ia sering diundang untuk berceramah di berbagai gereja lokal. Setelah lulus, ia dipanggil oleh dua gereja yaitu di Purwodadi dan di Kwitang, Jakarta. Atas saran dari gurunya, ia memutuskan untuk melayani di Jakarta, yang dianggap memiliki masalah yang lebih kompleks dan mendesak.

Referensi: Kamus Sejarah Indonesia.

Dapatkan update berita terkini dan berita terbaru Cekricek.id melalui Google News.

Baca Juga

Rachmat Muljomiseno adalah seorang tokoh penting dalam dunia ekonomi dan politik di Indonesia. Ia dilahirkan di Temanggung, Jawa Tengah pada tanggal 9 Juni 1919. Dalam kariernya, Rachmat Muljomiseno pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan pada masa kepemimpinaan Presiden Sukarno.
Rachmat Muljomiseno
Mengenal Kitab Weda, Pembagian dan Sejarahnya
Mengenal Kitab Weda, Pembagian dan Sejarahnya
Rasuna Said adalah seorang perintis kemerdekaan asal Sumatra Barat yang aktif dalam perjuangan melalui Sarekat Rakyat. Ia juga dikenal aktif dalam Persatuan Muslim Indonesia (PERMI). Rasuna Said dikenal sebagai seorang orator ulung dan kritis. Berkat keberaniannya, ia pernah ditangkap dan dipenjara pada tahun 1932 di Penjara Semarang.
Rasuna Said
Radius Prawiro adalah seorang tokoh penting dalam dunia ekonomi, keuangan, dan perdagangan Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, Industri, dan Pengawasan Pengembangan pada periode 1988-1992, Menteri Keuangan pada 1983-1988, dan Menteri Perdagangan pada 1973-1983.
Radius Prawiro
Raden Eddy Martadinata adalah salah satu pahlawan Angkatan Laut Indonesia. Ia pernah menjadi Menteri/Panglima Angkatan Laut masa Presiden Sukarno pada 1959.
Raden Eddy Martadinata
Prawoto Mangkusasmito adalah adalah seorang aktivis Islam Indonesia, Wakil Perdana   Menteri   Indonesia kesembilan danKetua Umum Majelis Syuro Muslimin Indonesia yang terakhir.
Prawoto Mangkusasmito