Jembatan Embung Sungai Sungsang Kampar Dibangun Tahun Ini

Jembatan Embung Sungai Sungsang Kampar Dibangun Tahun Ini

Jembatan Embung Sungai Sungsang Kampar. [Foto: PUPR]

Kampar, Cekricek.id - Jembatan Embung Sungai Sungsang di Desa Suram Tapung Hulu, Kampar Riau, akan dibangun tahun ini. Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera III, Syahril, mengonfirmasi bahwa proyek pembangunan jembatan dan saluran air di Embung Sungai Sungsang ini akan dimulai pada bulan Maret ini.

"Penting untuk dicatat bahwa intake air baku di Desa Suram Kecamatan Tapung Hulu telah mencapai tahap penyelesaian, dan setelah proses tuntas, proyek ini akan segera diserahkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar," ungkap Syahril pada Selasa (16/1/2024).

Menurutnya, Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera III telah menyelesaikan pembangunan Embung Sungai Sungsang pada tahun 2019. Proyek ini diwujudkan secara bertahap dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Pada tahun 2018 PUPR menggelontorkan duit sebesar Rp 3 miliar, dengan kontraktor PT. Pedro Rokan. Lalu dilanjutkan tahun 2019 senilai Rp 14,2 miliar, dengan kontraktor PT. Fera Yanesha Ramadhan.

Embung megah ini mencakup lahan seluas 25 hektar, dengan luas genangan mencapai 5,5 hektar, dan kapasitas tampung mencapai 123.750 m3.

Misi utama pembangunan Embung Sungsang adalah untuk mendukung pemenuhan kebutuhan air baku rumah tangga di Kabupaten Kampar. Dengan debit pengambilan sebesar 100 liter/detik, setara dengan 80.000 Sambungan Rumah (SR).

Sebelumnya, kapasitas eksisting PDAM di Kabupaten tersebut hanya sebesar 40 liter/detik atau setara dengan 32.000 SR, yang bersumber dari Sungai Kampar.

Syahril menambahkan, "Selain sebagai penyedia air baku, Embung Sungsang juga diharapkan menjadi objek wisata unggulan di Bangkinang."

Pj Bupati Kampar, Hambali, mengucapkan rasa terima kasih kepada BWS Sumatera III atas penyelesaian proyek intake air baku.

"Penyelesaian ini akan memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan pelayanan distribusi air bersih di Kabupaten Kampar," ujar Hambali.

Hal yang sama diungkapkan oleh Dirut PDAM Kampar, Rusdi, yang berharap intake air baru ini dapat dimanfaatkan secara optimal untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat.

"Semoga dengan penyelesaian proyek ini, pelayanan air bersih semakin merata dan bermanfaat bagi masyarakat luas," harap Rusdi.

Baca juga: Pemkab Kampar Adakan Sayembara Desain Logo dan Tema Hari Jadi Kabupaten Kampar Ke-74

Pantau terus perkembangan pembangunan Jembatan Embung Sungai Sungsang di Kampar untuk mendapatkan informasi terkini dan eksklusif.

Dapatkan update Berita Kampar Hari Ini dan Berita Riau Hari Ini setiap hari dari Cekricek.id. Ikuti kami melalui Google News. Klik tautan untuk terhubung.

TAGS

Baca Juga

Berita Riau Hari Ini: Harta Karun Migas Baru Ditemukan di Kampar, Riau: Potensi 87,09 BCF Gas Bumi
Harta Karun Migas Baru Ditemukan di Kampar, Riau: Potensi 87,09 BCF Gas Bumi
Berita Riau Hari Ini: Polisi Grebek Rumah Pengedar Narkoba di Kampar Kiri, Sabu dan Uang Tunai Disita
Polisi Grebek Rumah Pengedar Narkoba di Kampar Kiri, Sabu dan Uang Tunai Disita
Berita Riau Hari Ini: Debit Air Meningkat, PLTA Koto Panjang Kembali Buka Pintu Waduk Jadi 3 x 50 Cm
Debit Air Meningkat, PLTA Koto Panjang Kembali Buka Pintu Waduk Jadi 3 x 50 Cm
Berita Riau Hari Ini: Bocah 10 Tahun Tenggelam di Sungai Subayang Kampar Ditemukan Meninggal Dunia
Bocah 10 Tahun Tenggelam di Sungai Subayang Kampar Ditemukan Meninggal Dunia
Berita Riau Hari Ini: Bocah 5 Tahun Tenggelam di Sungai Kampar Saat Naik Sampan Bersama Orang Tua
Bocah 5 Tahun Tenggelam di Sungai Kampar Saat Naik Sampan Bersama Orang Tua
Berita Riau Hari Ini: Bocah Berusia 10 Tahun Tenggelam di Sungai Subayang, Tim Basarnas Lakukan Pencarian
Bocah Berusia 10 Tahun Tenggelam di Sungai Subayang, Kampar