Kenali Broken Heart Syndrome, Sindrom Putus Cinta yang Bisa Sebabkan Kematian

Berita terbaru hari ini: broken heart syndrome

Ilustrasi. [Canva]

Berita terbaru hari ini: Ayo kenali secara dini Broken Heart Syndrome, sindrom putus cinta yang bisa sebabkan kematian.

Cekricek.id – Hampir sebagian orang pasti pernah mengalami patah hati akibat putus cinta. Hal itu lumrah terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Namun, apabila patah hati itu tidak segera diobati, maka akan menimbulkan masalah kesehatan yang serius pada jantung.

Masalah kesehatan tersebut dikenal sebagai broken heart syndrome. Kondisi ini memiliki gejala yang hampir mirip dengan sakit jantung yakni nyeri di dada dan sesak nafas yang datang secara mendadak.

Tetapi, pada broken heart syndrome ini tidak ditemukan penyumbatan pada arterinya. Sindrom tersebut paling banyak menyerang para wanita.

Broken heart syndrome atau dikenal sindrom putus cinta ini disebabkan oleh stres secara fisik dan emosional. Stres yang terjadi akibat emosi yang intens dan menjadi pemicu sindrom putus cinta adalah kematian orang terkasih atau tersayang, putus cinta, perceraian, masalah finansial, asma, kelelahan, dan dikejutkan dengan berita baik seperti memenangkan lotre.

Stres secara fisik yang jadi pemicu timbulnya broken heart syndrome ini seperti trauma fisik, pembedahan, kegagagalan pernafasan, dan infeksi.

Ketika seseorang mengalami sindrom ini, dia akan merasakan tanda seperti napas tersengal-sengal, aritmia atau detak jantung yang tidak beraturan, syok kardiogenik, pingsang, tekanan darah rendah, hingga serangan jantung.

Sindrom putus cinta dapat membahayakan kesehatan dan berujung pada kematian jika tidak diatasi dengan segera. Broken heart syndrome tidak hanya sekedar persoalan perasaan, tetapi dikaitkan dengan masalah jantung hingga penyakit kanker.

Melansir dari webmd, sebuah studi menemukan bahwa satu dari enam orang dengan sindrom patah hati juga menderita kanker. Parahnya lagi, mereka memiliki kemungkinan lebih kecil untuk selamat dari kanker lima tahun setelah diagnosis.

Kendati begitu, broken heart syndrome dapat disembuhkan secara total. Apabila sindrom ini belum membuat kondisi jantung kamu menjadi parah, penyembuhan dapat dilakukan dengan cara meminta bantuan para medis.

Baca juga: Mengenal Sindrom Turner, Kelainan Genetik Akibat Hilangnya Kromosom X pada Wanita

Selain itu, kamu juga perlu meminta bantuan psikolog untuk menangani masalah sindrom patah hati atau putus cinta ini. Biasanya sindrom tersebut bersifat sementara jika kamu melakukan penyembuhan dengan penangan yang benar dan akan sembuh total setelah 1 hingga 4 minggu. [*/rik]

---

Baca berita terbaru hari ini hanya di Cekricek.id

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Berikut lima hal ini dapat jadi tandi bahwa seseorang sudah siap menikah meski masih berusia 20 tahunan.
5 Tanda Seseorang Sudah Siap Menikah Saat Usia 20 Tahunan
Info terbaru: berikut ini tanda-tanda sebuah hubungan telah mengarah ke toxic relationship dan cara mengatasinya.
Ini Tanda-tanda Toxic Relationship dan Cara Mengatasinya
Tips terbaru: Tidak perlu risau bila putus cinta. Kamu bisa membuat mantan kamu menyesal. Berikut ini beberapa tips untuk buat mantan kamu menyesal.
Putus Cinta? Ini 5 Tips Buat Mantan Menyesal
Info terkini: kenali ciri-ciri wanita dengan libido tinggi atau nafsu yang tinggi dalam bercinta. Mulai dari berbulu hingga leher bergaris.
Ciri-ciri Wanita dengan Libido Tinggi dalam Bercinta
Tips terbaru: Hubungan tanpa status atau yang sering disebut dengan HTS memang terkadang menyebalkan, karena tidak adanya kejelasan dalam menjalani sebuah hubungan.
Hindari 6 Kesalahan ini Agar Terhindar dari Hubungan Tanpa Status
Berita terkini, terbaru, dan berita pilihan hari ini: Para istri wajib tahu tips di bawah ini agar suami tidak lari ke pangkuan pelakor.
Wanita Wajib Tahu! Ini Tips Memilih Suami Agar Tidak Jatuh ke Pangkuan Pelakor