Mengenal Sindrom Turner, Kelainan Genetik Akibat Hilangnya Kromosom X pada Wanita

Sindrom Turner

Ilustrasi. [Canva]

Cekricek.id – Sindrom turner merupakan sindrom yang hanya memengaruhi para kaum hawa alias wanita. Sindrom ini disebabkan oleh kelainan genetik di mana kromosom X hilang sebagian atau seluruhnya.

Seperti yang kita tahu bahwa manusia terlahir dengan 23 pasang kromosom, sepasang di antaranya merupakan kromosom seks.

Melansir dari popmama, pada perempuan kromosom seks XX memiliki total kromosomnya sebanyak 46. Namun, wanita yang mengidap sindrom turner ini memiliki kromosom seks XO dan total jumlah kromosomnya hanya 45 saja.

Wanita dengan sindrom turner perlu memeriksakan jantung, ginjal, dan sistem reproduksinya secara teratur sepanjang hidup mereka.

Pasalnya, wanita pengidap sindrom turner ini membutuhkan perawatan medis berkelanjutan dari berbagai spesialis.

Penderita sindrom turner ini memiliki gejala yang berbeda-beda antara penderita satu dengan yang lainnya, tergantung usia penderita.

Kendati begitu, sindrom ini muncul sejak masa kehamilan, dengan gejala seperti pembengkakan pada kaki dan tangan, kelainan jantung, leher bengkak, kelainan ginjal, dan tubuhnya berukuran lebih kecil daripada bayi normal.

Di usia remaja dan dewasa, gejala dari sindrom ini yang kerap kali dikeluhkan adalah postur tubuh pendek dan terjadinya gangguan pubertas.

Gejala lain yang dapat dialami oleh sindrom turner ini adalah leher lebar, memiliki banyak tahi lalat, jari kaki dan tangan lebih pendek, kehilangan indera pendengaran, gangguan perhatian dan hiperaktif, kelainan pada mata, puting berjarak jauh, dada lebih bidang, rahang bawah mengecil, dan langit-langit mulut tinggi serta sempit.

Terkadang sulit untuk membedakan gejala sindrom turner dari gangguan lainnya. Jadi, penting sekali untuk mendapatkan diagnosis cepat, akurat, dan perawatan yang cepat. Sindrom turner biasanya diidentifikasi melalui karyotyping, pengambilan foto kromosom untuk menentukan komplemen kromosom individu, termasuk jumlah kromosom, dan kelainan apapun.

Baca juga: Fakta Dibalik Lukisan The Scream yang Membuat Orang Bunuh Diri Melihatnya

Sampai sekarang belum ada obat yang dapat digunakan untuk mengatasi sindrom turner ini. Namun, kamu dapat melakukan sejumlah perawatan dalam membantu mengatasi sindrom turner ini.

Di antaranya adalah terapi hormon pertumbuhan, terapi penggantian estrogen dimulai saat berusia 12 atau 13 tahun, pembedahan jantung, dan prosedur bayi tabung. [*/rik]

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id. Bergabung di Grup Telegram kami, klik link: Cekricek News Update, dan Grup Facebook, klik link: Sekilas Info.

Baca Juga

Kakek nikahi gadis. [Foto/Tangkapan layar Instagram]
Viral Seorang Kakek Nikahi Gadis Cantik Berusia 19 Tahun, Maharnya Bikin Melongo
Berita terbaru: Seorang kakek-kakek menikahi seorang gadis perawan yang masih berusia 19 tahun, wanita itu pun malu-malu saat dicium si kakek.
Viral, Kakek-kakek Nikahi Perawan Usia 19 Tahun, Malu-malu Saat Dicium
Berita artis: Aktor tampa Jefri Nichol mengungkapkan bahwa dirinya belum pernah ditolak oleh seorang cewek ketika menembaknya, Rabu (18/5/2022).
Jefri Nichol Ngaku Tidak Pernah Ditolak Oleh Cewek
Berita artis: Fairuz A Rafiq bagikan foto liburan bersama keluarga kecilnya yang asik berendam di Jaccuzi ketika liburan di Bali.
Bahagianya Keluarga Fairuz A Rafiq Nikmati Liburan di Bali
Berita artis: Begini pesan yang diberikan oleh Acha Septriasa bagi wanita yang belum menikah, agar dapat menemukan pasangan yang pengertian.
Acha Septriasa Beri Pesan Penting Bagi Wanita yang Belum Menikah
Berita terbaru: Seorang wanita mendapatkan uang Rp 500 juta dari ibu pacarnya yang diminta untuk putus dan menjauhi anaknya, Senin (16/5/2022).
Hubungannya Tak Direstui, Wanita ini Sogok Pacar Anaknya untuk Putus