Fakta Dibalik Lukisan The Scream yang Membuat Orang Bunuh Diri Melihatnya

Lukisan The Scream

Lukisan The Scream. [Ist]

Cekricek.id – Lukisan bernama The Scream milik seorang seniman asal Norwegia, Edvard Munch disebut sebagai lukisan paling misterius di dunia. Lukisan tersebut menggambarkan seseorang dengan menampilkan ekspresi tertegunnya. Di belakang sosok tersebut berlatar belakang lanskap biru dengan langit berwarna merah.

Berdasarkan informasi yang beredar, langit berwarna merah dalam lukisan tersebut berkaitan dengan letusan gunung Krakatau ratusan tahun silam. Pernyataan itu dibenarkan oleh seorang profesor dari Texas State University, Donald Olson dilansir dari CNN.

Di tahun 1883, gunung Krakatau di Indonesia tiba-tiba meletus serta memuntahkan dalamnya yang membuat banyak memakan korban jiwa. Akibat, dari letusan gunung Krakatau tersebut, ada sekitar 36.417 korban jiwa berjatuhan.

Selain itu, efek dari letusan gunung Krakatau tidak hanya dirasakan oleh Indonesia saja tetapi juga sampai ke Eropa dan negara lainnya.

Namun, dibalik itu semua, lukisan The Scream ini dibuat pada tahun 1893. Pelukis terinspirasi membuat lukisan tersebut dari sebuah penemuan mumi prajurit Chachapoyas yang ditemukan di dekat sungai Utcumbaba di Peru.

Lukisan The Scream dibuat dalam empat versi berlainan. Edvard membuat lukisan itu dengan cat minyak, krayon, pastel, dan litograf hitam putih.

Karya pertama lukisan ini tersimpan di National Gallery, Versi kedua dan ketiganya terletak di Munch Museum, dan versi terakhirnya sudah dilelang pada tahun 2012.

Harga perlelangan dari lukisan ini juga sangat fantastis. Lukisan The Scream sukses terjual dengan harga USD 120 juta atau setara dengan Rp 1,1 triliun oleh Balai Lelang Shoteby, New York.

Tidak hanya itu, lukisan The Screan sudah pernah dicuri sebanyak dua kali. Pencurian pertama terjadi pada tahun 1994 yang dilakukan di Galeri Nasional Oslo, Norwegia. Pencurian kembali terjadi pada tahun 2004.

Pada tahun 2006, pencuri tersebut dijatuhi hukuman karena tindakan mereka yang telah mencuri lukisan The Scream.

Baca juga: 7 Pria Tampan Nikahi Pengusaha Sukses

Konon katanya, lukisan The Scream telah membuat banyak orang bunuh diri setelah melihatnya. Bahkan, lukisan ini menjadi inspirasi lahirnya sebuah film seram yang bernama Scream. [*/rik]

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Bekas Camat Payakumbuh Yang Dicopot Berhasil Pansos Lewat Citayam Fashion Week, Kini Pengikut Instagram Puluhan Ribu
Bekas Camat Payakumbuh Yang Dicopot Berhasil Pansos Lewat Citayam Fashion Week, Kini Pengikut Instagram Puluhan Ribu
Sepasang suami istri viral di media sosial karena dianggap telah mempermainkan salat demi kontennya viral di media sosial.
Viral, Pasutri Permainkan Salat Demi Konten
Sudah Ada Sejak Tahun 6000 SM, Intip Lokasi Zaman Pra Sejarah di Pedalaman Sumatera, yaitu lokasi seribu menhir di Maek Limapuluh Kota.
Banyak Tak Tahu, Tempat Ini Sudah Ada Sejak Tahun 6000 SM, Intip Lokasi Zaman Pra Sejarah di Pedalaman Sumatera
Kisah Mantan 'Kupu-kupu Malam' Tobat Usai Anaknya Meninggal Dunia
Kisah Mantan 'Kupu-kupu Malam' Tobat dan Dinikahi Muncikari
Anak indigo ini beberkan sederet kelebihan dan hal yang biasa bagi kaumnya tapi mungkin jadi hal special bagi orang lain.
Pria Ini Bongkar Sederet Kelebihan Anak Indigo
Mama Pandan, seorang waria inspiratif besarkan seorang anak angkat dengan segala perjuangan di tengah banyaknya bully.
Begini Perjuangan Waria Ini Demi Sekolahkan Anak Angkat