Operasi Keselamatan Lancang Kuning, Polda Riau Fokus pada 11 Pelanggaran Lalu Lintas

Berita Riau Hari Ini: Operasi Keselamatan Lancang Kuning, Polda Riau Fokus pada 11 Pelanggaran Lalu Lintas

Operasi Keselamatan Lancang Kuning, Polda Riau Fokus pada 11 Pelanggaran Lalu Lintas. [Foto: Istimewa]

Pekanbaru, Cekricek.id - Polda Riau dan jajarannya menggelar Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2024 yang telah dimulai 4 Maret lalu. Operasi Keselamatan LK akan dilakukan hingga 17 Maret 2024 nanti.

Menurut Kasat PJR Dirlantas Polda Riau, Kompol Ari Prayitno selaku Kasatgas Preventif, tujuan utama operasi ini adalah meningkatkan keselamatan berlalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan.

"Operasi ini semata-mata demi keselamatan masyarakat pengguna jalan raya. Satgas Gakkum Operasi keselamatan akan menindak tegas pelanggar yang tidak taat aturan lalu lintas," tegasnya dalam keterangan tertulis.

Pihak kepolisian berharap operasi ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan berlalu lintas serta mengurangi risiko kecelakaan dan korban jiwa.

Kompol Ari menekankan bahwa permasalahan keselamatan lalu lintas membutuhkan kerja sama dari semua pihak untuk selalu disiplin dan tertib di jalan raya.

Dalam operasi ini, terdapat 11 pelanggaran yang menjadi target utama penindakan. Pertama, pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara. Kedua, pengemudi atau pengendara di bawah umur. Ketiga, sepeda motor yang membawa lebih dari satu penumpang.

Keempat, pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm berstandar SNI dan pengemudi mobil yang tidak menggunakan sabuk pengaman. Kelima, berkendara dalam pengaruh alkohol. Keenam, berkendara melawan arus. Ketujuh, berkendara melebihi batas kecepatan.

Kedelapan, kendaraan yang over dimension dan overloading. Kesembilan, sepeda motor dengan knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis. Kesepuluh, kendaraan yang menggunakan lampu isyarat dan sirine illegal. Terakhir, kendaraan dengan pelat nomor khusus atau rahasia.

Kompol Ari menyampaikan bahwa setiap harinya, pelanggaran terbanyak pada kendaraan roda dua adalah tidak menggunakan helm SNI, mencapai rata-rata minimal 70% dari total pelanggaran. Sementara pada kendaraan roda empat, pelanggaran utama adalah tidak menggunakan sabuk pengaman.

Baca juga: Selama 2 Hari Libur Nasional 3.273 Pengendara di Riau Melanggar Lalu Lintas, Didominasi Tak Pakai Helm SNI

Melalui operasi ini, Polda Riau berharap dapat menciptakan ketertiban dan keselamatan berlalu lintas bagi seluruh pengguna jalan di wilayah Riau. Masyarakat diimbau untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas demi keselamatan bersama.

Tag:

Baca Juga

Berita Riau Hari Ini: Antisipasi Mudik Lebaran 2024, Kapolda Riau Sampaikan Sejumlah Imbauan
Antisipasi Mudik Lebaran 2024, Kapolda Riau Sampaikan Sejumlah Imbauan
Berita Riau Hari Ini: Polda Riau Ringkus 7 Orang Sindikat Narkoba Internasional, 31 Kg Sabu dan Ribuan Ekstasi Disita
Polda Riau Ringkus 7 Orang Sindikat Narkoba Internasional, 31 Kg Sabu dan Ribuan Ekstasi Disita
Berita Riau Hari Ini: Selama 2 Hari Libur Nasional 3.273 Pengendara di Riau Melanggar Lalu Lintas, Didominasi Tak Pakai Helm SNI
Selama 2 Hari Libur Nasional 3.273 Pengendara di Riau Melanggar Lalu Lintas, Didominasi Tak Pakai Helm SNI
Berita Riau Hari Ini: Polda Riau Musnahkan Ribuan Barang Bukti Narkoba dan Barang Ilegal Lainnya Jelang Ramadhan
Polda Riau Musnahkan Ribuan Barang Bukti Narkoba dan Barang Ilegal Lainnya Jelang Ramadan
Berita Riau Hari Ini: Pemilu di Riau Berjalan Kondusif
Pemilu di Riau Berlangsung Aman dan Kondusif
Berita Riau Hari Ini: Patroli Siber Polda Riau Gencar Berantas Hoaks Jelang Pemilu 2024
Patroli Siber Polda Riau Gencar Berantas Hoaks Jelang Hari Pencoblosan