Pemko Pekanbaru Salurkan 10 Ton Beras untuk Korban Banjir di Rumbai

Berita Riau Hari Ini: Pemko Pekanbaru Salurkan 10 Ton Beras untuk Korban Banjir di Rumbai

Pemko Pekanbaru Salurkan 10 Ton Beras untuk Korban Banjir di Rumbai. [Foto: Istimewa]

Pekanbaru, Cekricek.id - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menyalurkan bantuan 10 ton beras untuk 1.000 kepala keluarga (KK) korban banjir di Kelurahan Sri Meranti dan Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau. Bantuan ini bersumber dari Cadangan Pangan Pemerintah Daerah.

Bantuan ini diberikan kepada warga yang terdampak banjir yang terjadi pada akhir Desember 2023 dan awal Januari 2024. Banjir tersebut menyebabkan ratusan rumah warga terendam dan rusak.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, H. Maisisco, menjelaskan bahwa bantuan sebesar 10 ton ini akan didistribusikan dengan mempertimbangkan setiap kepala keluarga terdampak yang telah terdaftar dengan lengkap, termasuk alamat dan KTP yang diajukan oleh RT RW dan pemerintah setempat.

Rencana penyaluran bantuan ini telah dibahas dalam rapat koordinasi bersama melibatkan Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru, Dinas Sosial, BPBD Pekanbaru, Camat Rumbai, serta beberapa lurah di daerah yang terdampak. Estimasi menunjukkan bahwa sebanyak 758 KK di Kelurahan Sri Meranti dan 242 KK di Kelurahan Meranti Pandak akan menjadi penerima bantuan tahap pertama ini.

''Beras yang akan disalurkan berasal dari cadangan pangan pemerintah daerah Kota Pekanbaru, yang diarahkan sebanyak 10 ton untuk membantu korban pasca banjir,'' ungkap Maisisco, Kepala Dinas Ketahanan Pangan.

Saat ini, Pemko Pekanbaru tengah berupaya untuk mendapatkan bantuan tahap selanjutnya dengan mengajukan permohonan kepada Pemerintah Provinsi Riau. ''Kita sudah ajukan kepada Pemprov Riau, mudah-mudahan dalam waktu dekat segera bisa terealisasi dan didistribuskan kepada masyarakat,'' tambahnya.

Maisisco menegaskan bahwa penyaluran bantuan ini sesuai dengan data yang diterima dari pemerintah kelurahan dan kecamatan, yang mencakup nama, alamat, dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). ''Penyerahan bantuan ini benar-benar sesuai dengan data penduduk yang diterima dari RT RW, Kelurahan maupun kecamatan,'' ujarnya.

Camat Rumbai, Vemi Herliza, menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam penyaluran beras kepada warga terdampak banjir di wilayah Rumbai. ''Sampai hari ini, memang masih banyak warga yang bertanya, dan Alhamdulillah, secara bertahap ada penyaluran ini, tentunya akan sangat membantu masyarakat,'' kata Herliza.

Meskipun warga terdampak banjir telah kembali ke tempat tinggal semula, masih banyak yang menanyakan tentang bantuan ini. Herliza juga menjelaskan bahwa meski hujan lebat turun semalam, hal tersebut tidak berdampak signifikan pada pemukiman warga. ''Banjir ini sumbernya dari air pasang di Sungai. Kalau sudah pasang, pasti banjir. Namun, hujan saja biasanya tidak menimbulkan banjir, kecuali jika ada drainase yang tersumbat. Namun, sejauh ini, banjir di beberapa kelurahan di Rumbai ini murni karena naiknya permukaan air sungai Siak,'' terangnya.

Baca juga: Antisipasi Banjir di Pekanbaru, Sungai Sail dan Sibam Dilakukan Normalisasi

Pemerintah Kota Pekanbaru berencana mendistribusikan bantuan beras cadangan pangan ini pada Jumat, 26 Januari 2024, sebagai upaya nyata untuk membantu korban banjir dalam menghadapi kondisi pasca bencana ini.

Baca Berita Riau Hari Ini setiap hari di Cekricek.id.

Baca Juga

Berita Riau Hari Ini: Pemancing Ditemukan Tewas Usai Terjun dari Jembatan Siak II Pekanbaru
Pemancing Ditemukan Tewas Usai Terjun dari Jembatan Siak II Pekanbaru
Berita Riau Hari Ini: Pemko Pekanbaru Tambal 178 Titik Jalan Rusak Sepanjang 2024
Pemko Pekanbaru Tambal 178 Titik Jalan Rusak Sepanjang 2024
Berita Riau Hari Ini: Satpol PP Pekanbaru Tutup Axelle KTV Diduga Jadi Tempat Transaksi Narkoba
Satpol PP Pekanbaru Tutup Axelle KTV Diduga Jadi Tempat Transaksi Narkoba
Berita Riau Hari Ini: Alih Kepemilikan 36 Jalan Ibu Kota Pekanbaru ke Provinsi Riau Diupayakan Rampung Maret 2024
Alih Kepemilikan 36 Jalan Ibu Kota Pekanbaru ke Provinsi Riau Diupayakan Rampung Maret 2024
Berita Riau Hari Ini: Harga Sembako di Pekanbaru Melonjak, Pemko Siapkan Subsidi Transportasi
Harga Sembako di Pekanbaru Melonjak, Pemko Siapkan Subsidi Transportasi
Berita Riau Hari Ini: Harga Cabai di Riau Naik, Polda Riau Ancam Tindak Penimbun
Harga Cabai di Riau Naik, Polda Riau Ancam Tindak Penimbun