Penderita Penyakit Ginjal Wajib Hindari 4 Jenis Makanan Ini

Bagi penderita penyakit ginjal atau yang memiliki masalah dengan ginjal perlu menghindari empat jenis makanan ini karena dapat memperparah

Ilustrasi: sakit ginjal. [Canva]

Ginjal menjadi salah satu organ yang paling penting untuk dijaga kesehatannya. Pasalnya, organ ginjal berfungsi menyaring darah dan mensekresi atau membuang cairan dari tubuh.

Apabila ginjal kamu mengalami gangguan atau masalah, maka yang akan terjadi adalah penumpukan cairan, limbah, dan racun di dalam tubuh.

Penelitian yang menunjukkan bahwa gangguan fungsi ginjal dapat menjadi salah satu faktor risiko kematian dini, disabilitas, dan perburuk kondisi kesehatan secara umum.

Masalah yang terjadi pada ginjal atau sakit ginjal ini dipicu dari gaya hidup yang tidak sehat, tekanan darah tinggi, kurang minum, sering menahan buang air kecil, merokok, kadar gula yang tinggi, hingga terlalu banyak asupan garam.

Orang yang sudah terkena penyakit ginjal disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang memperparah kondisinya.

Makanan seperti apakah itu? Dilansir dari berbagai sumber, berikut makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh oleh orang yang punya penyakit ginjal. Sebab, makanan ini dapat memicu sakit ginjal yang lebih parah lagi.

Kentang dan ubi

Ubi jalar ternyata kaya manfaat. Kandungan nutrisinya mampu mengurangi risiko berbagai penyakit. Kandungan nutrisinya sangat banyak manfaat. [Canva]

Makanan seperti kentang dan ubi-ubian menjadi pantangan untuk penderita penyakit ginjal. Hal ini dikarenakan kentang dan ubi memiliki kalium yang tinggi. Makanan dengan kandungan kalium tinggi tidak baik untuk kinerja ginjal yang sudah sakit.

Meskipun kadar kaliumnya dapat dikurangi dengan direndam serta dicuci, ada baiknya penderita sakit ginjal mengontrol mengonsumsi kentang dan ubi.

Saus tomat

Saus tomat

Saus tomat juga perlu dihindari oleh penderita penyakit ginjal. Sama halnya dengan kentang dan ubi, saus tomat juga memiliki kandungan kalium yang tinggi. Satu cangkir saus tomat dapat mengandung 900 mg kalium. Supaya lebih sehat, kamu bisa memilih saus paprika merah panggang untuk dikonsumsi daripada saus tomat.

Keripik dan kerupuk

Jika Anda suka makan kerupuk, maka disarankan untuk menguranginya. 5 penyakit ini bisa menyerang tubuh anda jika berlebihan makan kerupuk.

Keripik dan kerupuk termasuk juga makanan yang pantang untuk dikonsumsi penderita penyakit ginjal. Pasalnya, kedua makanan tersebut mengandung garam yang tinggi serta kurang nutrisi.

Mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung garam bisa meningkatkan jumlah protein di urin. Tingginya jumlah protein dalam urin menjadi salah satu faktor risiko penurunan fungsi ginjal.

Baca juga: Kurangi Makan Kerupuk,  5 Penyakit Ini Akan Menyerang Tubuh Jika Berlebihan Mengonsumsinya

Bayam

Sayur bayam adalah salah satu sayur yang kaya manfaat. Selain bagus untuk kesehatan mata, bayam sangat efektif untuk mengontrol gula darah hingga bisa bikin kulit jadi glowing.

Penderita penyakit ginjal juga perlu menghindari mengonsumsi bayam karena mengandung fosfor dalam jumlah yang tinggi. Konsumsi fosfor sebaiknya tidak lebih dari 1000 mg per hari.

Jika penderita penyakit ginjal mengonsumsi fosfor lebih banyak akan memperburuk kondisi ginjal.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering kita lakukan secara tidak sengaja ternyata dapat merusak jam kerja tubuh atau body clock.
Waspada, 4 Kebiasaan Buruk Ini Mengganggu Jam Kerja Tubuh Alias Body Clock
Nastusha Olivia Alinskie harus mengenakan kacamata untuk proses belajar di sekolah karena mengidap penyakit mata plus atau rabun dekat.
Mengenal Mata Plus yang Diidap Nastusha Olivia, Anak Chelsea Olivia
Memperhatikan pola makan adalah hal yang penting dalam proses diet. Pemilihan makanan yang sehat menjadi salah satunya.
Tips Diet, 8 Makanan Yang Ampuh Turunkan Berat Badan
Menjadi seorang model tak selalu menyenangkan. Menurut cerita Galagea INTM, ada sisi gelap yang dijalani model untuk bisa tampil sempurna.
Gak Seindah Ekspektasi, Galagea INTM Ungkap Metode Diet Ekstrim Model
Wabah cacar monyet menjadi perhatian serius Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Penyebarannya disebut sebagai darurat kesehatan global
WHO Nyatakan Wabah Cacar Monyet Sebagai Darurat Kesehatan Global
Awas, Diet yang Salah Dapat Berujung Kematian
Awas, Diet yang Salah Dapat Berujung Kematian