Prakiraan Cuaca Riau, 20 Februari 2024: Waspadai Hujan Deras Disertai Petir dan Angin Kencang

Cekricek.id, Berita Riau Hari Ini: Prakiraan Cuaca Riau Hari Ini

Ilustrasi. [Foto: Canva]

Pekanbaru, Cekricek.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Pekanbaru merilis prakiraan cuaca di Provinsi Riau untuk hari ini, Selasa (20/2/2024). Diperkirakan kondisi cuaca akan beragam di sejumlah wilayah. Pagi hari akan dimulai dengan kabut dan awan mendung. Kemudian berlanjut dengan kemungkinan terjadinya hujan ringan hingga sedang di Kota Dumai dan Kabupaten Rokan Hilir.

Siang sampai sore hari, langit Riau diprediksi cerah berawan hingga berawan. BMKG memperingatkan akan terjadi hujan ringan hingga sedang di hampir seluruh wilayah provinsi.

Kabupaten/kota yang berpotensi diguyur hujan antara lain Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kampar, Dumai, Kuantan Singingi, Bengkalis, Indragiri Hulu, Pelalawan, Siak, dan Pekanbaru.

Malam nanti, prakiraan cuaca cerah berawan hingga berawan dengan kemungkinan hujan ringan hingga sedang di Rokan Hulu, Rokan Hilir, Dumai, Bengkalis, Kampar, Indragiri Hilir, Kuantan Singingi, dan Pelalawan.

Lalu dini hari, udara diperkirakan kabur hingga berawan disertai hujan ringan sampai sedang di sejumlah wilayah, meliputi Rokan Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, Bengkalis, Indragiri Hulu, dan Kota Dumai.

BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk waspada terhadap hujan lebat yang bisa disertai petir dan angin kencang. Daerah rawan terkena dampaknya meliputi Kampar, Rokan Hulu, Indragiri Hilir, Dumai, Rokan Hilir, Bengkalis, dan Kuantan Singingi. Peringatan ini berlaku baik pada siang, sore, malam, maupun dini hari.

Suhu Udara dan Gelombang Laut

Suhu udara diprediksi berkisar antara 23.0 hingga 32.0 °C dengan kelembapan udara antara 55 hingga 98%. Angin bertiup dari arah Timur Laut hingga Tenggara dengan kecepatan 10 hingga 36 km/jam.

Gelombang laut diperkirakan rendah dengan tinggi berkisar antara 0.50 hingga 1.25 meter di perairan Provinsi Riau.

Titik Panas

Sampai pukul 23.00 WIB, terdapat 31 titik panas (hotspot) di wilayah Sumatera. Sebagian besar berada di Jambi dan Sumatera Selatan. Sisanya berasal dari Riau, Sumatera Utara, dan Bangka Belitung.

Baca juga: Gambaran Umum Kondisi Iklim Riau

Di Riau, titik panas terdeteksi di Kabupaten Siak, Rokan Hilir, Bengkalis, dan Kepulauan Meranti. Masyarakat diimbau waspada dan mengikuti informasi prakiraan cuaca terbaru dari BMKG.

Baca Berita Riau Hari Ini setiap hari di Channel Cekricek.id.

Baca Juga

Berita Riau Hari Ini: Prakiraan Cuaca Riau
Prakiraan Cuaca Riau 3 Maret 2023: Waspadai Potensi Hujan Sedang Hingga Lebat
Cekricek.id - Prakiraan Cuaca Riau
Prakiraan Cuaca Riau 29 Februari 2024: Hujan Ringan Masih Berpotensi Guyur Riau Hari Ini
Berita Riau Hari Ini: Prakiraan Cuaca Riau
Prakiraan Cuaca Riau 28 Februari 2024: Waspadai Hujan Lebat Pekanbaru
Cekricek.id, Berita Riau Hari Ini: Prakiraan Cuaca Riau Hari Ini
Prakiraan Cuaca Riau 27 Februari 2024: Hujan Lebat Disertai Petir Diperkirakan Guyur Riau Hari Ini
Berita Riau Hari Ini: Prakiraan Cuaca Riau 26 Februari 2024: Berawan Disertai Hujan Ringan Sampai Sedang di Beberapa Wilayah
Prakiraan Cuaca Riau 26 Februari 2024: Berawan Disertai Hujan Ringan Sampai Sedang di Beberapa Wilayah
Berita Riau Hari Ini: Prakiraan Cuaca Riau 22 Februari 2024: Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang
Prakiraan Cuaca Riau 22 Februari 2024: Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang