Praktis, Ternyata Begini Cara Membuat Mentega Rumahan

Ternyata untuk membuat mentega rumahan cukup sederhana resepnya. Kita hanya memerlukan susu atau krim yang hampir kadaluarsa.

Ternyata untuk membuat mentega rumahan cukup sederhana resepnya. Kita hanya memerlukan susu atau krim yang hampir kadaluarsa. [Foto: The Mirror]

Ternyata untuk membuat mentega rumahan cukup sederhana resepnya. Kita hanya memerlukan susu atau krim yang hampir kadaluarsa.

Cekricek.id - Susu dan krim adalah makanan yang cepat basi, makanya terlalu sering terbuang jika tersisa. Tetapi susu dank rim sebenarnya tidak harus terbuang sia-sia begitu saja. Kedua hal tersebut dapat digunakan untuk membuat mentega, bahkan setelah dekat masa kadaluarsa.

Kita dapat menghemat uang sambil mengurangi pemborosan dengan memanfaatkan susu dan krim yang hampir kadaluarsa. Jadi, tidak mengherankan jika susu dank krim juga digunakan oleh banyak koki, karena mereka menganggap mentega buatan sendiri memiliki  cita rasa yang lebih istimewa.

Melansir The Mirror, seorang juru masak di Inggris, Pastry Anna Williams menjelaskan cara membuat mentega yang enak. Dia memberikan tutorial serta bahan yang diperlukan untuk membuatnya. Dia menggunakan bahan yang ada di dapur restoran tempatnya bekerja.

Sebagai seorang pakar makanan, Kepala Koki Pastry di Fallow serta orang yang memenangkan sebuah penghargaan ini mengatakan bahwa uang tip dapat bekerja dengan sangat baik untuk digunakan di restoran.

Lagi pula, tidak jarang di restoran menyisakan lebih banyak persediaan susu yang berlebih dari yang dapat digunakan. Makanya, dia memberikan tip untuk mendapatkan bahan tersebut.

Apalagi biasanya tak ada restoran yang mau menggunakan bahan makanan yang sudah lama. Untungnya, Anna Williams berada di waktu yang tepat saat ada susu yang tersisa di restoran tempatnya bekerja untuk menggunakannya sebagai bahan membuat mentega.

Meski persediaan susu usang tak bisa digunakan lagi untuk dikonsumsi orang, tapi tetap bisa digunakan untuk membuat mentega yang memiliki cita rasa enak.

Anna menjelaskan: "Jika kamu memiliki susu atau krim yang hampir habis masa pakainya, dan mulai menimbulkan bau yang menyengat, jangan dibuang tapi gunakanlah untuk membuat mentega.”

Cara Membuat Mentega dari Susu Sisa

Lampiran Gambar
Praktis, Ternyata Begini Cara Membuat Mentega Rumahan

Setelah mendapatkan persediaan susu, Anna langsung melanjutkan memberi instruksi, "Masukkan ke dalam mesin pengocok, kemudian setelah semua cairan keluar, kamu harus terus mengocoknya."

Ini adalah proses yang akan akrab bagi siapa saja yang pernah menggunakan krim kocok sebelumnya, tambahnya.

"Setelah susunya telah menjadi krim atau membentuk tekstur padatan lemak, itulah yang akan menjadi mentega. Setelah itu saring adonan mentega tadi, biarkan semua cairan mengering, tambahkan sedikit garam , dan sudah siap."

"Ini sangat sederhana," tambahnya.

Tapi Anna tidak menganggap mentega buatan sendiri dan mentega yang dibeli di toko itu memiliki kualitas yang sama.

Dia berkata, "untuk memanggang makanan akan jauh lebih baik menggunakan mentega yang dibeli di toko. Ini lebih konsisten, tetapi jika hanya ingin mengoleskannya pada sepotong roti maka buatan sendirilah yang lebih nikmat, jika kamu bisa membuatnya sendiri, rasanya akan benar-benar enak."

Baca juga: Miris! Inggris Alami Kekeringan Hingga Hasil Panen Berkurang Drastis

"Yang buatan sendiri punya cita rasa tersendiri," tambah Anna, yang ia lihat sebagai kelebihan lainnya, karena Kamu juga bisa menambahkan penyedap sendiri.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Rambut rontok menjadi polemik serius di kalangan laki-laki dan perempuan. Rambut rontok dapat membuat seseorang tidak percaya diri.
Simak! Ini Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mencegahnya
Cekricek.id - Keringat menjadi salah satu permasalahan banyak orang yang mengalami bau badan. Berikut tips mengatasinya secara mudah
Jangan Khawatir, Simak 3 Cara Mengatasi Bau Badan
Cekricek.id - Berbagai penelitian menunjukkan hasil bahwasanya kurang tidur justru membuat seseorang bisa menjadi pemarah dan egois
Orang Kurang Tidur Akan Mudah Marah, Begini 3 Cara Mengatasinya
Memiliki pori-pori yang besar akan sangat mengganggu tingkat ketidakpercayaan diri seseorang, inilah tips untuk mengecilka pori-pori.
Tips Mengatasi Pori-pori Agar Tidak Terlihat Besar
Inilah tips agar mendapatkan kulit putih dan cerah dari hari ke hari yang semakin membuat wanita percaya diri, Kamis (8/9/2022).
Tips Praktis Agar Kulit Putih dan Cerah dari Hari ke Hari
Bulu mata palsu yang akan digunakan kembali harus dibersihkan dan didisinfeksi agar tetap bersih dan mencegah risiko iritasi pada mata.
Cara Membersihkan Bulu Mata Palsu yang Benar, Wajib Perhatikan Hal Ini