Rencana Modifikasi Cuaca di Riau Dibatalkan: BMKG Prediksi Turunnya Curah Hujan

Berita Riau Hari Ini: Rencana Modifikasi Cuaca di Riau Dibatalkan: BMKG Prediksi Turunnya Curah Hujan

Ilustrasi. [Foto: Canva]

Pekanbaru, Cekricek.id - Pekan ini, rencana penerapan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di Provinsi Riau dibatalkan oleh Pemerintah Pusat. Sebelumnya, BNPB mengusulkan penggunaan TMC untuk mengatasi potensi banjir di beberapa titik Riau.

Namun, informasi terbaru menunjukkan pembatalan TMC menyusul perubahan cuaca yang diantisipasi dalam seminggu mendatang di Riau. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M. Edi Afrizal, mengungkapkan hasil koordinasi dengan BMKG.

Menurut BMKG, curah hujan di Riau dalam seminggu mendatang diprediksi mulai berkurang dengan intensitas antara ringan hingga sedang. Hasil prediksi cuaca tersebut menjadi dasar koordinasi BPBD dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dalam pertemuan dengan BNPB, Pemerintah Provinsi Riau sepakat untuk tidak melanjutkan rencana TMC. Keputusan ini diambil karena intensitas curah hujan di Riau sudah mengalami penurunan.

"Koordinasi dengan BNPB sudah dilakukan, dan kami tidak mengajukan TMC. Kami khawatir jika tetap dilakukan TMC, Riau akan mengalami minim curah hujan dan meningkatkan risiko Karhutla, mengingat sudah memasuki musim kemarau tahap I," ujar Edi Afrizal, Selasa (23/1/2024).

Sebelumnya, Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, mengutarakan wacana modifikasi cuaca untuk mengurangi intensitas hujan di Riau saat rakor bersama pemangku kepentingan provinsi. Namun, kali ini, TMC direncanakan untuk mengurangi intensitas hujan dan menggeser awan yang berpotensi hujan.

Suharyanto menjelaskan, "Menghentikan hujan tak mungkin, kita hanya dapat mengurangi volumenya atau mengalihkannya. TMC untuk menahan hujan lebih sulit dibandingkan dengan memodifikasi cuaca untuk menurunkan hujan, seperti saat penanggulangan Karhutla."

BNPB sebelumnya telah menerapkan TMC untuk memodifikasi hujan di DKI Jakarta dan Jawa Barat guna menghindari bencana banjir. Meskipun hasilnya tidak terlihat secara langsung, tindakan tersebut dianggap sebagai langkah preventif untuk mengurangi potensi bencana banjir di wilayah tersebut.

Baca juga: Banjir Riau Surut, Kini Tersisa 5 Wilayah yang Terendam Banjir

Dengan pembatalan TMC di Riau, pemerintah berharap dapat mengelola dampak cuaca yang berubah dengan bijak, menjaga keberlanjutan lingkungan, dan mengurangi risiko bencana di masa mendatang.

Baca Berita Riau Hari Ini setiap hari di Cekricek.id.

TAGS

Baca Juga

Berita Riau Hari Ini: 677 Kepala Keluarga di Riau Masih Mengungsi Akibat Banjir yang Belum Surut
677 Kepala Keluarga di Riau Masih Mengungsi Akibat Banjir yang Belum Surut
Berita Riau Hari Ini: Percepatan Perbaikan Infrastruktur Terdampak Banjir di Riau Dibahas dengan Pusat
Percepatan Perbaikan Infrastruktur Terdampak Banjir di Riau Dibahas dengan Pusat
Berita Riau Hari Ini: Banjir Ancam 53 TPS di Riau, KPU Upayakan Solusi Jelang Pemilu 2024
Banjir Ancam 53 TPS di Riau, KPU Upayakan Solusi Jelang Pemilu 2024
Berita Riau Hari Ini: Pemprov Riau Perpanjang Status Siaga Darurat Banjir Hingga Februari 2024
Pemprov Riau Perpanjang Status Siaga Darurat Banjir Hingga Februari 2024
Berita Riau Hari Ini: Strategi Gubernur Riau Antisipasi Banjir di Jalan Lintas Timur
Ini Strategi Gubernur Riau Antisipasi Banjir di Jalan Lintas Timur
Berita Riau Hari Ini: Bantuan PMT Kemenkes untuk Balita dan Ibu Hamil Korban Banjir Tiba di Riau
Bantuan PMT Kemenkes untuk Balita dan Ibu Hamil Korban Banjir Tiba di Riau