Soal Pertanyaan “Emang Rendang Punya Agama”, Gus Miftah Minta Maaf

Gus Miftah

Gus Miftah minta maaf soal rendang. [Foto/Ist]

Gus Miftah beri klarifikasi soal pertanyaan apakah rendang punya agama dan meminta maaf jika ada pihak yang tersinggung, terutama pada masyarakat Minang.

Cekricek.id – Belakangan ini Gus Miftah mendapat banyak hujatan usai melontarkan pertanyaan apakah rendang punya agama. Pertanyaan itu muncul setelah publik heboh dengan adanya rendang babi yang dijual di sebuah rumah makan.

Berita itu pun viral hingga MUI ikut bersuara dan meminta rendang yang menjadi makanan tradisi Minang diberi sertifikasi halal. Beberapa penceramah ternama di Indonesia pun ikut bersuara mengenai adanya rendang babi tersebut. Mulai dari Ustaz Adi Hidayat hingga Ustaz Abdul Somad.

Bahkan sahabat Deddy Corbuzier, Gus Miftah turut menyinggung persoalan rendang babi yang viral tersebut. Namun, publik tampak geram dengan tanggapan Gus Miftah yang malah bertanya apakah rendang punya agama.

Pertanyaannya itu lantas mendapat kritikan tajam dari netizen hingga ditanggapi langsung oleh Ustaz Adi Hidayat. Gus Miftah bahkan disebut telah menyindir masyarakat Minang lantaran rendang adalah tradisi mereka. Sementara masyarakat Minang itu dikenal menganut agama Islam secara keseluruhan.

Gus Miftah kemudian memberi klarifikasi terkait pertanyaannya tersebut. Ia mengatakan bahwa  dirinya tidak punya maksud menyinggung atau menyindir tradisi masyarakat Minang. Pertanyaannya itu muncul lantaran ada temannya juga yang bertanya soal apakah rendang punya agama melihat hebohnya berita rendang babi tersebut.

“Kalau kemudian pernyataan saya tentang rendang itu membuat teman-teman di Minang tersinggung, saya selaku manusia biasa minta maaf,” kata Gus Miftah dikutip dari TikTok duniahiburan10, Senin (20/06/2022).

Ia pun menyinggung perihal sertifikasi yang seharusnya diberikan pada makanan non halal lantaran di Indonesia sendiri banyak barang-barang halal.

Baca Juga: Soal Rendang Babi, Gus Miftah: Sejak Kapan Rendang Punya Agama?

“Kan mayoritas di kita banyak barang halal, jadi kalau ada yang haram dikasih sertifikasi ‘non halal’ gitu,” ucap Gus Miftah.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Berita terbaru: Gua Miftah ikut buka suara soal viralnya makanan khas Sumatra Barat, rendang babi yang kini hebohkan media sosial, Senin (13/6/2022).
Soal Rendang Babi, Gus Miftah: Sejak Kapan Rendang Punya Agama?
Berita artis: Cerita kasus LGBT yang diundang Deddy Corbuzier, Gus Miftah beri bocoran jika Azka Corbuzier akan masuk islam.
Azka Corbuzier Akan Masuk Islam, Begini Bocoran dari Gus Miftah
Berita artis: Gus Miftah belum lama ini ikut buka suara soal sahabatnya, Deddy Corbuzier yang dikabarkan memberi panggung kepada pasangan gay, Selasa (10/5/2022).
Gus Miftah Buka Suara Soal Deddy Corbuzier yang Beri Panggung Pada Kaum LGBT
Berita artis: Deddy Corbuzier menyampaikan permintaan maafnya lantaran sudah mengundang pasangan gay, ia pun mengaku tidak pernah mendukung LGBT.
Sampaikan Permintaan Maaf, Deddy Corbuzier: Saya Tidak Mendukung LGBT
Berita artis: Gus Miftah angkat bicara mengenai anak Lesti Billar yang masih bayi dan belum tahu apa-apa dihina fisiknya oleh netizen.
Gus Miftah Sebut Orang yang Hina Anak Lesti Billar Sama dengan Menghina Allah
Cekricek.id: Berkat ceramah di gereja, Gus Miftah membuat satu keluarga ini memutuskan jadi seorang mualaf.
Ceramah di Gereja, Gus Miftah Buat Satu Keluarga Ini Jadi Mualaf