Soal Rendang Babi, Gus Miftah: Sejak Kapan Rendang Punya Agama?

Berita terbaru: Gua Miftah ikut buka suara soal viralnya makanan khas Sumatra Barat, rendang babi yang kini hebohkan media sosial, Senin (13/6/2022).

Gus Miftah. [Foto: Instagram]

Berita terbaru: Gua Miftah ikut buka suara soal viralnya makanan khas Sumatra Barat, rendang babi yang kini hebohkan media sosial, Senin (13/6/2022).

Cekricek.id - Akhir-akhir ini publik digemparkan dengan kemunculan menu baru dalam masakan khas asal Sumatra Barat, yaitu rendang. Kalau biasanya daging rendang yang ditemukan masyarakat ialah dading sapi atau ayam, namun belum lama ini kemunculan rendang yang dari daging babi memunculkan polemik di tengah masyarakat.

Peristiwa tersebut hebohkan warganet ketika sebuah rumah makan bernama Babiambo yang menyajikan menu khas Padang degan bahan baku daging babi. Pemberitaan terkait rumah makan tersebut kini menjadi ramai diperbincangkan masyarakat Indonesia.

Pasalnya, selama ini rendang dianggap sebagai makanan yang halal sesuai dengan jalur keislaman yang dianut masyarakat Minang kebanyakan. Polemik ini pun hebohkan media sosial hingga bermunculan beberapa tokoh Islam perihal rendang yang memakai daging babi.

Salah satu tokoh yang ikut buka suara perihal kasus ini ialah Gus Miftah. Di akun Instagram pribadinya @gusmiftah ikut menyampaikan pendapatnya perihal rendang yang terbuat dari daging babi dan kehalalannya.

"Assalamualaikum wr wb Allah SWT berfirman di dalam surat di dalam surah Al-Baqarah ayat 168 , Wahai para manusia makanlah makanan yang halal dan baik yang ada di muka bumi," kata Gus Miftah.

Gus Miftah pun mengatakan bahwa makanan yang halal itu untuk orang Islam saja sehingga jika mereka yang muslim untuk memakan rendang yang dari babi tentunya tidak ada masalah.

"Kewajiban makan makanan yang halal itu kan untuk orang Islam, orang non Islam yang terserah mau makan apa, termasuk mau dimasak dengan bumbu apa, dengan cara apa? Ya selera mereka," tambah Gus Miftah.

Sahabat Deddy Corbuzier itu pun tak lupa mengucapkan terima kasih pada orang yang telah memberikan label nonhalal pada makanya tersebut sehingga umat muslim tidak terkecoh dengan makanan yang dijualnya.

Rendang Menurut Gus Miftah

Lampiran Gambar

"Saya justru malah berterima kasih kepada penjual makanan yang menjual makanan haram dan memberikan label nonhalal, sehingga ketika melihat makanan nonhalal yang kita lakukan jangan emosi, cukup ga usah dibeli, selesai," imbuhnya.

"Ngomong-ngomnong sejak kapan ya rendang punya agama," tanya Gus Miftah sembari menutup videna tersebut, dilansir pada Senin (13/6/2022).

Unggahan Gus Miftah lantas dibanjiri komentar warganet. Berikut beberapa komentar yang ditinggalkan warganet dalam unggahan video Gus Miftah tersebut.

Baca juga: Azka Corbuzier Akan Masuk Islam, Begini Bocoran dari Gus Miftah

"Betul banget Gus.. makanan kan gak punya agama," komentar akun @lilifirawati****.

"Ini baru Ustad Saya.. Semoga sehat-sehat selalu dan dibawah lindungan Allah SWT.. Aammin ya rabbal alamin aammin," imbuh yang lainnya.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Gus Miftah
Soal Pertanyaan “Emang Rendang Punya Agama”, Gus Miftah Minta Maaf
Berita artis: Cerita kasus LGBT yang diundang Deddy Corbuzier, Gus Miftah beri bocoran jika Azka Corbuzier akan masuk islam.
Azka Corbuzier Akan Masuk Islam, Begini Bocoran dari Gus Miftah
Berita artis: Gus Miftah belum lama ini ikut buka suara soal sahabatnya, Deddy Corbuzier yang dikabarkan memberi panggung kepada pasangan gay, Selasa (10/5/2022).
Gus Miftah Buka Suara Soal Deddy Corbuzier yang Beri Panggung Pada Kaum LGBT
Berita artis: Deddy Corbuzier menyampaikan permintaan maafnya lantaran sudah mengundang pasangan gay, ia pun mengaku tidak pernah mendukung LGBT.
Sampaikan Permintaan Maaf, Deddy Corbuzier: Saya Tidak Mendukung LGBT
Berita artis: Gus Miftah angkat bicara mengenai anak Lesti Billar yang masih bayi dan belum tahu apa-apa dihina fisiknya oleh netizen.
Gus Miftah Sebut Orang yang Hina Anak Lesti Billar Sama dengan Menghina Allah
Berita gaya hidup, kesehatan, dan tips terbaru hari ini: Ini dia rekomendasi dan daftar serta konntak penjual rendang asli Padang atau Minang dari dapur asalnya di Minangkabau, Sumatera Barat.
Kamu Suka Rendang? Ini Daftar dan Kontak Penjual Rendang