38 PNS Pemprov Riau Pensiun

Berita Riau Hari Ini: 38 PNS Pemprov Riau Pensiun

38 PNS Pemprov Riau Pensiun. [Foto: Istimewa]

Pensiun, Cekricek.id - Terhitung sejak 4 April 2024, 38 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau resmi memasuki masa pensiun. Mereka menerima Surat Keputusan (SK) Pensiun dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau pada Jumat (2/2/2024) kemarin.

Penyerahan SK Pensiun merupakan bentuk pelayanan administrasi pensiun oleh BKD Riau kepada para PNS. Acara berlangsung di Kantor BKD Provinsi Riau dan diserahkan langsung oleh Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Elly Wardani.

Dalam sambutannya, Elly mengapresiasi jasa 38 PNS yang telah mengabdi pada Pemprov Riau. Ia menyebut bahwa masa pensiun adalah fase baru yang harus dijalani para PNS sebagai penghormatan atas dedikasinya selama ini.

“Persiapkan kondisi fisik dan mental dalam menyongsong pensiun. Berfikir optimis menghadapi tantangan ke depan,” ujar Elly.

Menurutnya, beradaptasi dengan masa pensiun memang tidak mudah bagi banyak orang. Oleh karena itu, persiapan sejak dini mutlak diperlukan agar terhindar dari kecemasan dan kebingungan.

Elly juga menyarankan agar para pension tidak berdiam diri setelah pensiun. Mereka disarankan menekuni hobi atau kegiatan yang bermanfaat sekaligus bisa menambah penghasilan.

“Kembangkan minat yang menyenangkan dan bermanfaat bagi lingkungan. Hal ini bisa menjadi tambahan penghasilan mengingat gaji pensiun lebih rendah dari PNS aktif,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BKD Riau Makmun Murod menjelaskan bahwa acara serah terima SK Pensiun rutin dilakukan sebagai bentuk pelayanan PNS oleh institusinya. Berkas pensiun sudah diminta 12-15 bulan sebelum tanggal pensiun agar administrasinya maksimal.

“Saat ini berkas pensiun masih manual, tapi ke depan akan online lewat aplikasi Sigma. Hal ini untuk meningkatkan kualitas layanan kepegawaian,” ucap Makmun.

Baca juga: Gaji PNS Tahun 2024 Naik Sebesar 8 Persen, Ini Rinciannya

Usai acara, para peserta menerima pemaparan mengenai hal-hal terkait masa pensiun dari perwakilan PT Taspen selaku penyelenggara program pensiun PNS.

Baca Berita Riau Hari Ini setiap hari di Channel Cekricek.id.

Baca Juga

Berita Riau Hari Ini: Mendagri Lantik SF Hariyanto sebagai Pj Gubernur Riau
Mendagri Lantik SF Hariyanto sebagai Pj Gubernur Riau
Berita Riau Hari Ini: Pemerintah Kota Pekanbaru Percepat Penyaluran Anggaran untuk Wujudkan Sejumlah Program 2024
Pemerintah Kota Pekanbaru Percepat Penyaluran Anggaran untuk Wujudkan Sejumlah Program 2024
Berita Riau Hari Ini: 140 Pejabat Struktural dan Fungsional di Pemkab Bengkalis Resmi Dilantik, Bupati Kasmarni: Fokus pada Percepatan Pembangunan
140 Pejabat Struktural dan Fungsional di Pemkab Bengkalis Resmi Dilantik, Bupati Kasmarni: Fokus pada Percepatan Pembangunan
Cekricek, Berita Riau Hari Ini: Pemprov Riau Menyalurkan Bantuan Khusus Desa sebesar Rp 1,4 Triliun dalam 5 Tahun Terakhir.
Pemprov Riau Menyalurkan Bantuan Khusus Desa sebesar Rp 1,4 Triliun dalam 5 Tahun Terakhir
Cekricek.id, Berita Riau Hari Ini: Tengku Fauzan Resmi Pimpin Disdik Riau: Janji Mempermudah Layanan
Tengku Fauzan Resmi Pimpin Disdik Riau
Cekricek.id - Gaji PNS Tahun 2024 Naik Sebesar 8 Persen, Ini Rinciannya
Gaji PNS Tahun 2024 Naik Sebesar 8 Persen, Ini Rinciannya